Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Struktural Bahasa pada Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang
Keywords:
bahan ajar, bahasa, pendekatan struktural
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) membuat perancangan atau pendesainan bahan ajar materi bahasa berbasis pendekatan struktural; (2) melaksanakan prosedur operasional bahan ajar materi bahasa berbasis pendekatan struktural; (3) menganalisis efektifitas penerapan bahan ajar materi bahasa berbasis pendekatan struktural. Pengumpulan data penelitian meliputi observasi, angket, dan wawancara. Instrumen pengembangan model adalah dengan one two one dan angket uji lapangan. Dengan pendekatan struktural bahasa dengan prosedur penelitian pengembangan (RnD), diperoleh bahan ajar materi bahasa Indonesia MI berbasis pendekatan struktural bahasa untuk tingkat dasar. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II yang mengikuti MK Materi Bahasa Indonesia MI di Program Studi PGMI FITK UIN Raden Fatah Palembang. Dari uji lapangan diperoleh hasil bahwa Bahan ajar berbasis pendekatan struktural pada materi ajar mata pelajaran bahasa di PGMI FITK UIN Raden Fatah Palembang yang dikembangkan efektif pada hasil belajar mahasiswa. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata hasil tes atau evaluasi akhir pada saat field test.References
Akhadiah, Sabarti., Maidar G. Arsyad, dan Sakura H. Ridwan. 2009. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia.Jakarta: Erlangga.
Anzar, Safni Febri, dan Mardhatillah Mardhatillah. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016.” Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4, no. 1 (31 Mei 2018): 53–64.
Chaer, Abdul. 2010. Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2010. Fonologi bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Irwandi, Irwandi. “Kemampuan Penguasaan Bahasa Indonesia Mahasiswa Prodi PGMI IAIN Lhoksemawe.” Pionir: Jurnal Pendidikan 8, no. 1 (13 April 2019): 1–13. https://doi.org/10.22373/pjp.v8i1.4584.
Keraf, Gorys. 2007. Komposisi. Jakarta: Grasindo.
Maghfiroh, Fitriyani, Hani Atus Sholikhah, dan Fuaddilah Ali Sofyan. “Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa.” JIP (Jurnal Ilmiah PGMI) 5, no. 1 (27 Juni 2019): 95–105. https://doi.org/10.19109/jip.v5i1.3272.
Sholikhah, Hani Atus. 2017. Materi Bahasa Indonesia untuk Guru Tingkat Dasar. Palembang: Noerfikri.
Sholikhah, Hani Atus, dan Tastin Tastin. “Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Reasoning Analysis Pada Mata Kuliah Metodologi Bahasa Indonesia.” Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar 10, no. 02 (31 Desember 2018): 97–106. https://doi.org/10.32678/primary.v10i02.1280.
Suastika, Nyoman. “Problematika Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar,” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 3, no. 1 (22 Juli 2019): 60–61, https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.905.
Tanenji, Tanenji, dan Hani Atus Sholikhah. “Kesalahan Penulisan Pada Siswa Tingkat Dasar: Analisis Isi Pada Karangan Siswa MI Nurul Falah OKI Sumsel.” JIP (Jurnal Ilmiah PGMI) 3, no. 2 (2017): 193–205. https://doi.org/10.19109/jip.v3i2.1652.
Wati, Eti. “Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia Untuk Mahasiswa STIKES YPIB Majalengka.” Jurnal Kampus STIKES YPIB Majalengka 5, no. 12 (2017): 106–14.
Anzar, Safni Febri, dan Mardhatillah Mardhatillah. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016.” Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4, no. 1 (31 Mei 2018): 53–64.
Chaer, Abdul. 2010. Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2010. Fonologi bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Irwandi, Irwandi. “Kemampuan Penguasaan Bahasa Indonesia Mahasiswa Prodi PGMI IAIN Lhoksemawe.” Pionir: Jurnal Pendidikan 8, no. 1 (13 April 2019): 1–13. https://doi.org/10.22373/pjp.v8i1.4584.
Keraf, Gorys. 2007. Komposisi. Jakarta: Grasindo.
Maghfiroh, Fitriyani, Hani Atus Sholikhah, dan Fuaddilah Ali Sofyan. “Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa.” JIP (Jurnal Ilmiah PGMI) 5, no. 1 (27 Juni 2019): 95–105. https://doi.org/10.19109/jip.v5i1.3272.
Sholikhah, Hani Atus. 2017. Materi Bahasa Indonesia untuk Guru Tingkat Dasar. Palembang: Noerfikri.
Sholikhah, Hani Atus, dan Tastin Tastin. “Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Reasoning Analysis Pada Mata Kuliah Metodologi Bahasa Indonesia.” Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar 10, no. 02 (31 Desember 2018): 97–106. https://doi.org/10.32678/primary.v10i02.1280.
Suastika, Nyoman. “Problematika Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar,” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 3, no. 1 (22 Juli 2019): 60–61, https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.905.
Tanenji, Tanenji, dan Hani Atus Sholikhah. “Kesalahan Penulisan Pada Siswa Tingkat Dasar: Analisis Isi Pada Karangan Siswa MI Nurul Falah OKI Sumsel.” JIP (Jurnal Ilmiah PGMI) 3, no. 2 (2017): 193–205. https://doi.org/10.19109/jip.v3i2.1652.
Wati, Eti. “Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia Untuk Mahasiswa STIKES YPIB Majalengka.” Jurnal Kampus STIKES YPIB Majalengka 5, no. 12 (2017): 106–14.
Published
2020-06-01
How to Cite
Sholikhah, H., Astuti, M., & Handayani, T. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Struktural Bahasa pada Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2(2), 171-183. https://doi.org/10.21093/sajie.v2i2.2163
Section
Articles
Copyright (c) 2020 Southeast Asian Journal of Islamic Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.