Pendidikan Anak Perspektif Hamka (Kajian Q.S. Luqman/31: 12-19 dalam Tafsir Al-Azhar)

  • Moh. Toriqul Chaer STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi, Jawa Timur
  • Fitriah M. Suud Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Keywords: Hamka, pendidikan anak, pendidikan Islam, tafsir Al-Azhar

Abstract

Pendidikan merupakan upaya mengembangkan potensi yang dimiliki manusia. Hamka berpendapat bahwa tujuan pendidikan adalah untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat. Konsekuensi proses pendidikan anak bertujuan menjadikan anak sebagai hamba Allah yang taat menjalankan perintah dan menjauhi segala laranganNya. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) yang mengkaji tafsir Al-Azhar sebagai data primer dengan menggunakan pendekatan maudhu’i atau tematik. Upaya analisis data, dilakukan dengan mengiventarisir ayat, mengkaji, dan mempertimbangkan aspek historis ayat terkait. Langkah selanjutnya ayat terkait secara objektif diinterpretasikan, secara deskriptif diungkap dan disimpulkan secara deduktif. Berdasar kajian tafsir Q.S. Luqman/31: 12-19, didapati: 1) urgensi pendidikan anak, yakni proses pendampingan dan bimbingan anak untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat. Proses pendidikan anak mencakup pendidikan keimanan, berbakti kepada orangtua, pendidikan ibadah, pendidikan akhlak dan amar ma’ruf-nahi munkar; 2) aktualisasi pendidikan anak, difokuskan pada pembentukan karakter, yang diupayakan oleh keluarga, sekolah dan masyarakat.

References

Aini, Ela Nur, Ifa Isnaini, Sri Sukamti, dan Lolita Noor Amalia. “Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat di Kelurahan Kesatrian Kota Malang.” Technomedia Journal 3, no. 1 (27 Agustus 2018): 58–72. https://doi.org/10.33050/tmj.v3i1.333.
Arief, Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
Arifin, M. Filsafat Pendidikan Islam. Cet. ke-1. Jakarta: PT Bina Aksara, 1987.
Azmi, Fachruddin, Siti Halimah, dan Nurbiah Pohan. “Pelaksanaan Pembimbingan Belajar Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Shaleh Medan”, 14.
Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2002.
Daradjat, Zakiyah. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang, 2005.
Dewey, John. Democracy and Education. New York: The Macmilan New York, 1923.
Ghafur, Saiful Amin. Profil para Mufasir Al-Qur’an,. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008.
Ginanjar, M. Hidayat. “Keseimbangan Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak.” Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 230-242, 2 (2013). http://dx.doi.org/10.30868/ei.v2i03.27.
H. Tahang, Jumri. “Urgensi Pendidikan Agama dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak.” HUNAFA: Jurnal Studia Islamika 7, no. 2 (15 Desember 2010): 163. https://doi.org/10.24239/jsi.v7i2.99.163-178.
Hadi, Sutrisno. Metodologi Research. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada, 1980.
Haditono, SR. “Memperhatikan Perkembangan Masa Dini Anak Berdasarkan Beberapa Pandangan Baru.” Jurnal Analisis Pendidikan IV, no. 2 (2009): 78.
Hamalik, Oemar. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algresindo, 2000.
Hamka. Lembaga Hidup. Jakarta: PT Pustaka Panjimas, 1985.
———. “Mensyukuri Tafsir Al Azhar.” Panji Masyarakat. Edisi 317.
———. Tafsir Al Azhar Juz XXI. Jakarta: Gema Insani, 2015.
Hartini, N. “Metodologi Pendidikan Anak Dalam Pandangan Islam.” Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 9, no. 1 (2011): 13.
I Shofwan, dan S. A Kuntoro. “Pengelolaan Program Pembelajaran Pendidikan Alternatif Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah di Salatiga Jawa Tengah.” . . JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) 1, no. 1 (2014): 51.
Ilyas, Asneri. Mendambakan Anak Soleh, Prinsip-prinsip Pendidikan Anak dalam Islam. Bandung: Al- Bayan, 1997.
Kurniawan, Syamsul, dan Erwin Mahrus. Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Langgulung, Hasan. Pendidikan dan Peradaban: Suatu Analisa Sosio- Psikologi. Jakarta: Pustaka Setia Al- Husnah, 1990.
Lefrancois, GR. Psychology of Teaching. Belmont, California: Wadsworth Publishing, 1975.
Mansur. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Cet. ke-II. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar, 2007.
Marimba, Ahmad. D. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Penerbit Al- Maarif, 1989.
Murni, Dewi. “Tafsir Al-Azhar (Suatu Tinjauan Biografis dan Metodologis).” Syahadah III, no. 2 (Oktober 2015): 32.
Nashar. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.
Nata, Abudin. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Isu-isu Kontemporer Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Nizar, Samsul. Memperbincangkan Dinamika Intelektual dan Pemikiran Hamka tentang Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.
Purnomo, Agus. “Pendidikan Anak Dini Usia (Padu) dalam Islam: Sebuah Analisis Gender.” EGALITA, 12 Mei 2012. https://doi.org/10.18860/egalita.v0i0.1965.
Qaimi, Ali. Single Parent; Peran Ganda Ibu dalam Mendidik Anak. Bogor: Penerbit Cahaya, 2003.
Rahim, Arhjayanti. “Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Karakter Remaja Putri Menurut Islam.” Jurnal Al-Ulum 13, no. 1 (2013): 87–102.
Ramayulis, dan Samsul Nizar. Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam. Ciputat, Jakarta: Quantum Teaching, 2015.
Rizal, Ahmad Syamsu. “Orientasi Dan Konteks Sosial Pendidikan Islam : Memahami Dimensi Eksiologis Pendidikan Islam.” taklim 13, no. 1 (2015): 1–15.
Singarimbun, Masri, dan Sofian Effendi. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES, 1989.
Siregar, Fitri Rayani. “Metode Mendidik Anak dalam Pandangan Islam.” Forum Pedagogik 8, no. 2 (Juli 2016): 15.
Siregar, Lis Yulianti Syafrida. “Pendidikan Anak dalam Islam.” Jurnal Bunayya 1, no. 2 (Juni 2016): 17.
Siswoyo, Dwi. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Press, 2008.
Sobur, Alex. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia, 2003.
Tafsir Al- Azhar Juz XVIII. Yayasan Latimojong, 1984.
Taubah, Mufatihatut. “Pendidikan Anak dalam Keluarga Perspektif Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 1 (Mei 2015): 110.
Tauhid, Abu. Beberapa Aspek Pendidikan Islam. Yogyakarta: Fak. Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 1990.
Thabathabai, Muhammad Husein. Al-Mizan Fi Tafsir Al-Qur’an. Lebanon: Muassasat Al-Alam Li Al-Matba’ah, 1991.
Thoha, H.M. Chabib. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.
Ulwan, Abdullah Nashih. Pendidikan Anak dalam Islam, Terj. Jamaluddin Miri, Lc. Jakarta: Pustaka Amani, 2007.
Wulandari, Yeni, dan Muhammad Kristiawan. “Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 2, no. 2 (28 Desember 2017): 290–302. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1477.
Yuliana, Elfa. “Konsep Pendidikan Anak dalam Al-Qur’an dan Hadits.” Jurnal Al-Irfani STAI Darul Kamal NW Kembang kerang 2, no. 1 (2018): 11.
Yusuf, Yunan. Corak pemikiran Kalam Tafsir Al Azhar, Sebuah Telaah atas Pemikiran Hamka dalam Teologi Islam. PT. Penamadani, 2004.
Zamroni. Pengantar Perkembangan Teori Sosial. Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana, 1992.
Published
2020-05-28
How to Cite
Chaer, M., & Suud, F. (2020). Pendidikan Anak Perspektif Hamka (Kajian Q.S. Luqman/31: 12-19 dalam Tafsir Al-Azhar). Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2(2), 125-141. https://doi.org/10.21093/sajie.v2i2.2192