Pelatihan Teknik Penulisan Karya Ilmiah (TPKI)

  • Bahrani Bahrani UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • M. Salehudin UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Sitti Hadijah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Anis Komariah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Totok Eko Suwito UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Rosiana Rosiana UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Edi Jaya Saputra UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Shinta Agustina UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Septian Rahmatullah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Wafi Ila Nihayah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Teknik Penulisan Karya Ilmiah

Abstract

Misi bangsa Indonesia antara lain menetapkan bahwa sistem dan iklim pendidikan nasional yang demokratis dan bermutu guna memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, berdisiplin dan bertanggung jawab, berteknologi dalam rangka mengembangkan kualitas manusia Indonesia.

Pengembangan profesi guru adalah kegiatan guru dalam rangka pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan ketrampilan utuk peningkatan mutu baik bagi bagi proses belajar belajar mengajar dan profesionalisme tenaga kependidikan lainnya maupun dalam rangka menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pendidikan dan kebudayaan. Adapun kegiatan pengembangan profesi yang dimaksud adalah 1). membuat karya tulis/karya ilmiah di bidang pendidikan, 2) menemukan teknologi di bidang pendidikan.3). membuat alat pelajaran/alat peraga atau alat bimbingan, 3). menciptakan karya tulis ilmiah, dan mengikuti kegiatan pengembangan kurikulum (Depdiknas, 2001: 1-2). Maka menulis karya ilmiah merupakan syarat mutlak bagi guru yang akan naik pangkat dan golongan tertentu.

References

Bahdin, Nur Tanjung dan Ardial. (2005). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Proposal, Skripsi, dan Tesis) Dan Mempersiapkan Diri Menjadi Penulis Artikel. Jakarta: Prenada Media
Brotowidjoyo, Mukayat D. (1985). Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Akademika Presindo.
Depdiknas Dirjen Dikdasmen Direktorat Tnaga Kependidikan.(2001). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta:2001
Haryanto. (2006). Rambu-rambu dan Kiat Menulis Artikel Ilmiah dalam Upaya Penerbitan Berkala Ilmiah Terakreditasi. Disampaikan dalam Lokakarya Penerbitan Majalah Ilmiah di Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY
Maryadi.(2001). Pengertian dan Kriteria Karya Ilmiah. Dalam Harun,dkk.(Es). Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah( hlm.13-14). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009, (2009). Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Yogyakarta

Tatang, M,Amirin. (2006). Menulis Karya Ilmiah (Artikel). Makalah Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru se- Indonesia. Yogyakarta, 2-3 November.
Soeparno.(2005). Bahasa Indonesia Untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Makalah Disampaikan Dalam Kegiatan Pelatihan Penulisan Bahan Kuliah (Buku Pegangan Kuliah). Jurusan AP FIP UNY, 16-20 Mei 2003.
Suyanto. (2001). Teknik Penulisan Artikel lmiah. Makalah disampaikan dalam Lokarkarya Penulisan Jurnal Penelitian Humaniora di Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta, 23 Oktober 2003.
Suyanto, (2007), Tantangan Profesional Guru di Era Global, Pidato Dies Natalis ke43 UNY
Suharsimi Arikunto,(2009), Penelitian tindakan Kelas, Jakarta, Bumi Akasara
Wahyu, Wibowo. (2001). Managemen Bahasa Pengorganisasian Karangan Pragmatik dalam Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa dan Praktisi Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Published
2023-05-31
How to Cite
Bahrani, B., Salehudin, M., Hadijah, S., Komariah, A., Suwito, T., Rosiana, R., Saputra, E., Agustina, S., Rahmatullah, S., & Nihayah, W. (2023). Pelatihan Teknik Penulisan Karya Ilmiah (TPKI). SIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 61-68. https://doi.org/10.21093/simas.v1i1.7128

Most read articles by the same author(s)