Adaptasi Sosial-Religius Mahasiswa Muslim Kost dalam Meraih Prestasi Akademik dan Non Akademik
Abstract
Kajian ini membahas tentang proses sosio-religi mahasiswa muslim kost dalam meraih prestasi akademik dan non akademik. Prestasi merupakan manifestasi dari suatu totalitas kepribadian unggul pada seseorang yang dilalui dengan proses adaptasi. Mahasiswa kost merupakan komunitas yang dinilai banyak mengalami tantangan berat dalam lingkungannya seperti membangun keberanian mengatasi masalah, menyiapkan perlengkapan hidup sendiri serta kontrol diri yang tinggi. Untuk itu perlu melakukan proses adaptasi agar tujuan meraih prestasi akademik dan non akademik tercapai. Fokus kajian ini adalah menganalisis proses adaptasi sosio-religi mahasiswa muslim yang kost dalam meraih prestasi akademik dan non akademik. Pendekatan dalam kajian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa di beberapa perguruan Tinggi di kota Pontianak. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi, kemudian dianalisis menggunakan molel Miles & Huberman yakni koleksi data, kondensasi data, display data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pencapaian prestasi akademik dan non akademik mahasiswa muslim yang kost dilakukan melalui dua tindakan progresif. Pertama yaitu proses adaptasi sosio-religi yakni meningkatkan spiritualitas dengan ibadah dan internalisasi nilai-nilai ibadah sebagai kekuatan dalam menghadapi problem di lingkungan barunya. Kedua yaitu silaturahim dalam perspektif yang lebih luas yakni menjalin interaksi (komunikasi interpersonal dan komunal) yang dilandasi dengan sikap toleran, simpatik dan solidaritas yang tinggi sehingga mudah untuk mendapatkan modal sosial yang dapat dimanfaatkan untuk meraih prestasi.
References
Afridah, Mumtaz, Hepi Wahyuningsih, and Sumedi P Nugraha. “Efektivitas Pelatihan Keajaiban Doa Islami Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Emosi Pada Siswa SMK ‘X’ Di Yogyakarta.” Jurnal Intervensi Psikologi (JIP) 10, no. 1 (June 25, 2018): 19–32. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol10.iss1.art2.
Cetin, Baris. “Predicting Academic Success From Academic Motivation And Learning Approaches In Classroom Teaching Students.” Contemporary Issues in Education Research (CIER) 8, no. 3 (July 13, 2015): 171–80. https://doi.org/10.19030/cier.v8i3.9316.
Eginli, Aysen Temel. “From The Intercultural Communication Barriers To The Intercultural Adaptation: Intercultural Communication Experiences.” IJASOS- International E-Journal of Advances in Social Sciences 2, no. 4 (2016): 32. https://doi.org/10.18769/ijasos.20521.
Fatma, Dede, and Isnarmi Isnarmi. “Kontrol Sosial Masyarakat Terhadap Perilaku Mahasiswa Kos-Kosan Air Tawar Barat Padang.” Journal of Civic Education 3, no. 3 (August 27, 2020): 257–66. https://doi.org/10.24036/jce.v3i3.380.
Febianti, Yopi Nisa, and Mohamad Joharudin. “Faktor-Faktor Ekstern Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa.” Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi 5, no. 2 (January 4, 2018): 76. https://doi.org/10.33603/ejpe.v5i2.246.
Forsythe, Alex. “Daniel Goleman.” In Key Thinkers in Individual Differences, 189–92. Routledge, 2019. https://doi.org/10.4324/9781351026505-24.
Haq, Azizah Nurul, Fatmawati, and Supriadi. “Adaptasi Sosial Mahasiswa Baru Pendidikan Sosiologi Angkatan 2018 Di Fkip Universitas Tanjungpura Pontianak.” Untan 2, no. 1 (2018).
Hendriani, Wiwin. “Adaptasi Positif Pada Resiliensi Akademik Mahasiswa Doktoral.” HUMANITAS 14, no. 2 (August 25, 2017): 139. https://doi.org/10.26555/humanitas.v14i1.5696.
Istiqomah, Nurul, Rio Pebrian, and Susi Mutoharoh. “Spiritualitas, Doa Dan Prestasi Belajar.” BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (December 31, 2018): 125. https://doi.org/10.29240/belajea.v3i2.652.
Jones, James W. “How Ritual Might Create Religion: A Neuropsychological Exploration.” Archive for the Psychology of Religion 42, no. 1 (March 1, 2020): 29–45. https://doi.org/10.1177/0084672420903112.
Kusuma, Adi Candra, Arif Rakhman, and Dani Fitria Brilianti. “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Mahasiswa Pada Pembelajaran E-Learning Berbantuan Modul.” HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika 4, no. 2 (January 3, 2021). https://doi.org/10.31100/histogram.v4i2.594.
Mustomi, Dede, and Aprilia Puspasari. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa.” CERMIN: Jurnal Penelitian 4, no. 1 (July 1, 2020): 133. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v4i1.496.
Nur, Syahban. “Perilaku Menyimpang Studi Kasus Perilaku Seks Diluar Nikah Mahasiswa Kos-Kosan Alauddin Kelurahan Mangasa Kecamatan Tamalate Kota Makassar.” Phinisi Integration Review 2, no. 1 (January 28, 2019): 047. https://doi.org/10.26858/pir.v2i1.8028.
Nurjaman, Tabah Aris. “Sentralitas Jaringan Teman Dan Adaptasi Psikologis Mahasiswa Baru: Implementasi Social Network Analysis.” Jurnal Psikologi Integratif 8, no. 2 (January 31, 2021). https://doi.org/10.14421/jpsi.v8i2.1899.
Perloff, Robert. “Daniel Goleman’s Emotional Intelligence: Why It Can Matter More than IQ.” The Psychologist-Manager Journal 1, no. 1 (1997): 21–22. https://doi.org/10.1037/h0095822.
Prasetiya, Benny, Meilina Maya Safitri, and Ani Yulianti. “Perilaku Religiusitas: Analisis Terhadap Konstribusi Kecerdasan Emosional Dan SpirituaL.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 2 (January 30, 2020): 303–12. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.5015.
Rahmadani, Anisa, and Yuliana Rahmawati Mukti. “Adaptasi Akademik, Sosial, Personal, Dan Institusional : Studi College Adjustment Terhadap Mahasiswa Tingkat Pertama.” Jurnal Konseling Dan Pendidikan 8, no. 3 (October 1, 2020): 159. https://doi.org/10.29210/145700.
Rossano, Matt J. “The Essential Role of Ritual in the Transmission and Reinforcement of Social Norms.” Psychological Bulletin 138, no. 3 (May 2012): 529–49. https://doi.org/10.1037/a0027038.
Santika. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa.” Jurnal Pendidikan 21, no. 1 (March 2, 2020): 1–17. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.704.2020.
Sawitri, Harvina, Fury Maulina, and Radhika Kharima Dwi Aqsa. “Karakteristik Perilaku Merokok Mahasiswa Universitas Malikussaleh 2019.” AVERROUS: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Malikussaleh 6, no. 1 (June 25, 2020): 75. https://doi.org/10.29103/averrous.v6i1.2630.
Setiani, Tiara Prima, and Handrix Chris Haryanto. “Efektivitas Psikoedukasi Terhadap Kemampuan Adaptasi Sosial Pada Mahasiswa Baru.” Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam 16, no. 1 (September 3, 2019): 1. https://doi.org/10.18860/psi.v16i1.7531.
Siagian, Haidir Fitra, and Arifuddin Tike. “Cultural Adaptation of Indonesian Diaspora in Thailand’s Social Contexts.” Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication 35, no. 1 (2019): 268–85. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2019-3501-18.
Sosis, Richard. “The Adaptive Value of Religious Ritual.” American Scientist 92, no. 2 (2004): 166. https://doi.org/10.1511/2004.46.928.
Suciptaningsih, Oktaviani Adhi. “Hedonisme Dan Konsumerisme Dalam Perspektif Dramaturgi Erving Goffman.” Equilibria Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi 2, no. 1 (January 4, 2018): 25. https://doi.org/10.26877/ep.v2i1.2191.
Tobi, Hilde, and Jarl K. Kampen. “Research Design: The Methodology for Interdisciplinary Research Framework.” Quality and Quantity 52, no. 3 (May 1, 2018): 1209–25. https://doi.org/10.1007/s11135-017-0513-8.
Valunaite Oleskeviciene, Giedre, and Jolita Sliogeriene. “Research Methodology.” In Numanities - Arts and Humanities in Progress, 13:39–52. Springer Science+Business Media B.V., 2020. https://doi.org/10.1007/978-3-030-37727-4_2.
Wahidin Ashari, Nur, and Salwah Salwah. “Pengaruh Risiliensi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa.” Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika 5, no. 1 (May 28, 2020): 1–8. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i1.267.