Implementasi Kurikulum 2013 pada Masa Pandemi di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujahidin Samarinda

  • Lely Salmitha UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Marniati Kadir UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Pipit Yulia Saputri UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Implementasi Kurikulum, Kurikulum 2013, Masa Pandemi

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah diterapkannya permendikbut No 719 pelaksanaan kurikulum pada satuan pendidikan dalam kondisi khusus. Penerapan kurikulum 2013 di masa pandemi ini merupakan hal baru bagi dunia pendidikan. Pelaksanan kurikulum tersebut menimbulkan kesulitan di kalangan pendidik dalam penerapannya. Dimana dalam sistem pebelajarannya di lakukan secara dalam jaringan (daring) dengan menggunakan teknologi seperti handphone dan laptop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum 2013 di masa pandemi di MI Al-Mujahidin Samainda serta apakah hambatan implementasi kurikulum 2013 di MI Al-Mujahidin Samarinda di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis, lapangan dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa : (1). Dalam proses pembelajaran di MI Al-Mujahidin Samarinda sudah menggunakan kurikulum 2013 dalam kondisi khusus. Akan tetapi dalam proses pembelajaran menggunakan sistem daring terlaksana dengan cukup baik. Meskipun belum seperti yang diinginkan dalam penilaian akhir pada siswa hal tersebut dikarenakan masih terbatasnya pengetahuan pada teknologi. (2). Hambatan yang terjadi banyaknya siswa dalam menggikuti pembelajaran selama daring terkendala tidak adanya handphone pribadi harus berbagi dengan orang tua yang bekerja. Pengajar harus bekerja dua kali dikarenakan ketika pembelajaran siswa di tes langsung disekolah banyak siswa yang tidak bisa menjawab sehingga pengajar harus dengan sabar menjelaskan kembali materi pembelajaran.

 

References

DAFTAR PUSTAKA
Ade Suhendra. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI. Jakarta Timur: Kencana 2019.
Arif Munandar, Pengantar Kurikulum, Yogyakarta: Budi Utama, 2018.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2015.
Wahidah Idah, dkk. “Analisis Perencanaan Pemerintahan dan Masyarakat dalam Beberapa Upaya Pencegahan”, dalam Jurnal Pandemi Covid-19, Vol. NO. 3, 2020.
Zelhendri Zen, Syafril. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana, 2017.
https://www.Kemendikbud.go.id Nomer 719_P_2020.Jakarta.Hlm. 1-3. Dikases pada tanggal 22-12-2021.
Published
2021-10-07
How to Cite
Salmitha, L., Kadir, M., & Saputri, P. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 pada Masa Pandemi di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujahidin Samarinda. Borneo Journal of Primary Education, 1(3), 177-183. https://doi.org/10.21093/bjpe.v1i3.5108

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>