Strategi Guru PAI dalam Menghadapi Asesmen Nasional Pengganti Ujian Nasional di SMAN 2 Samarinda

  • Rabiatul Adawiyah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Darwis Darwis UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nizar Aulia Noor UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: asesmen nasional, strategi guru, ujian nasional

Abstract

Munculnya kebijakan baru Asesmen Nasional (AN) sebagai perbaikan mutu pendidikan di Indonesia, yang dibarengi dengan kurangnya pemahaman guru PAI terkait AN. Selain permasalahan internal tersebut muncul permasalahan eksternal seperti kurangnya sosialisasi dari pemerintah terhadap guru, sehingga guru di SMAN 2 Samarinda kurang memahami terkait AN. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja strategi,apa saja faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam menghadapi AN. Penelitian ini merupakan jenis deskriptif kualitatif. Pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitiannya ialah, Waka kurikulum dan guru PAI SMAN 2 Samarinda. keabsahan datanya melalui teknik triangulasi, yaitu triangulasi metode dan sumber. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa wujud strategi guru PAI terbagi menjadi tiga, yakni AKM, survei karakter, dan survei lingkungan belajar. Pada aspek AKM, di antaranya persiapan sarana dan prasarana ujian, kepanitiaan ujian, dan peningkatan literasi dan numerasi. Pada survei karakter ialah penanaman karakter, literasi, dan kegiatan keagamaan, sedangkan pada survei lingkungan belajar ialah pelengkapan sarana dan prasarana, menyelesaikan masalah siswa sekolah, dan pemeliharaan lingkungan sekolah. Adapun faktor pendukung dalam penerapan startegi adalah saran prasarana di sekolah, adanya pelatihan in house training yang selalu di laksanakan sekolah. Serta penerapan karakter yang sesuai dengan asas pancasila melalui materi pembelajaran PAI. faktor penghambatnya yaitu kurang memahaminya AN, karena guru tidak terikat terhadap persiapan AN secara langsung dan pelaksanaannya dilaksanakan dari pusat kepada sekolah. 

References

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Indonesia, 2015.
Cahayani, Isah. Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Agama Islam Depatemen Pendidikan Agama Republik Indonesia, 2009.
Damaiyanti, Rizka, Hari Satrijono, Fajar Surya Hutama, Yuni Fitriyah Ningsih, and Ridho Alfarisi. ‘Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Patrang 01 Jember Pada Masa Pembelajaran Daring’. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar 8, no. 2 (2021): 75.
Dihan, Wardah; Hidayat, Marzul; Nugraha, Ugi. ‘Penerapan Metode Pq4r Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Vi Sd’. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas 7, no. 1 (2015): 88–100.
Fadillah, Amni. ‘Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Struktur Analisis Sintesis Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas I Madrasah Ibtidayah Negeri Pulau Kijang Kecamatan Reteh’. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2012.
Farida Rahim. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar Jilid I. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2007.
Hartina. ‘Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I SD Negri Romang Polong Tahun Pembelajaran 2018/2019’. Universitas Muhamaddiyah Makasar, 2018.
Kautsar Eka Wardhana. ‘Pengaruh Kematangan Anak Usia Dini Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar’. Sultan Idris Journal of Psychology and Education, no. Sultan Idris Journal of Psychology and Education, Vol. 1. No. 2, Maret 2022 (2022): 56–66. https://doi.org/10.21093/sijope.v1i2.4917.
Kautsar Wardhana, Ahmad Syafi’i, and Firnanda Putra. ‘Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Macromedia Flash Dalam Pembelajaran Matematika’. Borneo Journal of Science and Mathematics Education 1, no. 1 (23 February 2021). https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjsme/article/view/5905.
Mawarti, M.Basri. ‘Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD’. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) 3, no. 1 (14 November 2018): 451–61.
Musbikin, Imam. Pengetahuan Karakter Gemar Membaca, Integritas Dan Rasa Ingin Tahu. Jakarta: Nusamedia, 2021.
Norlaili. ‘Penggunaan Media Kartu Bergambar Dalam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Di SD Negri 010 Palaran’. Institut Agama Islam Negeri Samarinda, 2019.
Nurgiyantoro, B. Sastra Anak Pengarantaran Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: GMU Press, 2018.
Nurhidayah, Siti. ‘Implementasi Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Islam Al Azhar 39 Purwakerto Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2017/2018’. IAIN Purwokerto, 2018.
Rahmawati, Dwi. Aku Bisa Baca. Jakarta: Papas Sinar Sinanti, 2013.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Jakarta, 2012.
Sumaryanta; Edi, P; Tina, A. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Sekolah Dasar ( SD ) Kelas Tinggi. Modul PKB. Kemendikbud, 2017.
Yusuf, Munawir; Sunardi; Abdurrahman, Mulyono. Pendidikan Bagi Anak Dengan Problema Belajar. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2003.
Published
2022-02-02
How to Cite
Adawiyah, R., Darwis, D., & Noor, N. (2022). Strategi Guru PAI dalam Menghadapi Asesmen Nasional Pengganti Ujian Nasional di SMAN 2 Samarinda. Borneo Journal of Primary Education, 2(1), 1-13. https://doi.org/10.21093/bjpe.v2i1.5111