Inovasi Kelembagaan Madrasah Berbasis Karakteristik Madrasah Model

  • Riswadi Riswadi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Triyo Supriyatno UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Nur Ali UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: inovasi kelembagaan, madrasah model, center for excellence

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anggapan umum bahwa madrasah merupakan kelas dua dibandingkan dengan sekolah umum. Tujuan dari penelitian ini ingin menampilkan karakteristik “Madrasah Model”. Metode penelitian ini adalah literature review. Sumber data diperoleh dari buku-buku dan jurnal-jurnal yang ada kaitannya dengan topik yang diteliti. Temuan diperoleh melalui deduksi dan wacana kritis, bukan melalui pengolahan data primer. Studi ini menggunakan content analysis (analisis isi) sebagai pendekatan dalam analisis data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Model memiliki keunggulan dari aspek kurikulum, boarding school (asrama), memiliki pusat sumber belajar bersama, SDM yang profesional, muatan lokal dan ekstra kurikuler yang fleksibel dan islami. Dengan demikian penelitian ini sangat penting agar Madrasah Model menjadi Center for Excellence bagi madrasah lain untuk melakukan inovasi kelembagaan pendidikan Islam serta dapat dikembangkan pada masing-masing Kabupaten/Kota bahkan Kecamatan.

References

Creswell, J. W. (2009). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approach. SAGE Publications, Inc.
Darmadji, A. (2010). Evaluasi Program Man Model Sebagai Upaya Peningkatan Mutu. 269–286.
Dasman Yanuri. (2016). Minat Masyarakat Menyekolahkan Anaknya Ke Sekolah Menengah Pertama (Smp) Dan Madrasah Tsanawiyah (Mts) Di Kecamatan Semidang Gumay Kabupaten Kaur. Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 1(2).
Depdikbud. (2003). Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Perpusnas RI.
Ditjen Pendis Kemenag. (2020). Madrasah Reform. https://madrasahreform.kemenag.go.id/
Ditjen Pendis Kemenag. (2021). Ini Pemenang Madrasah Award dan Adiktis 2021 Kemenag. Gatra.com. https://www.gatra.com/detail/news/531244/info-kementrian/ini-pemenang-madrasah-award-dan-adiktis-2021-kemenag
Fauzi, A. (2020). Strategi pengembangan madrasah model. Menatap Wajah Pendidikan Indonesia di Era …. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=sjYiEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA109&dq=madrasah+model+madrasah+model&ots=DXtd6qQI47&sig=X-csWc3M__4Sr2jVdPlAkN1hR3A
Hargrave, T. J. (2006). A collective action model of institutional innovation. Academy of Management Review, 31(4), 864–888. https://doi.org/10.5465/AMR.2006.22527458
Hasanah, R. U. (2018). Model Pengembangan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. California Digital Library (CDL). https://doi.org/10.31219/osf.io/xzktf
Hasri, H. (2018). Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. In Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Vol. 2, Nomor 1, hal. 69–84). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.103
Hayati, N. R. (1981). Kiprah Ormas Islam di Bidang Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Ilyasin, M. (2019). Inovasi Manajemen Pendidikan di Madrasah Tsanawiyan Negeri Model Samarinda. In FENOMENA (Vol. 11, Nomor 2, hal. 91–106). IAIN Samarinda. https://doi.org/10.21093/fj.v11i1.1917
Karel A Steenbrink. (1986). Pesantren Madrasah Sekolah Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. Bumi Aksara.
Kemenag. (2019). Struktur Kurikulum MI, MTs dan MA. https://kamimadrasah.blogspot.com/2019/08/struktur-kurikulum-mi-mts-dan-ma-sesuai-kma-184-2019.html
Langgulung, H. (1988). Pendidikan Islam mengahdapi Abad ke-21. Pustaka Al-Husna.
M. Habib Husnial Pardi. (2005). Sejarah Sosial Pendidikan Islam (M. dan F. Prof. Dr. Suwito (ed.)). Raja Grapindo Persada.
Machmudi, Yon. (2013). Sejarah dan Profil Ormas-Ormas Islam di Indonesia. PTTI Universitas Indonesia
Makasihu, D. D., Luneto, B., & Otaya, L. G. (2021). Inovasi-Inovasi Terhadap Pendidikan Agama Islam. al-Bahtsu, 6(1), 10–15.
Muhaimin. (2012). Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Raja Grapindo Persada.
Mukaffa, Z.-. (2017). Pengembangan Model Madrasah Inklusif (Studi atas Kesiapan dan Model Pengembangan Kurikulum Madrasah Inklusif MI AL-Hidayah Margorejo Surabaya). In Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam (Vol. 12, Nomor 1, hal. 1). State Islamic College of Kudus. https://doi.org/10.21043/edukasia.v12i1.2051
Musfah, J. (2017). Peran Madrasah Negeri Model. In repository.uinjkt.ac.id. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/32569/1/Peran Madrasah Negeri Model.pdf
Mustaqim, M. (2016). Sekolah/Madrasah Berkualitas dan Berkarakter. In Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 6, Nomor 1, hal. 137–154). UIN Walisongo Semarang. https://doi.org/10.21580/nw.2012.6.1.461
Musyaropah, I. (2007). Pengembangan Pusat Sumber Belajar Bersama (PSBB) di Madrasah Aliyah Negeri Cipasung Singaparna Tasikmalaya [UIN Sunan Gunung Djati Bandung]. http://digilib.uinsgd.ac.id/1268/
Naif, N. (2016). Urgensi Inovasi Pendidikan Islam: Menyatukan Dikotomi Pendidikan. In Kordinat: Jurnal Komunikasi antar Perguruan Tinggi Agama Islam (Vol. 15, Nomor 1, hal. 1–16). LP2M Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. https://doi.org/10.15408/kordinat.v15i1.6304
Nata, A. (2005). Filsafat Pendidikan Islam. Gaya Media Pratama.
Nugroho, Aris Dwi. (2012). Model Baru Lembaga Pendidikan Islam: Sebuah Kajian Komparatif. 3.
Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indobesia. (2017). Indonesia Educational Statistics In Breaf 2016/2017.
Rahman, A., Zulkifli, Z., & Juanda, J. (2020). Model Inovasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. In Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan (Vol. 4, Nomor 2, hal. 179). LPPM IKIP PGRI Pontianak. https://doi.org/10.31571/pkn.v4i2.2146
Rahman, K. (2014). Pengembangan Kurikulum Terintegrasi DI Sekolah/Madrasah. In J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Vol. 1, Nomor 1). Maulana Malik Ibrahim State Islamic University. https://doi.org/10.18860/jpai.v1i1.3358
Ramayulis. (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia.
Riswadi, R. (2020). Kompetensi Profesional Guru Rumpun Mata Pelajaran PAI di Madrasah Ibtidaiyah (MIN) II Model Samarinda. In SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education) (Vol. 8, Nomor 1, hal. 35–61). IAIN Samarinda. https://doi.org/10.21093/sy.v8i1.2447
Saleh, K. (2013). Penciptaan Suasana Religius Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Samarinda. FENOMENA. https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/fenomena/article/view/226
Sumardi, M., & Dzuhayatin, S. R. (2004). Penyelenggaraan Madrasah Model Era Otonomi Pendidikan: Standar Kualitas Hasil Belajar. EDUKASI: Jurnal …. https://jurnaledukasikemenag.org/index.php/edukasi/article/view/359
Suteja, S. (2017). Madrasah Vs. Sekolah Dikotomi Institusi Pendidikan Indonesia. In Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 2, Nomor 2). IAIN Syekh Nurjati Cirebon. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v2i2.2068
Udin Syaefuddin Sa’ud. (2018). Inovasi Pendidikan (Riduwan (ed.)). Alfabeta.
Yeyen Afista, M. Y. A. B. (2020). Islamic Boarding School-Based Madrasah: Policy Efforts to Reform the Superior Education Model. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 4(2).
Yusnidar, Y. (2014). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Man Model Banda Aceh. … Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan …. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/506
Zainullah, Z., Mahfud, M., & Hairit, A. (2020). Model Kepemimpinan Transformatif dalam Menciptakan Inovasi Pengembangan Kelembagaan Pendidikan Islam. … Ilmu Pendidikan Islam. http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/kuttab/article/view/273
Zuhdi, A. (2013). Madrasah Sebagai Tipologi Lembaga Pendidikan Islam (Kajian Tentang Berbagai Model Madrasah Unggulan). In Madrasah. Maulana Malik Ibrahim State Islamic University. https://doi.org/10.18860/jt.v0i0.2230
Published
2021-12-20
How to Cite
Riswadi, R., Supriyatno, T., & Ali, N. (2021). Inovasi Kelembagaan Madrasah Berbasis Karakteristik Madrasah Model. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 4(1), 109-125. https://doi.org/10.21093/sajie.v0i0.4045