Upaya Meremediasi Konsep Fisika pada Materi Suhu dan Kalor

  • Eko Wahyu Nur Sofianto Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Ratna Kartika Irawati Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
Keywords: miskonsepsi, remediasi, suhu dan kalor

Abstract

Miskonsepsi adalah salah satu masalah dalam pembelajaran fisika. Miskonsepsi fisika terjadi pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan review terkait upaya yang telah dilakukan beberapa peneliti untuk meremediasi miskonsepsi materi suhu dan kalor. Materi yang diremediasi adalah suhu dan kalor. Metode penelitian kualitatif artikel review pada remediasi konsep suhu dan kalor. Hasil dari penelitian ini adalah review miskonsepsi fisika dalam kompetensi dasar suhu dan pemuaian, kalor dalam perubahan wujud, Azas Black dan perpindahan kalor. Miskonsepsi pada materi suhu dan kalor biasa terjadi pada konsep ukuran benda, perubahan wujud, gejala Azas Black dan proses perpindahan kalor. Upaya remediasi yang biasa dilakukan adalah dengan model pembelajaran, perangkat pembelajaran dan problem solving. Remediasi dapat dilakukan dengan membahas konsep sesuai dengan pemahaman awal siswa terhadap materi suhu dan kalor.

References

Abidin Pasaribu, Saparini, ‘Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Untuk Meremidiasi Miskonsepsi Pada Materi Gaya Dan Hukum Newton’, Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4.2 (2017), 36–47
Depdiknas, Silabus Kurikulum Fisika (Jakarta: Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan, 2013)
Febrianti, Juwita, Hamdi Akhsan, and Muhammad Muslim, ‘Analisis Miskonsepsi Suhu Dan Kalor Pada Siswa Sma Negeri 3 Tanjung Raja’, Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 6.1 (2019), 90–102
Hadi, Eko, and Ahmad Yani, ‘Identifikasi Miskonsepsi Materi Fisika Suhu Dan Kalor Menggunakan CRI ( Certainty Of Response Index ) Pada Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 8 Bulukumba’, Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika (JSPF), 14.2 (2018), 44–54
Hidayatulloh, Mukhlis, Farisa Humairoh, Ulfa Wachidah, and Dwi Ayu Iswati, ‘Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Rangkaian Listrik Dengan Scientific Approach’, Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 5.1 (2015), 28–32
Irawati, R. K., and E. W.N. Sofianto, ‘The Misconception Analysis of Natural Science Students on Heat and Temperature Material Using Four Tier Test’, Journal of Physics: Conference Series, 1321.3 (2019)
Lestari, P. Ayu Suci, Satutik Rahayu, dan Hikmawati Hikmawati, “Profil Miskonsepsi Siswa Kelas X Smkn 4 Mataram pada Materi Pokok Suhu, Kalor, dan Perpindahan Kalor,” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 1, no. 3 (14 Maret 2017): 152, https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.251.
R Lebdiana dan N Hindarto, “Pengembangan perangkat pembelajaran materi suhu dan kalor berbasis poe (predict-observe-explain) untuk meremediasi miskonsepsi siswa,” 2014, 5.
Newell, Allen, J. C. Shaw, and Herbert A. Simon, ‘The Processes of Creative Thinking.’, Contemporary Approaches to Creative Thinking: A Symposium Held at the University of Colorado., 2011, pp. 63–119
Nurhasanah, Haratua Tiur Maria Silitonga, Erwina Oktavianty, ‘Integrasi Remediasi Miskonsepsi Dalam Pembelajaran Model Problem Solving Materi’, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran; Vol 5, No 11 (2016): Nopember 2016 (2016-11-16), 5.2 (2016), 55–65
Nursyamsi, Eko Hadi Sujiono, Ahmad Yani, ‘Identifikasi Miskonsepsi Materi Fisika Suhu Dan Kalor Menggunakan CRI (Certainty Of Response Index) Pada Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 8 Bulukumba Tahun Ajaran 2015/2016’, Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika (JSPF), 14.2 (2012), 44–54
Rahmi, Fathia, and Mara Bangun Harahap, ‘Pengaruh Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Dengan Menggunakan Peta Pikiran Sebagai Upaya Mengurangi Miskonsepsi Siswa’, Jurnal INPAFI, 1.2 (2013), 187
Raymond_A_Serway_John_W_Jewwett, Physics For Scientists and Engineers with Modern Physics, Thomson Books/Cole, 2006
Shofiyah, ‘Remediasi Miskonsepsi Konsep Gerak Dan Gaya Melalui Penerapan Model Pembelajara 7E ( Learning Cycle ) Pada Mahasiswa Calon Guru IPA Universitas Muhammadiyah Sidoarjo’, Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika., 3.2 (2016), 128–35
Sofianto, E. W.N., R. K. Irawati, H. A. Akmalia, and R. R. Apriani, ‘The Analysis of Heat - Temperature Misconception and Integration with Al Quran’, Journal of Physics: Conference Series, 1422.1 (2020)
Stiawan, Bambang, ‘Pengelolaan Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Menanggulangi Miskonsepsi Di SD Kepahiang’, EJournal Universitas Bengkulu, 10.6 (2016), 572–78
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D, 28th edn (Bandung: Alfabeta, 2018)
Sukariasih, Luh, ‘Penggunaan Strategi Konflik Kognitif Untuk Mengurangi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pokok Gerak Lurus’, Jurnal Aplikasi Fisika, 12.2 (2016), 60–63
S., Sri Nurul Wahidah, Sentot Kusairi, dan Siti Zulaikah, “Diagnosis Miskonsepsi Siswa SMA di Kota Malang pada Konsep Suhu dan Kalor Menggunakan Three Tier Test,” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 2, no. 3 (22 April 2017): 98–99, https://doi.org/10.29303/jpft.v2i3.295.
Zayyinah, Fatimatul Munawaroh, Irsad Rosidi, ‘Identifikasi Miskonsepsi Siswa SMP Dengan Certainty Of Response Index ( CRI ) Pada Konsep Suhu Dan Kalor’, Science Education National Conference 2018, 2018, 78–89
Published
2020-05-28
How to Cite
Sofianto, E., & Irawati, R. (2020). Upaya Meremediasi Konsep Fisika pada Materi Suhu dan Kalor. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2(2), 109-124. https://doi.org/10.21093/sajie.v2i2.2188