Efektivitas Metode Diskusi Berdasarkan Kepribadian Pada Masa Pandemi
Abstract
Masa Pandemi Covid 19 berefek pada seluruh lini kehidupan, tidak terkecuali pendidikan. Hal ini menyebabkan proses pembelajaran hampir di seluruh sekolah menggunakan metode diskusi berbasis online. Penggunaan media pembelajaran atau aplikasi tatap muka, terkadang tidak memberikan hasil yang memuaskan terhadap siswa, dikarenakan kurangnya penyesuaian sistem pembelajaran terhadap siswa. Selain itu, siswa memiliki tipe kepribadian yang berbeda yang menyebabkan gaya belajar siswa menjadi lebih beragam. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif yang lokasi penelitiannya berada di SMK Ketopong, Tenggarong dengan total partisipan berjumlah 64 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tipe kepribadian siswa dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan efektivitas metode diskusi secara daring pada tiap-tiap kepribadian siswa untuk pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis komparatif dua sampel independen (tak berkolerasi) atau uji beda (uji t – dua sampel). Hasil yang diperoleh berdasarkan pengujian ialah tidak adanya perbedaan efektivitas metode diskusi secara daring pada pembelajaran PAI berdasarkan tipe kepribadian siswa. Hasil analisis komparatif dua sampel independen (tak berkolerasi) atau uji beda (uji t – dua sampel), yang dibantu dengan IBM SPSS Statistic 22.0 For Windows, menunjukkan bahwa thitung sebesar -0,156. Jika dibandingkan dengan ttabel dengan perbandingan -ttabel ttabel dan besar ttabel sebesar 1,99 maka dapat diperhitungan yaitu -1,199 . Berdasarkan perbandingan dan perhitungan tersebut maka H0 diterima, yaitu tidak ada perbedaan efektivitas metode diskusi secara daring pada pembelajaran PAI jika berdasarkan tipe kepribadian.
References
Agustina, Merry, Fatoni, and Mutia Mawardah, ‘Software Tes Kepribadian Eysenck’, Prosiding SNaPP2017 Sains Dan Teknologi, 1 (2017), 156–62
Alwisol, Psikologi Kepribadian (Malang: UMM Press, 2011)
Anugrah, Muhammad Alkadri, Program Pendidikan, Sarjana Kedokteran, Fakultas Kedokteran, and Universitas Trisakti, ‘Hubungan Tipe Kepribadian Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Sma X’, 2018
Budiyono, Sri, Dwi Harta, Agus Yuliantoro, Universitas Widya, Dharma Klaten, and Jawa Tengah, ‘The Application of Discussion Method for Improving the Students ’ Logical Thinking Skills’, 5.1 (2021), 56–66
Chomaria, Nurul, The Series of Personality Test: Who Am I. Gali Potensi Tuk Raih Prestasi. (Jakarta: Elex Media Komputindo)
Chukwurah, Linda N, Oliver I Abbah, Cylia N Iweama, John E Ogugua, and Jonathan Ameh, ‘Students’ Achievement in Physical and Health Education: Effect of Discussion Teaching Method’, Int. J. Hum. Mov. Sport. Sci, 8.3 (2020), 86–90
Haq, Taufiq Ziaul, ‘Metode Diskusi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2.2 (2019), 15
Heineman Educational Publisher, Eysenck’s Personality Inventory, 2004
Hidayat, Otib Satibi, ‘Pengaruh Model Active Learning Dan Tipe Kepribadian Terhadap Kemampuan Berbicara’, JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12.1 (2018), 130–40
Juramika, Juramika, ‘Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Metode Diskusi Oleh Guru Pai Di Sma Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya’, El-Hekam, 4.2 (2020), 129
Kemenristekdikti, Tim, ‘Buku Panduan Pengisian Survei Pembelajaran Dalam Jaringan’, Jakarta: RISTEKDIKTI, 2017
Khodabandeh, Farzaneh, ‘The Comparison of Mind Mapping ‐ Based Flipped Learning Approach on Introvert and Extrovert EFL Learners ’ Speaking Skill’, Iranian Journal of English for Academic Purposes, 10.1 (2021)
Mariyaningsih, Nining, Bukan Kelas Biasa (Surakarta: CV Kekata Group, 2018)
Munirah, ‘Persepsi Siswa Tentang Penerapan Model Pembelajaran Aktif Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Pada Mata Pelajaran Agama Islam Kelas X SMA Negeri 3 Samarinda’
Mutrofin, Nyoman Sudana Degeng, Wayan Ardhana, and Punaji Setyosari, ‘The Effect of Instructional Methods (Lecture-Discussion versus Group Discussion) and Teaching Talent on Teacher Trainees Student Learning Outcomes’, Journal of Education and Practice, 8.9 (2017), 203–9
Narjes, Aghaebrahimyia, and Mirshahjafari Ebrahim, ‘Comparison of Influence of Group Discussion Method with Lecture Method in Relationship with Peers’, Journal of Current Research in Science, 3.1 (2015), 64
Nosratinia, Mania, and Fatemeh Abbasi, ‘The Comparative Effect of Teaching Concept Mapping in Reading on Extrovert and Introvert EFL Learners’ Self-Regulation’, International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 6.5 (2017), 161
Nurhidayah, Psikologi Pendidikan (Semarang: Universitas Negeri Malang, 2017)
Panggabean, Lismaida, and Lili Andriani, ‘Perbandingan Metode Diskusi Kelompok Dan Metode Ceramah Terhadap Hasil Pembelajaran Bidang Studi Ekonomi Di SMA N 8 Kota Jambi’, SJEE: Scientific Journals of Economic Education, 4.1 (2020), 25–31
Pudjiastuti, Sri Rahayu, N Ilis, and Hesti Mustika Ati, ‘Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Pemahaman Globalisasi’, Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3.2 (2020), 133–38
Purba, Frikson Jony, ‘Penggunaan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar’, Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 8.1 (2020), 24–28
Rahmat, Abdul, ‘Efektifitas Metode Diskusi Dan Ceramah Dalam Meningkatkan Motivasi Beragama Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas IX Di SMP 03 Dan SMP 07 Kota Gorontalo’, Jurnal Dakwah, 11.1 (2010), 67–87
Salichah, Susi Mar’atun, ‘Meningkatkan Minat Serta Hasil Belajar PAI Dan BP Melalui Metode Diskusi Kelompok’, Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 6.2 (2021), 103–14
Septianawati, Desty, ‘Efektivitas Penerapan Metode Diskusi Dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Siswa Kelas VIII SMP Negeri Di Kabupaten Lampung Timur’, AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3.2 (2014)
Shehni, Maryam Cheraghi, and Tahereh Khezrab, ‘Review of Literature on Learners’ Personality in Language Learning: Focusing on Extrovert and Introvert Learners’, Theory and Practice in Language Studies, 10.11 (2020), 1478–83
Stanković, Marija, and Milica Čolović, ‘The Impact of ICT Use on Fll in Different Personality Types’, 2016, 326–31
Supriyati, Ika, ‘Penerapan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas VIII MTsN 4 Palu’, Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5.1 (2020), 104–15
Toyyibah, Ibay, Cara Belajar Gue Banget (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017)
ZIAD, M, Hasnidar Karim, and Habib Muhammad, ‘Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Daring Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Kecamatan Maro Sebo Ulu Kabupaten Batanghari’ (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2021)