Strategi Pengoptimalan Suasana Religius di Sekolah: Studi Kasus SMP Plus Melati Samarinda

  • Muchammad Eka Mahmud UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Strategi Pengoptimalan, Suasana Religius, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Pendidikan Agama Islam menghadapi berbagai tantangan dalam menciptakan iklim religius di sekolah, baik itu tantangan eksternal maupun internal. Oleh karena itu, perlu adanya solusi untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut yaitu melalui implementasi strategi pengoptimalan budaya religius di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk, strategi dan kebijakan pimpinan sekolah dalam pengoptimalan budaya religius di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Plus Melati Samarinda. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field work research) dengan desain penelitian kualitatif. Penelitian berlokasi di SMP Plus Melati Samarinda. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, model data (data display), penarikan/verifikasi kesimpulan dan dipresentasikan dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengoptimalan suasana religius di SMP Plus Melati Samarinda dengan membangun mindset seluruh civitas SMP Plus Melati Samarinda, membangun komitmen pimpinan, guru dan warga sekolah, melalui kebijakan strategis sejak awal berdirinya sekolah didesain untuk menciptakan lulusan yang berkualitas dan memiliki imtaq (perilaku religius) yang kuat, mewajibkan semua guru mata pelajaran untuk mengaitkan materi keagamaan dengan materi yang diajar, mewajibkan asrama, dan pendampingan siswa.

References

Achadah, Alif. ‘Pengembangan PAI Melalui Budaya Religius Di Sekolah’. TASYRI’: JURNAL TARBIYAH-SYARI’AH ISLAMIYAH 27, no. 1 (15 April 2020): 14–20.
Agustian, Ary Ginanjar. Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ Power: Sebuah Inner Journey Melalui Ihsan. Jakarta: ARGA, 2003.
Arif, Wilda. ‘Strategi Kepala Sekolah dalam Pembinaan Budaya Religius’. Kelola: Journal of Islamic Education Management 5, no. 1 (28 April 2020): 69–78. https://doi.org/10.24256/kelola.v5i1.1414.
Asnawi, Asnawi, Bambang Budi Wiyono, and Asep Sunandar. ‘Strategi Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Budaya Religius Di Sekolah’. JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 3, no. 2 (15 June 2020): 131–40. https://doi.org/10.17977/um027v3i22020p131.
Departemen Agama. Al Qur’an Dan Terjemahnya. Semarang: PT. Toha Karya Putra, 1987.
Ekosusilo, Madyo. Hasil Penelitian Kualitatif Sekolah Unggul Berbasis Nilai (Studi Multi Kasus Di SMA Negeri 1, SMA Regia Pacis, Dan SMA Al Islam 01 Surakarta). Sukoharjo: Univet Bantara Press, 2003.
Falah, Riza Zahriyal. ‘Membentuk Kesalehan Individual Dan Sosial Melalui Konseling Multikultural’ 7, no. 1 (2016): 163–88. https://doi.org/10.21043/kr.v7i1.1666.
Hariandi, Ahmad, Melisa Putri, Novi Audria, Rita Puspitasari, and Sari Fatul Mutmainah. ‘Peranan Pembelajaran Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius dan Nasionalisme Siswa Sekolah Dasar’. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 6, no. 2 (23 December 2019): 196–204. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i2a10.2019.
Huberman, A. Michael, and Mathtew B Miles. Qualitative Data Analysis : A Sourcebook of New Methods. Sage Publications, 2014.
KBBI. ‘KBBI Daring’, 2016. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/budaya.
Kepala Sekolah SMP Plus Samarinda. Budaya Religius di SMP Plus Samarinda, 2020.
Madrasah Aliyah Negeri 1 Sintang. ‘Hadits Web - Kumpulan Dan Referensi Belajar Hadits’, 2007. http://man1sintang.sch.id/hadist/#Shahih_Muslim.
Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam ; Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. PT Remaja Rosdakarya, 2004.
———. Rekonstruksi Pendidikan Islam: Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen, Kelembagaan, Kurikulum Hingga Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pres, 2009.
Rusman, Rusman. ‘Relevansi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Tuntutan Dunia Kerja’. TADARUS 3, no. 1 (11 November 2018). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Tadarus/article/view/2154.
Schinkel, Anders, Doret J. De Ruyter, and Aharon Aviram. ‘Education and Life’s Meaning’. Journal of Philosophy of Education 50, no. 3 (2016): 398–418. https://doi.org/10.1111/1467-9752.12146.
Tika, Pabundu. Budaya Organisasi Dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Bumi Aksara, 2012.
Tilaar, H. A. R. Pendidikan, Kebudayaan Dan Masyarakat Madani Indonesia. Remaja Rosdakarya, 2000.
Tohari, Hamim. Manajemen Budaya Religius Di SMP Negeri 01 Patikraja Banyumas. Purwokerto: IAIN Purwokerto, 2019.
Published
2021-07-31
How to Cite
Mahmud, M. (2021). Strategi Pengoptimalan Suasana Religius di Sekolah: Studi Kasus SMP Plus Melati Samarinda. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 3(2), 229-240. https://doi.org/10.21093/sajie.v3i2.3566