Ekologi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Alam Banyuwangi Islamic School

  • Mohamad Maulidin Alif Utama STAI ASY-SYUKRIYYAH
  • Destiani Rahmawati STAI Asy-Syukriyyah Tangerang-Banten
  • Muhammad Niamullah SMAN 1 Arjasa Jember
  • Siti Nurlaeli Jamil STAI Asy-Syukriyyah Tangerang-Banten
Keywords: ekologi media pembelajaran, PAI dan Budi Pekerti, sustainability

Abstract

Krisis ekologi diyakini turut andil dalam hancurnya kelangsungan hidup manusia, yaitu suatu kondisi dimana sistem ekologi terganggu atau bahkan tidak seimbang. Melalui dunia pendidikan yang menumbuhkan karakter ekologis diharapkan dapat menjadi solusi atas fenomena tersebut. Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan media ekologis pembelajaran di SMP Alam Banyuwangi Islamic School pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif. Adapun hasil penelitian ini adalah penggunaan media ekologis pembelajaran di SMP Alam Banyuwangi Islamic School yaitu media grafis, media teks, teknologi, media lingkungan, dan media manusia. Interaksi ekologis peserta didik dengan media pembelajaran di SMP Alam Banyuwangi Islamic School yaitu interaksi yang berfungsi untuk menarik perhatian (atensi), interaksi yang berfungsi untuk merubah sikap (afektif), interaksi yang berfungsi untuk merubah pengetahuan (kognitif), interaksi yang berfungsi untuk kompensatoris, dan interaksi yang berfungsi untuk sustainability.

References

Abdullah, Ramli. ‘Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran’. Lantanida Journal 4, no. 1 (15 September 2017): 35–49. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866.
Arsyad, Azar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press, 2010.
Asmuni, Asmuni. ‘Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Di SMA Negeri 1 Selong’. Jurnal Paedagogy 7, no. 3 (13 August 2020): 175–85. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2743.
Daradjat, Zakiah. Peranan Agama Dalam Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung, 1973.
Daulay, Haidar Putra. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2004.
Fadillah, Ahmad, Westi Bilda, Hairul Saleh, and Yenni Yenni. ‘Design of Interactive Learning Media in The Covid-19 Pandemic Time Using Ispring’. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika 5, no. 1 (28 January 2021): 1–10. https://doi.org/10.31000/prima.v5i1.3260.
Fua, Jumarddin La. ‘Aktualisasi Pendidikan Islam dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup Menuju Kesalehan Ekologis’. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 7, no. 1 (1 January 2014): 19–36. https://doi.org/10.31332/atdb.v7i1.241.
Ghazali, Bachtiar. Lingkungan Hidup Dalam Pemahaman Islam. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1996.
Ihsan, Fuad. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Jatmiko, Agus. ‘Pendidikan Berwawasan Ekologi Realisasi Nilai-Nilai Ekologis Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam’. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (2016): 45–62. https://doi.org/10.24042/atjpi.v7i1.1493.
JDIH BPK RI. ‘UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional’. Accessed 20 July 2021. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003.
Majid, Abdul, and Dian Andayani. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep Dan Implementasi Kurikulum 2004). Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.
McLuhan, Marshall, and Lewis H. Lapham. Understanding Media The Extension of Man. New York: The MIT Press, 1994.
Muhaimin. Rekonstruksi Pendidikan Islam: Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen, Kelembagaan, Kurikulum Hingga Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pres, 2009.
Mulyasa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi : Konsep, Karaktristik Dan Implementasinya. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Muzadi, Ahsan, and Siti Mutholingah. ‘Integrasi Pendidikan Berwawasan Lingkungan Hidup (Green School) Melalui Pembelajaran PAI di Sekolah’. Ta`Limuna: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (30 September 2019): 53–71. https://doi.org/10.32478/talimuna.v8i2.292.
Nasution, S. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Nurhadi. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2002.
Purnama, Dian. Cermat Memilih Sekolah Menengah Yang Tepat. Jakarta: Gagas Media, 2010.
Purwani, Annisa, Lara Fridani, and Fahrurrozi Fahrurrozi. ‘Pengembangan Media Grafis untuk Meningkatkan Siaga Bencana Banjir’. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 1 (8 January 2019): 55–67. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.142.
Raharja, Setya. ‘Pendidikan Berwawasan Ekologi : Pemberdayaan Lingkungan Sekitar Untuk Pembelajaran’. Experiment/Research. UNY, 20 June 2012. https://eprints.uny.ac.id/137/.
Rivai, Ahmad. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru, 1997.
Rohdi, Tjejep Rohindi. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook, Third Edition (Terjemahan). Yogyakarta: UII Press, 2014.
Shalikhah, Norma Dewi. ‘Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran’. Warta LPM 20, no. 1 (13 June 2017): 9–16. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842.
Solichin, Mohammad Muchlis. ‘Pendidikan Agama Islam Bewawasan Spiritualitas Ekologi: Telaah Materi dan Model Pembelajaran’. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam 17, no. 2 (30 November 2017): 471–94. https://doi.org/10.21154/altahrir.v17i2.1057.
Suryadi, Rudi Ahmad. Kenali Dirimu: Upaya Memahami Manusia Dalam Al-Qur’an. Yogyakarta: Depublish, 2015.
Sutomo, Ayoe. Sekolah Untuk Anakku. Jakarta: Alex Media Komputido, 2018.
Wahidin, Unang. ‘Implementasi Literasi Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti’. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 02 (6 September 2018): 229–44. https://doi.org/10.30868/ei.v7i2.284.
Wahyuliani, Yuli, Udin Supriadi, and Saepul Anwar. ‘Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flip Book Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 4 Bandung’. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education 3, no. 1 (5 May 2016): 22–36. https://doi.org/10.17509/t.v3i1.3457.
West, Richard, and Lynn H. Turner. Introducing Communication Theory Analysis And Application, Fourth Edition. New York: Avenue of The Americas, 2010.
Widhiarso, Wahyu, and M. Noor Rochman Hadjam. ‘Aplikasi Analisis Kelas Laten Untuk Mendeteksi Karakteristik Unik Pada Konstruk Efikasi Guru Dalam Mengajar’. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 20, no. 2 (21 November 2016): 244–54. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7698.
Yayasan Penyelenggara Penerjemah Al-Qur’an. Al-Qur’an Terjemah Tiga Bahasa. Depok: Al-Huda Kelompok Gema Insani, 2009.
Published
2021-07-20
How to Cite
Utama, M. M., Rahmawati, D., Niamullah, M., & Jamil, S. (2021). Ekologi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Alam Banyuwangi Islamic School. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 3(2), 173-195. https://doi.org/10.21093/sajie.v3i2.3516