Pengembangan Video Pembelajaran Animasi 3D Berbasis Software Blender Pada Materi Medan Magnet
Abstract
Materi medan magnet merupakan salah satu materi fisika yang relatif rumit. Secara umum, peserta didik memandang materi ini adalah salah satu materi fisika yang sulit dipahami. Kesulitan tersebut terletak pada fenomena magnetik yang tidak dapat “ditangkap” oleh indera audio dan visual, sehingga dibutuhkan media pembelajaran berbentuk video animasi 3D agar dapat memvisualisasikan konsep yang abstrak sehingga mudah dipahami peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain video pembelajaran animasi 3D dan menilai kelayakan video pembelajaran animasi 3D. Metode penelitian yang digunakan yaitu Design and Development Research (DDR) dengan melibatkan 2 validator media dan 2 validator materi. Instrumen pnelitian ini terdiri dari lembar validasi media dan lembar validasi materi yang dianalisis dengan persentase. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah video pembelajaran animasi 3D berbasis software blender pada materi medan magnet. Penilaian kelayakan berada pada kriteria sangat layak, dimana hasil validasi ahli media sebesar 89,6% dan hasil validasi ahli materi sebesar 94,63%, sehingga dapat dinyatakan bahwa video 3D berbasis software Blender layak digunakan sebagai media pembelajaran.
References
Anugrah, Serevina dan Nasbey, “Pengembangan Alat Praktikum Medan Magnet Sebagai Media Pembelajaran Fisika SMA”, Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF201, 2015.
Alessi & Trollip. Multimedia for Learning: Methods and Development. Massachussets: A Person Education, 2001.
Fadli, Subiki, dan Astutik, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Laboratory terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa Di Man 2 Banyuwangi”, Jurnal Pembelajaran Fisika. 2018.
Chaeruman, UA. Instrumen Evaluasi Media Pembelajaran. Pusat Teknologi Informasi Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2019, h. 17.
Enterprise, Jubilee. Blender untuk Pemula. Jakarta: PT. Gramedia, 2016.
Jannah, Harijanto, dan Yushardi, “Aplikasi Media Pembelajaran Fisika Berbasiss Parkol Video Scribe pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor terhadap Hasil Belajar Siswa SMK”, Jurnal Pembelajaran Fisika. 2019.
Jannah, M, “Analisis Kemampuan Inkuiri Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri Dalam Pembelajaran IPA Dan Hubungannya Dengan Keterampilan Proses Sains Siswa: Studi Kasus Pada 4 Guru Kelas V Min Di Kota Banda Aceh”, Tesis, UPI Bandung, 2009.
Jannah, M, Peningkatan Keterampilan Generik Sains Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Melalui Eksperimen pada Pembelajaran Media dan Bahan Ajar Fisika, Jurnal Phi, Vol 1, hal 17-30, 2019
Luthfiyati N.A, Nurlaela, dan Usdiyana, “Model Pembelajaran Osborn untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa”, Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 1, No. 1, 2013.
Maizaliani, CR, Jannah, M, dan Annisa, F, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Predict, Observe, Explain pada Materi Usaha dan Energi di SMA Inshafuddin Banda Aceh”, Jurnal Phi, Vol. 1, No. 3, 2020.
Mukramah, WA, Jannah, M, dan Wahid, M “E-Modul Termodinamika Berbasis Flipbook Maker”, Jurnal Phi, Vol. 1, No. 3, 2020.
Muliyani, Y, Jannah, M, dan Rahmati, “Kemampuan Calon Guru dalam Mengembangkan Media dan Bahan Ajar IPA Berbasis Project Based Learning (PjBL)”, Jurnal Phi, Vol. 1, No. 3. 2020.
Nasir, Prastowo, Dan Riwayani, “Design and Development of Physics Learning Media of Three Dimensional Animation Using Blender Application on Atomic Core Material”, Jurnal of Education Sciences, 2018.
Purwanto, “Studi Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Phet Simulation dengan Alat Peraga Pada Pokok Bahasan listrik Magnet di Kelas IX SMPN Kabupaten Tebo”. Jurnal EduFisika, Vo.1, No 1, Juni 2016, h.22-27
Richey & Klein. Design and Development Research (Methode, Strategies, and Issues). New York: Lawrance Erllbaum Associates, 2007.
Rohmani, Sunarno, dan Sukarmin, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia Interaktif Terintegrasi dengan Lks Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gerak Kelas X SMA/MA”, Jurnal Inkuiri. 2015.
Santos, Pengembangan dan Penggunaan Video sebagai media Belajar untuk membangun Pemahaman dan Meningkatkan Motivasi Siswa SMA Mempelajari Gaya Lorentz. Skripsi. Universitas Sanata Dharma. 2018, h.80
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.