أهداف تعليم اللغة العربية المستخدمة في المدرسة الإبتدائية الإسلامية الحكومية الأولى سمارندا

  • Syarifaturrahmatullah Syarifaturrahmatullah IAIN Samarinda
  • Farida Farida IAIN Samarinda
Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Buku Acuan Guru, Standar Kompetensi

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar penambahan pemahaman pembaca tentang tujuan pembelajaran Bahasa Arab dan penambahan pengetahuan tentang Taksonomi Bloom, dengan narasumber utama salah satu guru di MIN 1 Samarinda, penelitian ini diharapkan dapat menjadi refrensi dalam kegiatan belajar mengajar dan menambah wawasan terkait tujuan pembelajaran dan Taksonomi Bloom. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tujuan pembelajaran Bahasa Arab yang digunakan guru bahasa Arab di MIN 1 Samarinda dan untuk mengetahui evaluasi tingkatan Taksonomi Bloom yang digunakan oleh guru pada tujuan pembelajarannya.  Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode penelitian deskriptif evaluatif. Dengan sumber utama penelitian oleh guru mata pelajaran Bahasa Arab di MIN 1 Samarinda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, dokumentasi dan keabsahan data dengan triangulasi.  Hasil dari penelitian ini adalah guru menerapkan tujuan pembelajaran Bahasa Arab sesuai dengan buku acuan guru. Termasuk didalamnya standar kompetensi, yang dispesifikan lagi menjadi kompetensi dasar dan indikator persubbab keterampilan bahasa Arab. Digolongkan menjadi tiga ranah taksonomi Bloom, tujuan pembelajaran yang digunakan guru di MIN 1 Samarinda pada aspek sikap yang terdiri dari lima tingkatan kemampuan mengembangkan emosi pada taksonomi Bloom, siswa diharapkan mampu mencapai hingga tingkat ketiga (Menghargai), pada aspek pengetahuan dalam taksonomi Bloom terbagi menjadi enam tingkatan, siswa diharapkan mampu mencapai pada tingkat ketiga (Mengaplikasikan), dan pada aspek keterampilan terdiri dari lima tingkatan kemampuan dalam teori taksonomi Bloom, tujuan yang diterapkan oleh guru siswa diharapkan mampu mencapai hingga tingkat kedua (Memanipulasi).  Sedangkan menurut tingkatan kompetensi kurikulum 2013 yang terbagi menjadi enam tingkatan kemampuan, tujuan pembelajaran yang dilaksanakan di MIN 1 Samarinda pada mata pelajaran Bahasa Arab masuk pada tingkat kedua (jenjang kelas 4 MI) dan tingkat tiga (jenjang kelas 5 MI) dan didalamnya sudah mencakup tiga aspek pencapaian kemampuan. Penyebutan aspek pencapaian tujuan pada Kurikulum 2013 berbeda dengan Taksonomi Bloom, pada kurikulum 2013 dinamakan aspek sikap (spiritual dan sosial), aspek pengetahuan dan aspek keterampilan, sedangkan pada Taksonomi Bloom disebutnya dengan ranah afektif, ranah kognitif dan ranah psikomotorik.

References

Daryanto, et.al. 2013. Siap Menyongsong Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. 2015. Penguatan Pemahaman Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan.
Ayub, I Putu dan Darmawan Edy Sujoko. Revisi Taksonomi Pembelajaran S. Bloom, Research Gate.
Sujana, I Wayan Cong. 2019. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar Adi Widya, Vol. IV.
Pratiwi, Nurochmah. Peran Taksonomi Bloom dalam Pendidikan.
Sukardi. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Zulhannan. 2015. Teknik Pembelajaran bahasa Arab Interaktif, Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Published
2019-06-30
How to Cite
Syarifaturrahmatullah, S., & Farida, F. (2019). أهداف تعليم اللغة العربية المستخدمة في المدرسة الإبتدائية الإسلامية الحكومية الأولى سمارندا. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 1(2), 209-218. https://doi.org/10.21093/sajie.v1i2.3810