Upaya Kepala Sekolah dalam Peningkatan Profesionalisme Guru di Madrasah

  • Gianto Gianto State Islamic Institute of Samarinda
Keywords: Upaya, Kepala Sekolah, Peningkatan dan Profesionalisme Guru

Abstract

Dalam upaya Madrasah At-Tarbiyah untuk mendidik siswanya menjadi manusia yang mulia tidak bisa dilepaskan dari peranan guru. Dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab sebagai tenaga pendidik, guru dituntut sedapat mungkin bertindak sebagai agen pembelajaran yang profesional. Sejalan dengan berbagai tuntutan yang dialamatkan bagi setiap guru, maka keberadaannya sangat diharapkan memberikan pembelajaran didasarkan pada kompetensi yang harus dimiliki. Adapun komptensi tersebut meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi professional. Disinilah pentingnya sosok pemimpin selaku penanggung jawab pengelolaan administrasi dan teknis pembelajaran yang diharapkan mampu bertindak menumbuh kembangkan kompetensi guru lewat pemberdayaan kompetensi guru melalui bentuk penghargaan seperti pemberian kesempatan sertifikasi guru, pendidikan dan latihan profesi, penyediaan sarana pendukung pembelajaran, pemerataan jam pembelajaran, pemberian insentif berdasarkan tugas dan tanggung jawabnya serta pemenuhan jaminan kenyamanan dan keamanan dalam menjalankan tugas pembelajarannya. Permasalahan yang akan diteliti adalah upaya kepala sekolah dalam peningkatan profesionalisme guru Madrasah At-Tarbiyah Kabupaten Kutai Kertanegara.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Fokus penelitian ini adalah upaya kepala sekolah dalam peningkatan profesionalisme guru Madrasah Ibtida’iyah At-Tarbiyah Kutai Kertanegara. Sumber data adalah kepala sekolah dan guru Madrasah Ibtida’iyah At-Tarbiyah Kutai Kertanegara yang jumlahnya 7 orang yang terdiri dari 1 orang kepala Sekolah, Wakasek 1 orang dan guru 5 orang. Dari penelitian yang dilakukan di Madrasah At-Tarbiyah Kabupaten Kutai Kertanegara upaya kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI At-Tarbiyah diantaranya Kelompok Kerja Guru (KKG), kegiatan Diklat (pelatihan), penataran serta lokakarya dan kuliah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Dari hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa proses pendidikan dan pengajaran sudah berjalan dengan baik yang mana sesuai dengan program yang telah ditetapkan kepala madrasah.

References

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
Rico, J. R., Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2010
Ruswandi, Uus dkk., Pengembangan Kepribadian Guru, cet. Ke-1, Bandung: Cv. Insan, 2010
Salim dan Syahrum, Metode Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Aplikasi Dalam Ilmu Sosial, Keagamaan Dan Pendidikan, Bandung: Citapustaka Media, 2012
Wawancara dengan Bapak Ainur Rofiq, Staff TU/Madrasah At-Tarbiyah Kutai Kartanegara: 07 Mei 2018
Wawancara dengan Bapak Anugerah Nurdin, Kepala Sekolah/Madrasah At-Tarbiyah Kutai Kartanegara: 05 Mei 2018.
Wawancara dengan Bapak Muflihan Nur, Guru Kelas 3/Madrasah At-Tarbiyah Kutai Kartanegara: 07 Mei 2018
Wawancara dengan Ibu Suriyati, Guru Kelas 4/Madrasah At-Tarbiyah Kutai Kartanegara: 07 Mei 2018
W. Cresswell, John, Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran, Terj. Achmad Fawaid dan Rianayati Kusmini Pancasari, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016
Zamroni, Pendidikan Dan Demokrasi Dalam Transisi (Prakondisi Menuju Era Glabalisasi), Jakarta: PSAP Muhammadiyah, 2007
Published
2018-08-01
How to Cite
Gianto, G. (2018). Upaya Kepala Sekolah dalam Peningkatan Profesionalisme Guru di Madrasah. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 1(1), 15-36. https://doi.org/10.21093/sajie.v1i1.1264