Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Rangka Peningkatan Prestasi Sekolah di MTs Al Muna Samarinda

  • Sumaningsih Sumaningsih IAIN Samarinda
Keywords: Perencanaan, Pelaksanaan Pengorganisasian, Kepemimpinan, Prestasi Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) langkah kepala sekolah menyusun rencana kerja bersama dalam rangka peningkatan prestasi sekolah di MTs Al Muna Samarinda, (2) kegiatan kepala sekolah dalam dalam rangka peningkatan prestasi sekolah mengimplementasikan rencana kerja di MTs Al Muna Samarinda, (3) faktor yang mendukung dan menghambat kepala sekolah dalam memimpin MTs Al Muna Samarinda di Kota Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data adalah kepala sekolah, guru, staf, dan komite sekolah. Dalam penelitian kualitatif ini, peneliti menggunakan instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah Pertama, rencana kerja yang dilakukan kepala sekolah dalam manajemen berbasis sekolah terhadap peningkatan prestasi sekolah adalah kepala sekolah menyusun program sekolah yang berkaitan dengan komponen manajemen pendidikan yaitu bidang kurikulum, bidang kesiswaan, Staf TU, guru, bidang sarana dan bidang hubungan masyarakat. Proses penyusunan program tersebut memiliki tujuan utama untuk dapat mewujudkan Visi, Misi dan Tujuan Sekolah. Dalam pelaksanaan program MBS menekankan transparasi, partisipatif dan akuntabilitas untuk peningkatan prestasi sekolah. Kedua, implementasi yang dilakukan sekolah dalam manajemen berbasis sekolah terhadap peningkatan prestasi sekolah  adalah melakukan kegiatan kurikulum, kesiswaan, tata usaha, guru, sarana dan prasarana dan humas. Implementasi perencanaan kerja tersebut tidak terlepas dari keterlibatan semua unsur/komponen Team Work yang kompak dan transparan didalam setiap kegiatan untuk menunjukan adanya kepercayaan masyarakat kepada sekolah. Ketiga, Faktor Pendukung dan Penghambat kepemimpinan Kepala Sekolah. Faktor pendukung yang menonjol adalah dukungan guru. Dukungan guru tersebut merupakan kemampuan kepala sekolah dalam membentuk team work yang kompak dan transparan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya dukungan dari pihak sekitar sekolah dalam kegiatan ekstra kurikuler karena dianggap mengganggu.

References

Andreas, Lako. 2004. Kepemimpinan dan Kinerja Organisasi. Amara Books, Yogyakarta.
Arfa, Hamzah. 2011. Kepemimpinan Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Kutai Kartanegara. TESIS: Program Pascasarjana Universitas Mulawarman, Samarinda.
Arikunto, suharsimi. 1990. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Rineka Cipta, Jakarta.
Bahri, Saipul. 2011. Kompetensi Kepala Sekolah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Studi kasus di SMP N 2 Tanah Grogot). TESIS: Program Pascasarjana Universitas Mulawarman, Samarinda
Danim, Sudarwan. 2004. Motivasi Kepemimpinan & Efektivitas Kelompok. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta:
Gerungan. 2004. Psikologi Sosial. PT. Eresco, Bandung.
Gagne, R. 1985. The Conditions of Learning (4th.). Holt, Rinehart & Winston, New York.
Hadi, Sutrisno. 2004. Metodologi Research Jilid 1. Andi, Yogyakarta.
Hamzah, B Uno. 2006. Profesi Kependidikan, Problem, solusi, dan reformasi Pendidikan di Indonesia. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta
Hani, Handoko T. 2003. Manajemen. BPFE, Yogyakarta
Khoirunnisa, Akhmad Shunhaji, Abd Muid Nawawi, Ulfih Qori. 2019. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Pada Madrasah Aliyah Unggulan (Studi Kasus MAN 4 Jakarta), jurnal ANDRAGOGI, 1(3), 2019
Moleong J Lexy. 2007. Metodologi Pendidikan Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Mantja Willem. 2005. Manajemen Pendidikan Dan Supervisi Pengajaran. Penerbit Rinta, Surabaya.
Mulyasa E. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi dan Implementasi. PT. Remaja Rosda Karya, Bandung.
Mulyasa E. 2009. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Mulyasa E. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Nurkholis. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah, Teori dan Praktek. PT. Rosdakarya, Bandung:
Nurkholis. 2006. Manajemen Berbasis Sekolah Teori, Model, dan Aplikasi. Grasindo, Jakarta.
Samsudin, Sadili. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. CV. Pustaka Setia, Bandung.
Sarimaya, Farida. 2008. Sertifikasi Guru, Apa, Mengapa dan Bagaimana?. Penerbit Yrama Widya, Bandung
Suderadjat, Hari. 2005. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) : Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi KBK. Penerbit Cipta Cekas Grafika, Bandung.
Sunaryo. 2010. Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah, Studi Kasus pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Malang 1. TESIS Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.
Sutopo, H.B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Syaiful, Bahri Djamarah. 2005. Guru dan Anak Didik. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Terry, G.R. 1999. Dasar-dasar Manajemen. PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Triyarsih, Maria Goretti. 2019. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar, Jurnal MMP, 2(1), 2019
Umaedi. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah/Madrasah, (MMBS/M). CEQM, Jakarta.
Wahjosumidjo. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Warjito. 2010. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SDN 01 Purwogondo Kec. Kuwarasan Kab.Kebumen. Tesis Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Surakarta.
Widodo, Sri. 2009. Implementasi Manajemen Sekolah dalam upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran (studi kasus tentang kualitas pembelajaran di MTs N Manyaran Kabupaten Wonogiri). Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta, Surakarta.
Winardi. 2000. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta
Published
2019-06-14
How to Cite
Sumaningsih, S. (2019). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Rangka Peningkatan Prestasi Sekolah di MTs Al Muna Samarinda. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 1(2), 195-207. https://doi.org/10.21093/sajie.v1i2.3253