Efektivitas Pembelajaran Online Menggunakan Media Whatsapp Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah At-Tarbiyah

  • Lusiana Devi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Bahrani Bahrani UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Maulida Ulfa Hidayah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Efektivitas, Kognitif, Video

Abstract

Kemampuan siswa dalam belajar Ilmu Pengatahun Alam sejak wabah pandemi covid-19 di MI AT-Tarbiyah Loa Janan Samarinda belum maksimal dengan standar KKM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pembelajaran online menggunakan media video melalui aplikasi WhatsApp terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi IPA kelas IV MI AT-Tarbiyah Loa Janan Samarinda. Penelitian ini termasuk deksriptif kuantitatif dengan menggunakan Quasi Eksperimen. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas kelas eksperimen (IV A) dan kelas kontrol (IV B) dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan pre-test dan post-test dan dianalisis menggunakan uji t (t-test). Berdasarkan analisis data bahwa kelas yang menggunakan media video yaitu kelas eksperimen nilai rata-rata kelas sebesar 97 sedangkan nilai kelas kontrol rata-ratanya sebesar 88. Selain itu, diperoleh nilai thit (4,702) > ttabel (2,02). Hal ini dapat dinyatakan bahwa thit > ttabel sehingga Ha diterima. Hasil tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar online siswa dengan menggunakan video dan tanpa menggunakan video. Dengan demikian, pembelajaran online menggunakan video melalui aplikasi WhatsApp efektif terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi IPA kelas IV MI At-Tarbiyah Loa Janan Samarinda.

References

Agus, S. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ahmad, S. 2012. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Premadimedia Group.

Barnadib, I. 2007. Filsafat Pendidikan: Sistem & Metode. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Elina, L. 2020. Mini-Review Pembelajaran Daring Selama Pandemi COVID-19: Keuntungan dan Tantangan. Jurnal Prakarsa Paedagogia. Vol.3. No.1.

Haryanto, T. 2006. Buku Sains Untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Erlangga.

Manijo, 2013. MENGGALI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK “Perspektif R.A. Kartini”. ThufuLA. Vol. 1, Hal. 38-57.

Moh. Yamin. 2015. Teori dan Metode Pembelajaran. Malang: Madani.

Ratna, T.S. 2013. PEMBELAJARAN ELEKTRONIK (E-LEARNING) DAN INTERNET DALAM RANGKA MENGOPTIMALKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA. Jurnal Ilmiah Pend.Ekonomi. Vol.1. No.2. Hal.82-96.

Sari, R and Firman. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesia Journal of Educational Science (IJES). Vol. 2. Hal. 81-89.

Shangguan, Z., Mark, Y.W., and Wen, S. 2020. What Caused the Outbreak of COVID-19 in China: From the Perspective of Crisis Management. International Journal of Environmental Research and Public Health. 17. PP.1-16.

Sri, Handayani. 2017. Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual terhadap Keberhasilan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Sidoarjo. Skripsi S1 UIN Sunan Ampel Surabaya.

Sudiono. 2021. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Published
2022-06-28
How to Cite
Devi, L., Bahrani, B., & Hidayah, M. (2022). Efektivitas Pembelajaran Online Menggunakan Media Whatsapp Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah At-Tarbiyah. Borneo Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 173-180. Retrieved from https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjsme/article/view/4735

Most read articles by the same author(s)