Peningkatan Kemampuan Shalat Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Film Animasi Dodo Syamil

  • Sriyanti Rahmatunnisa PG PAUD FIP, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Diah Andika Sari PG PAUD FIP, Universitas Muhammadiyah Jakarta https://orcid.org/0000-0002-9190-1407
  • Sri Nurhayati RA Al-Muhajirin, Koja, Jakarta Utara
Keywords: Anak usia 5-6 tahun, film animasi Dodo Syamil, Shalat

Abstract

Mengajak anak untuk bisa tenang melakukan shalat tidak terlalu mudah. Mereka berlari-larian, bercanda dan tidak bisa diam saat diajak untuk melakukannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak dalam melakukan kegiatan ibadah shalat dengan benar melalui film animasi Dodo Syamil. Penelitian ini menggunalan metode penelitian tindakan kelas. Dilakukan pada kelas B, di RA Al-Muhajirin, Koja, Jakarta Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan shalat anak yang pada awalnya memiliki rata-rata skor kemampuan shalat sebesar 44,75. Setelah diberikan tindakan dengan kegiatan menonton film animasi Dodo Syamil, terlihat mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Pada siklus 1 diperoleh skor rata-rata kemampuan shalat anak sebesar 78,57. Meningkat pada siklus 2 skor rata-rata kemampuan shalat anak menjadi 97,06. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media film Dodo Syamil dapat meningkatkan kemampuan shalat anak usia 5-6 tahun di RA Al-Muhajirin, Koja, Jakarta Utara.

Author Biographies

Sriyanti Rahmatunnisa, PG PAUD FIP, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Dosen PG PAUD FIP, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Diah Andika Sari, PG PAUD FIP, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Dosen PG PAUD, FIP UMJ

References

Ardianto, Ervinaro, Komunikasi Massa, Simbosa Rekatama Media Bandung, 2012
Arief Rachman, Ismi Nadiyat , Dakwah Melalui Film Animasi , Orasi, Jurnal Dakwah dan Komunikasi, Volume 9 No. 2, November 2018, PP 29 – 42.
Ahmadi dan Salimi. Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi, Jakarta, Bumi Aksara. 2014.
Al’Asqolaany Imam Ibnu Hajar. Kitab As- Shalat Dari Syarah Bulughal Maram,Darul Furqon. 2010
Arsyad Azhar. Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers. 2015.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka, 2013.
Elvinaro Ardianro. Komunikasi Massa, Bandung: Simbiosa Rekatama Media. 2009.
Enny Nazrah Pulungan, Raudhah, Vol. 06 No. 01, Januari-Juni 2018
Djaali, dan Mujiono, Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2008.
Hurlock, Elizabeth B. Perkembangan Anak Jilid 1, Jakarta: Erlangga, 2017.
Kusnandar, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: GP Press Group, 2012.
Munandar, Utami. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Jakarta: PT Gramedia, 2011.
Munir dan Sudarsono. Dasar-Dasar Agama Islam, Jakarta: Rineka Cipta. 2011.
Paizzaluddin dan Ermalinda. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Alfabeta. 2013.
Permen Diknas RI No.58. 2009. Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
PP No.17 Tahun 2010. Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
Riyana. Media Pembelajaran, Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia. 2011.
Sadiman dan Rahardjo. Media Pendidikan, Jakarta: Pustekkom Dikbuddan Raja Grafindo Persada. 2013.
Fauzan Al Saleh. Fiqih Sehari-hari, Jakarta: Gema Insani Pers. 2015.
Robbins, Stephen P. & Timonthy A. Judge, Organizational Behaviour, three edition, Pearson International Edition, Preantice – Hall, USA, 2009.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Jakarta: Alfabeta. 2014.
Sujiono, Yuliani Nuraini . Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Indeks. 2015.
Syafaruddin, Herdianto, Ernawati, Pendidikan Prasekolah, Perspektif Pendidikan Islam dan Umum, Medan: Perdana Publishing. 2011
Tampubolon. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Erlangga. 2014.
https://republika.co.id/berita/q866jz374/film-anak-nasional-syamil-dodo-emrebornem
Published
2020-12-31
How to Cite
Rahmatunnisa, S., Sari, D., & Nurhayati, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Shalat Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Film Animasi Dodo Syamil. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 3(1), 77-96. https://doi.org/10.21093/sajie.v3i1.2914