Inovasi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi : Studi Kasus di Institut Agama Islam Negeri Jember
Abstract
Pendidikan tinggi masih sering mendapatkan kritikan karena menerapkan pembelajaran yang terfragmentasi dari masalah kehidupan nyata. Sehingga perlu adanya pendekatan pembelajaran yang mampu menjembatani kesenjangan antara pendidikan di perguruan tinggi dengan praktik di kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang lebih luas tentang praktik inovasi pembelajaran di perguruan tinggi dengan mengidentifikasi potensi dan kelemahan, serta melakukan refleksi lebih lanjut untuk meningkatkan praktik pembelajaran di perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui teknik wawancara dan observasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles & Huberman, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan metode pembelajaran yang diterapkan yaitu blended learning, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran kooperatif dan/atau kolaboratif, penggabungan teknologi baru dan riset. Pembelajaran aktif dan inovatif berkontribusi pada pengembangan kreativitas, analisis kritis dan kemandirian dalam mencari pengetahuan yang sesuai dengan perkembangan zaman dan terus mengalami perubahan.
References
Al Zakwani, M., & Walker-Gleaves, C. (2019). The influence of Self-Organized Learning Environments (SOLEs) on EFL students in a college in Oman. Journal of Information Technologies and Lifelong Learning, 2(2), 97–106. https://doi.org/10.20533/jitll.2633.7681.2019.0015
Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. : Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Biggs, J. B., & Tang, C. S. (2011). Teaching for quality learning at university: What the student does (4th edition). McGraw-Hill, Society for Research into Higher Education & Open University Press.
Bonney, K. (2015). Case Study Teaching Method Improves Student Performance and Perceptions of Learning Gains. Journal of Microbiology & Biology Education, 16(1), 21–28. https://doi.org/10.1128/jmbe.v16i1.846
Cleveland-Innes, M., Commonwealth of Learning (COL) (Canada). (2018). Guide to Blended Learning. Commonwealth of Learning. 4710 Kingsway Suite 2500, Burnaby, BC V5H 4M2 Canada. Tel: 604-775-8200; Fax: 604-775-8210; e-mail: info@col.org; Web site: http://www.col.org.
Coman, C., Țîru, L. G., Meseșan-Schmitz, L., Stanciu, C., & Bularca, M. C. (2020). Online Teaching and Learning in Higher Education during the Coronavirus Pandemic: Students’ Perspective. Sustainability, 12(24), 10367. https://doi.org/10.3390/su122410367
Defitriani, E. (2019). Differentiated Instruction: Apa, Mengapa Dan Bagaimana Penerapannya. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 111–120. https://doi.org/10.33087/phi.v2i2.38
Erturk, E. (2015, October 1). Role Play as a Teaching Strategy. National Tertiary Learning and Teaching Conference, Tauranga. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.4287.9449
European Commission. (2017). Communication From The Commission To The European Parlianment, The Council, The European Economic and Social C0mmittee And The Comittee Of The Regions, On a Renewed EU agenda for Higher Education. Brussels. https://eur-lex.europa.eu/legal-content/EN/TXT/PDF/?uri=CELEX:52017DC0247&from=EN
Farida, R., Alba, A., Kurniawan, R., & Zainuddin, Z. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Taksonomi Bloom Pada Mata Kuliah Sistem Politik Indonesia. Kwangsan, 7(2), 104–122. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p104--122
Gultom, E. M., & Syahputra, E. (2017). The Difference of Students’ Ability on Mathematics Communication Through Numbered Heads Together Combined with Inductive Deductive Approach and Expository Method. Proceedings of the 2nd Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2017), 326–329. https://doi.org/10.2991/aisteel-17.2017.69
Hiryanto, H. (2017). Pedagogi, Andragogi Dan Heutagogi Serta Implikasinya Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Dinamika Pendidikan, 22(1), 65–71.
Kamsina, K. (2020). Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Implementasi Pembelajaran Ilmu Teknologi Dan Masyarakat. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 9(2), 67–79. https://doi.org/10.24235/edueksos.v9i2.7103
Knowles, M. S. (1980). The Modern Practice of Adult Education: From Pedagogy to Andragogy. The Adult Education Company.
Liantoni, F., Arief, R., Rozi, N. F., & Sodik, A. (2019). Peningkatan Proses Pembelajaran Melalui Pelatihan Kuliah Online bagi Dosen. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 105–110. https://doi.org/10.30653/002.201941.65
Liriwati, F. Y. (2019). Peran Perguruan Tinggi Di Era Revolusi Industri 4.0. 280–288.
Mallipa, I. (2018). The Implementation of Group Works on English Education Students at the University of Papua: The Perceptions and Problems. Linguistic, English Education and Art (LEEA) Journal, 1(2), 193–204. https://doi.org/10.31539/leea.v1i2.182
Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342
Masykur, R. (2019). Teori Dan Telaah Pengembangan Kurikulum. AURA Publisher.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2013). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.
Mintasih, D. (2018). Mengembangkan Literasi Informasi Melalui Belajar Berbasis Kehidupan Terintegrasi PBL untuk Menyiapkan Calon Pendidik dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 6(2), 271–290. https://doi.org/10.21043/elementary.v6i2.4390
Muamanah, H., & Suyadi. (2020). Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 161–180. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1329
Muhmin, A. H. (2018). Pentingnya Pengembangan Soft Skills Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Forum Ilmiah, 15(1), 330–338.
Multri Dewi, S. G., & Gunawan, H. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Kelompok Kecil Menggunakan Media Flash Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smk Muhammadiyah 2 Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 3(2), 202–214. https://doi.org/10.31851/neraca.v3i2.3948
Nóvoa, A., & Amante, L. (2015). Em busca da Liberdade. A pedagogia universitária do nosso tempo. In Search of Freedom. The university pedagogy of our time. Redu -Revista de Docencia Universitaria, Vol. 13, 21–34.
Nurhidayati, E. (2017). Pedagogi Konstruktivisme dalam Praksis Pendidikan Indonesia. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.30653/001.201711.2
Republik Indonesia. (2012). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. JDIH BPK RI. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/39063/uu-no-12-tahun-2012.
Riswari, L. A., Yanto, H., & Sunarso, A. (2018). The Effect of Problem Based Learning by using Demonstration Method on The Ability of Problem Solving. Journal of Primary Education, 7(3), 356–362. https://doi.org/10.15294/jpe.v7i3.24519
Robson, S., Wall, K., & Lofthouse, R. (2013). Raising the Profile of Innovative Teaching in Higher Education? Reflections on the EquATE Project. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 25(1), 92–102.
Romero, M. del C., Buzón-García, O., & Touron, J. (2019). The flipped learning model in online based education for secondary teachers. Journal of Technology and Science Education, 9(2), 109–121. https://doi.org/10.3926/jotse.435
Rusdiana, H. A. (2014). Konsep Inovasi Pendidikan. CV. Pustaka Setia.
Saparwadi, L. (2016). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Program Linear: Studi Kasus pada Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal TATSQIF: Jrnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan, 14(1), 33–48. https://doi.org/10.20414/jtq.v14i1.20
Shareefa, M., Hj, R., Zin, A., Zaiham, N., Abdullah, M., University, R., Daarussalam, B., & Darussalam, B. (2019). Differentiated Instruction: Definition and Challenging Factors Perceived by Teachers. 388, 322–327.
Sulistyoningsih, M. (2020). Promoting Active Learning for Increasing Students’ Understanding of the Teaching Materials: A Report on Teaching Experience in Computer Science. Indonesian Journal of Information Systems, 3(1), 64–74. https://doi.org/10.24002/ijis.v3i1.3603
Sumule, L. (2018). Implementing Andragogy In Indonesian Theological Schools. Jurnal Jaffray, 16(1), 77. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i1.281
Taufiq, A. (2018). Paradigma Baru Pendidikan Tinggi dan Makna Kuliah Bagi Mahasiswa. MADANI Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, 10(1), 34–52. https://doi.org/10.52166/madani.v10i1.938
Teixeira, S. J., Veiga, P. M., & Fernandes, C. A. (2019). The knowledge transfer and cooperation between universities and enterprises. Knowledge Management Research & Practice, 17(4), 449–460. https://doi.org/10.1080/14778238.2018.1561166
Tomlinson, C. A. (2014). The differentiated classroom: Responding to the needs of all learners (2nd edition). ASCD.
Ünal, E. (2020). Exploring the Effect of Collaborative Learning on Teacher Candidates’ Intentions to Use Web 2.0 Technologies. International Journal of Contemporary Educational Research, 7(2), 1–14. https://doi.org/10.33200/ijcer.736876
Usman, Herawaty, H., Ramli, N., & Laksana, W. S. (2019). Cooperative Learnings dan Komunikasi Interpersonal. DIRAH.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 Universitas Kanjuruhan Malang 1, 263-278.