RETRACTED: Peran Kurikulum Pengkaderan HMI UIN Sunan Kalijaga dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa
Abstract
Telah ditemukan pelanggaraan etika publikasi dari artikel yang diterbitkan dalam Southeast Asian Journal of Islamic Education yang berjudul "Peran Implementasi Kurikulum Pengkaderan HMI UIN Sunan Kalijaga dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa" Volume 1, Nomor 2, hlm. 181-194, Juni 2019 dan telah ditarik kembali. Artikel tersebut ditemukan memiliki kesamaan di sebagian besar bagian artikel, yakni bagian pendahuluan, landasan teori, metode penelitian, dan referensi. Tim Redaksi menyelidiki dan menemukan bahwa artikel yang kemiripannya tinggi ini telah diterbitkan dalam Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Volume 7. Dokumen dan isinya telah dihapus dari Southeast Asian Journal of Islamic Education.
References
Hamalik, Oemar, Perencanaan Pengajaran Berasarkan Pendekaan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Hasil-Hasil Kongres HMI XXIX.
Neuman, W. Lawrence, Metodolog Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Jakarta: Indeks, 2015.
Sugiyono, Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta, 2013.
________. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D), Bandung: Alfabeta, 2009.
________. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D), Bandung: Alfabeta, 2013.
________. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Al fabeta, 2016.
Suparlan, Tanya Jawab Pengembangan Kurikulum & Materi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Tanzeh, Ahmad, Metodologi Penelitian Praktis, Yogyakarta: Teras, 2011.
Wibowo, Agus, Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
________. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra, Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter “Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan”, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.