Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal

  • Muhamad Agil UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Rabiatul Adawiyah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nurhikmah Nurhikmah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Suhartini Suhartini UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Lely Salmitha UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Maulida Ulfa Hidayah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nias Ay UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Ika Rahmi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Pembelajaran, Sains, Lokal

Abstract

Pembelajaran sains di sekolah sampai saat ini cenderung berpusat pada guru. Tugas guru adalah menyampaikan materi-materi dan siswa diberi tanggung jawab untuk menghapal semua pengetahuan. Pembelajaran yang berorientasi target penguasaan materi hanya berhasil dalam mengingat jangka pendek, tetapi gagal dalam memecahkan masalah di kemudian hari. Pembelajaran sains bukan hanya sekedar menguasai sekumpulan pengetahuan yang berupa fakta, konsep, prinsip atau teori saja, tetapi belajar akan lebih bermakna jika peserta didik mengalami apa yang mereka pelajari, oleh karena itu pendidik telah berjuang dengan segala cara dengan mencoba untuk membuat apa yang dipelajari siswa di sekolah agar dapat dipergunakan dalam kehidupan mereka sehari-hari (Teori Belajar Ausebel). Kesimpulan dari pembelajaran sains berbasis budaya lokal adalah bahwa mengeksplor budaya local adalah hal yang sangat menarik, sehingga siswa mampu meproses pembelajaran secara nyata dan factual, disisi lain siswa juga lebih dekat dengan lingkungan sekitar. Sehingga memudahkan siswa dalam mengimplementasikan ilmu yang di dapatkan.

References

Anwar, Mustamir, Efektifitas Pembelajaran Praktikum Materi Pokok Daur Ulang
Limbah Dalam Meningkatkan Kemampuan Entrepreneurship Peserta Didik
di MA Al Irsyat Gajah Demak, Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN
Walisongo Semarang, 2009.
Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara,
2002.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT
Asdi Mahasatya. 2006.
Badan Standar Nasional Pendidikan, Panduan Penyusun Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: BSNP, 2006.
Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan
Kebijakan Politik Serta Ilmu-Ilmu Sosial lainnya, Jakarta: Kencana, 2010.
Daldiyono, How to Be a Real and Successful Student, Buku Panduan untuk
Menjadi Sarjana yang Sadar dan Berpikir, Jakarta: PT Gramedia Pustaka
Utama, 2009.
Danim, Sudarwin, Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta, 2010.
Depertemen Negara RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: CV Penerbit JART, 2011.
Djamarah, Syaiful Bahri Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Emzir, Metodologi Penelitian Pendidikan; Kualitatif Dan Kuantitatif, Jakarta:
Raja Grafindo Persada, 2010.
Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.
Haqiqi, Ziyat Faroh, Menejemen Kewirausahaan (Studi Kasus di Pesantren
Abdurahman bin Auf Klaten), Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN
Walisongo Semarang, 2009.
Hartati, Pengaruh Pemahaman Materi Pendidikan Agama Islam Terhadap
Akhlaqul Karimah Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Mojotengah Kecamatan Kedu
Kabupaten Temanggung Tahun 2010, Salatiga: Sakolah Tinggi Agama
Islam Negeri Salatiga, 2010.
Herlina, Ida, et,al., Biologi 3 SMA dan MA Kelas XII, Jakarta: PT Remaja
Rosdakarya, 2009. Syahr, Zulfia Hanum Alfi. "Membentuk Madrasah Diniyah Sebagai Alternatif Lembaga Pendidikan Elite Muslim Bagi Masyarakat." Modeling: Jurnal Program Studi PGMI 3.1 (2016).
Tarihoran Naf’an, dkk, Pemberdayaan Madrasah Diniyah, Banten: Bid. Pendidikan Agama & Keagamaan Kanwil Kemenag Banten, 2014.
Ulfa. "Optimalisasi Pengembangan Multiple Intelligences Pada Anak Usia Dini di RA Alrosyid Kendal Dander Bojonegoro." SELING: Jurnal Program Studi PGRA 3.2 (2017).
Zayadi, Ahmad. Desain Pengembangan Madrasah, Jakarta: Dirjen Kelembagaan Pendidikan Islam Depag, 2005.
Published
2022-06-01
How to Cite
Agil, M., Adawiyah, R., Nurhikmah, N., Suhartini, S., Salmitha, L., Hidayah, M., Ay, N., & Rahmi, I. (2022). Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal. SIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.21093/simas.v1i1.5121

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>