Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda

  • Maulida Ulfa Hidayah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Khaerul Saleh UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Sitti Noor Halijah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Abstract

Peran orang tua dalam pendidikan sangat dibutuhkan siswa untuk meningkatkan minat belajar. Perhatian orang tua merupakan faktor eksternal dari minat belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya minat belajar karena adanya faktor yang mempengaruhinya. Tanpa adanya minat belajar maka proses pembelajaran tidak dapat berlangsung secara maksimal. Untuk itu Perhatian orang tua sangat dibutuhkan seperti memenuhi kebutuhan belajar, memberikan nesihat, pengawasan dalam belajar, memberikan penghargaan dan hukuman, memperhatikan kesehatan, menciptakan suasana tenang dan tentram, dan memberikan petunjuk-petunjuk praktis. Namun hasil observasi peneliti di MIN 1 Samarinda siswa kelas IV kurang aktif saat diskusi kelompok, kurang aktif saat sesi tanya jawab, tidak mengumpulkan PR tepat waktu, sulit menjelaskan materi yang telah diajarkan. Berdasarkan observasi peneliti menduga bahwa hal tersebut karena kurangnya perhatian orang tua. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perhatian orang tua terhadap minat belajar siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas IV dengan jumlah 102 siswa  dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sample random sampling dengan jumlah sampel 50 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, selain itu menggunakan uji hipotesis.

Hasil penelitian analisis menggunakan SPSS versi 26 menunjukkan bahwa dari uji koefisiensi determinasi sebesar 0,490 yang berarti pengaruh perhatian orang tua terhadap minat belajar siswa kelas IV di MIN 1 Samarinda 49% dan 51% dikarenakan faktor lain. Hasil uji hipotesis pada product moment ialah 0,700 dan memiliki nilai interprestasi r kuat. Maka dapat dinyatakan  Ha diterima dan Hditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap variabel minat belajar.

 

Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Minat Belajar Siswa

Published
2022-11-30
How to Cite
Hidayah, M., Saleh, K., & Halijah, S. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda. Borneo Journal of Islamic Education, 2(2), 147-154. https://doi.org/10.21093/bjie.v2i2.5102

Most read articles by the same author(s)