Pengaruh Pemberian Reward terhadap Kepercayaan Diri Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak

  • Widya Noviana Noor UINSI Samarinda
  • Mila Safitri UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Darwis Darwis UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Ananiah Ananiah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Percaya Diri, Reward

Abstract

Berhasil dan tidaknya belajar itu tergantung beberapa faktor. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran antara lain faktornya kejiwaan (psikis) dan mental spiritual. Pada sisi lain, ada seorang siswa yang kurang percaya pada diri sendiri, hal ini menjadi permasalahan dalam kegiatan pembelajaran. Sikap kurang percaya diri dikarenakan rasa malu, minder, sungkan, dan takut salah saat menjawab atau mengeluarkan pendapat pada pelajaran akidah akhlak. Pada pelajaran tersebut banyak yang hampir serupa maknanya sehingga membuat siswa kurang percaya diri saat menjawab pertanyaan dari guru sehingga keluarlah reward sebagai penguatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh reward terhadap kepercayaan diri. Metode pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 182 siswa di MTs Darul Ihsan Samarinda. Kemudian peneliti menentukan sampel penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 65 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini angket (kuesioner) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan korelasi product moment sebesar 0,582 dan pengaruh reward terhadap kepercayaan diri sebesar 33,9%. Disimpulkan penelitian pengaruh pemberian reward terhadap kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Darul Ihsan Samarinda berkategori cukup berpengaruh.

References

Aisyah, Nur. (2013). Pola Asuh Demokrasi, Kepercayaan Diri dan Kemandirian Mahasiswa Baru. Jurnal Psikologi Indonesia, Volume 2 Nomor 2, 114.

Amirudin, et.al. (2020). Pengaruh Metode Reward And Punishement Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di SDIT Tahfizh Qur’an Al- Jabar Karawang), Universitas Singa Perbangsa Karawang, Indonesia, Tarbawy: Indonesia Journal Of Islamic Education Vol. 7 No. 2.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003.Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2002 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dekdiknas.

Good, W.W. Charters, V. (1959). Dictionary of Education (Prepared Under The Auspices Of Phi Delta Kappa). New York Toronto London:Mc. Graw. Hill Book Compani. Inc.

Hamalik, Oemar. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamdani, Anwar. (2018). Konvergensi Redaksi. CV. Akademik Bekerjasama Dengan Litbang Pendidikan STIE AUB: Surakarta Edisi 23/ Volume V/ Januari.

Hendrianan, Heri et,al.. (2018). Hard Skill and Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: PT. Reflika Aditama.

Indra, I Made dan Ika Cahyaningrum. (2019). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish Pusblisher.

Ismail, Fajar. (2018). Statistik. Jakarta: Kencana.

Komarudin. (2017). Psikologi Olahraga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Molloy, Andrea. (2010).Coach Yourself To Success: Mimpi Tercapai, Target Terpenuhi, 8 Langkah Mudah Kesuksesan Dalam Hidup Anda. Jakarta: Raih Asa Sukses (Penebar Swadaya Grup).

Nasehuddin, Toto Syatori Nanang Ghozali. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Program Studi PGSD UMM. (2017). Pembelajaran Seni Budaya SD 1: Pembelajaran Seni Tari di Indonesia dan Mancanegara. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Rosyid, Moh. Zaiful & Aminol Rosid Abdullah. (2018). Reward & Punisment Dalam Pendidikan. Malang: CV. Nusantara Abadi.

Siregar, Syofian. (2017). Statistika Terapan Untuk Penrguruan Tinggi. Jakarta: Kencana.

Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D). Bandung: Alfabeta.

Sumargo, Bagus. (2020). Teknik Sampling. Jakarta: UNJ PRESS.

Syatori Nasehuddin, Toto, Nanang Ghozali. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Rochman, Chaerul. (2012). Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru. Bandung: Nuansa Cendekia.

Wardhono, Agus Dan Yuyun Istiana. (2018). Prosiding Seminar Nasional 2018 Jilid 1: Memaksimalkan Peran Pendidik Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini Sebagai Wujud Investasi Bangsa, Fakultas Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pgri Ronggolawe Tuban.

Wahyuni, Sri. (2013). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum Pada Mahasiswa Psikologi, Psikoborneo, Vol. 1, No. 4, 220-22
Published
2022-10-25