Partisipasi Masyarakat dalam Gerakan Kelas Inspirasi

  • Sidik Nuryanto Universitas Slamet Riyadi
Keywords: partisipasi masyarakat, kelas inspirasi, Indonesia Mengajar

Abstract

Profesi atau cita-cita adalah hal yang ingin dicapai seseorang setelah mendapatkan pendidikan. Saat ini masih banyak anak yang tidak tahu kapan mereka bekerja sebesar cita-citanya itu. Indonesia Mengajar hadir dengan salah satu tujuannya untuk memperkenalkan jenis profesi yang ada. Gerakan ini mengundang para profesional yang sukses untuk turun tangan dalam berbagi cerita dan pengalaman kerja selama sehari di Hari Inspirasi. Begitu kutipan kalimat yang terdapat pada gerakan Indonesia mengajar.

Kelas inspirasi adalah salah satu bagian dari program Indonesia Mengajar, mengundang para pemimpin profesional di bidangnya untuk berbagi pengalaman mereka tentang profesi mereka dan berbagi cerita tentang pengalaman mereka di tingkat sekolah dasar selama satu hari. Kelas inspirasi adalah manifestasi dari partisipasi masyarakat dalam mendukung keberhasilan pendidikan di Indonesia. Pendidikan tidak hanya mendominasi dengan pencapaian nilai-nilai kognitif, tetapi juga perlu membekali anak-anak dengan berbagai nilai dan keterampilan untuk menjadi bekal kehidupan masa depan mereka. Partisipasi masyarakat berarti tindakan yang mengambil bagian atau berpartisipasi dalam proses pendidikan. Ini dapat dilakukan dengan melibatkan mental dan emosional untuk berkontribusi pada pendidikan. Sumbangsih tidak harus materi, tetapi segala sesuatu yang dapat mendukung kesuksesan pendidikan dapat diberikan. Dengan partisipasi masyarakat terhadap pendidikan, ini menyiratkan bahwa pendidikan adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya guru.

Author Biography

Sidik Nuryanto, Universitas Slamet Riyadi
saya Sidik nuryanto

References

Fuad Nurhattati (2014). Manajemen pendidikan berbasis masyarakat konsep dan strategi implementasinya. Jakarta: Rajawali pers.
Isbandi Rukminto Adi. 2007. Perencanaan Partisipatoris Berbasis Aset Komunitas: dari Pemikiran Menuju Penerapan. Depok: FISIP UI Press
Mikkelsen, Britha. 2003. Metode Penelitian Partisipatoris dan Upaya-Upaya Pemberdayaan: Sebuah Buku Pegangan Bagi Para Praktisi Lapangan. Jakarta: Yayasan Obor Rakyat
Newstrom, J.W dan Davis, K. 1993. Organizational Behavior: Human Behavior at Work. News York: McGraw-Hill, Inc.
Pemerintah Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Kementrian pendidikan dan Kebudayaan.
www.kelasinspirasi.org
www.kelasinspirasimagetan.org
Published
2019-06-20
How to Cite
Nuryanto, S. (2019). Partisipasi Masyarakat dalam Gerakan Kelas Inspirasi. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 1(2), 111-126. https://doi.org/10.21093/sajie.v1i2.1442