Peningkatan Keterampilan Berbahasa dan Kebahasaan

  • Husni Idris UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Dina Destari UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Dini Irawati UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Anis Komariah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Mayang Kharisma H. UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Aditya Dwi Yulianto UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • M. hasmi Zatali UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nur Amalia Putri UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Reza Rahman UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: KETERAMPILAN BERBAHASA, KEBAHASAAN

Abstract

Bahasa merupakan salah satu hal penting dalam komunikasi, baik dalam bentuk lisan ataupun tertulis, verbal ataupun non-verbal. Keterampilan setiap orang dalam menggunakan bahasanya dalam berkomunikasi juga berbeda-beda tergantung  kemampuan yang dimiliki tiap individu. Ketika seseorang mengalami kesulitan dalam berbahasa, maka ia juga akan mengalami kesulitan mentransfer atau mengirim pesan kepada lawan bicaranya. Akibatnya, komunikasi menjadi kurang optimal bahkan bisa gagal. Dalam hal ini, komunikasi tidak hanya persoalan penyampaian pesan satu arah, namun juga komunikasi dua arah dengan melibatkan konteks tertentu yang saling dipahami oleh peserta komunikasi. 

Berkaitan dengan hal tersebut, perlu menjadi perhatian kita semua dalam rangka meningkatkan keterampilan berbahasa dan kebahasaan. Tarigan (2013:1) menyatakan bahwa keterampilan berbahasa mempunyai empat komponen, yaitu 1) keterampilan menyimak (listening skills); 2) keterampilan berbicara (speaking skills); 3) keterampilan membaca (reading skills); dan 4) keterampilan menulis (writing skills).

References

Bahdin, Nur Tanjung dan Ardial. (2005). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Proposal, Skripsi, dan Tesis) Dan Mempersiapkan Diri Menjadi Penulis Artikel. Jakarta: Prenada Media
Brotowidjoyo, Mukayat D. (1985). Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Akademika Presindo.
Depdiknas Dirjen Dikdasmen Direktorat Tnaga Kependidikan.(2001). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta:2001
Haryanto. (2006). Rambu-rambu dan Kiat Menulis Artikel Ilmiah dalam Upaya Penerbitan Berkala Ilmiah Terakreditasi. Disampaikan dalam Lokakarya Penerbitan Majalah Ilmiah di Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY
Maryadi.(2001). Pengertian dan Kriteria Karya Ilmiah. Dalam Harun,dkk.(Es). Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah( hlm.13-14). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009, (2009). Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Yogyakarta
Tatang, M,Amirin. (2006). Menulis Karya Ilmiah (Artikel). Makalah Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru se- Indonesia. Yogyakarta, 2-3 November.
Soeparno.(2005). Bahasa Indonesia Untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Makalah Disampaikan Dalam Kegiatan Pelatihan Penulisan Bahan Kuliah (Buku Pegangan Kuliah). Jurusan AP FIP UNY, 16-20 Mei 2003.
Suyanto. (2001). Teknik Penulisan Artikel lmiah. Makalah disampaikan dalam Lokarkarya Penulisan Jurnal Penelitian Humaniora di Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta, 23 Oktober 2003.
Suyanto, (2007), Tantangan Profesional Guru di Era Global, Pidato Dies Natalis ke43 UNY
Suharsimi Arikunto,(2009), Penelitian tindakan Kelas, Jakarta, Bumi Akasara
Wahyu, Wibowo. (2001). Managemen Bahasa Pengorganisasian Karangan Pragmatik dalam Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa dan Praktisi Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Published
2023-05-31
How to Cite
Idris, H., Destari, D., Irawati, D., Komariah, A., H., M., Yulianto, A., Zatali, M., Putri, N., & Rahman, R. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbahasa dan Kebahasaan. SIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 49-59. https://doi.org/10.21093/simas.v1i1.7131

Most read articles by the same author(s)