Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Keteladanan Nabi Yusuf a.s dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning SDN Bontang Utara

  • Hariyani Ria Haris SDN 004 Bontang Utara
  • Sindy Ria Nita UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Darwis Darwis UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Peningkatan Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Keteladanan Nabi Yusuf as, Problem based Learning

Abstract

Problem Based Learning PBL merupakan pembelajaran yang menghadapkan siswa pada masalah dunia nyata (real world) untuk memulai pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan model Problem Based Learning hasil belajar siswa menjadi meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek peneliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 004 Bontang Utara dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah dengan lembar observasi siswa serta tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cooperative Learning dengan teknik Problem Bassed Learning PBL dapat meningkatkan prestasi siswa kelas III A semester 1 di SD Negeri 004 Bontang Utara Tahun Pembelajaran 2022 -2023 pada Materi Kisah Teladan Nabi Yusuf a.s. hal ini dapat dilihat pada capaian – capaian berikut ini pada Hasil tes tertulis siswa terjadi perubahan signifikan dari hanya 46% yang tuntas pada pra siklus meningkat 76 % pada siklus I dan 96,63% pada sikls II yang berhasil tuntas. Maka dinyatakan bahwa Strategi pembelajaran Cooperative Learning dengan teknik Problem Bassed Learning PBL Materi Keteladanana Nabi Yusuf as pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III A semester 1 SD Negeri 004 Bontang Utara.

References

[1] Syifa S Mukrima, “Tinjauan Pustaka Tinjauan Pustaka,” 2017.
[2] Wahyu Baskoro, “BAB II Tinjauan Pustaka BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1. 1–64,” 2018.
[3] U. Nasution and C. Casmini, “Integrasi Pemikiran Imam Al-Ghazali & Ivan Pavlov Dalam Membentuk Prilaku Peserta Didik,” Insa. J. Pemikir. Altern. Kependidikan, vol. 25, no. 1, pp. 103–113, 2020, doi: 10.24090/insania.v25i1.3651.
[4] T. Sutiyarsi, “Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Di SMPN 181 Jakarta,” J. Pendidik. Berafiliasi Dengan Politek. Tunas Pemuda, vol. 06, no. 01, pp. 46–67, 2023.
[5] R. Selung, I. Wasliah, and E. A. Pratiwi, “TEORI BELAJAR,” Universitas Islam Riau, 2014.
[6] D. Saputri, S. Ahmad, and N. Dian Lestari, “Hubungan Motivasi Belajar Siswa dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi SMK Negeri 1 Palembang Tahun Pelajaran 2018/2019,” J. Pendidik. Ekon. UM Metro, vol. 7, no. 2, pp. 2–3, 2019.
[7] I. dkk Firdawela, “Jurnal Pgsd Indonesia,” J. PGSD Indones., vol. 14, no. 2, pp. 99–112, 2021.
[8] M. E. Robani, F. A. Rachim, A. Febriani, and E. R. F. A, “Metode Learning By Doing Dalam Mengoptilalisasi Kualitas Belajar Siswa Smp,” J. Ilm. Edukasia, vol. 1, no. 1, pp. 24–30, 2021, doi: 10.26877/jie.v1i1.7961.
[9] Y. Yanti, “Penerapan Model Pembelajaran Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Gerak Dan Gaya Kelas Viii-5 Smp Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2018/2019,” J. Guru Kita PGSD, vol. 6, no. 2, p. 230, 2022, doi: 10.24114/jgk.v6i2.42007.
[10] A. Suratman, D. Afyaman, and R. Rakhmasari, “Pembelajaran berbasis TIK terhadap hasil belajar matematika dan motivasi belajar matematika siswa,” J. Anal., vol. 5, no. 1, pp. 41–50, 2019, doi: 10.15575/ja.v5i1.4828.
[11] E. T. Wulandari and Muhiddin, “Pentingnya Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa,” Pros. Semin. Nasioal Biol. VI, no. 20, pp. 258–261, 2019.
[12] Darmawati, “Matematika Dengan Metode Tutor Sebaya pada Materi Matriks,” Alpha Euclid Edu, vol. 1, no. 2, pp. 49–58, 2020.
[13] iIa L. Puji Rahmawati, “Improvement of Student Learning Outcomes Through The Implementation Of The Problem Based Learning Model For Class IV Elementary Schoo,” in Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 2020, vol. 3, no. 3, pp. 803–811.
[14] Syam Hijratul Akbar, “The relationship between the Problem Based Learning (PBL) model with student learning outcomes,” in Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 2020, vol. 3, no. 3, pp. 2050–2055.
[15] Rachmiany, E. S. Sahabuddin, and Fatmawaty, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas Iv,” Pbl, Learn. Siswa, Pada Iii, Kelas, vol. 3, no. April, pp. 45–50, 2022.
[16] Depdiknas, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Indonesia, 2003, p. 255.
[17] I. Maula and I. Indra, “Pengembangan Bahan Ajar Desain Pembelajaran PAI Berbasis Kurikulum 2013,” J. Penelit. Pendidik., vol. 11, no. 1, pp. 1595–1603, 2019.
[18] M. Mahmudi, “Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam Tinjauan Epistemologi, Isi, Dan Materi,” TA’DIBUNA J. Pendidik. Agama Islam, vol. 2, no. 1, p. 89, 2019, doi: 10.30659/jpai.2.1.89-105.
[19] Z. Kifli, “Konsep Pendidikan Dalam Islam,” Rausyan Fikr J. Pemikir. dan Pencerahan, vol. 15, no. 2, pp. 65–71, 2019, doi: 10.31000/rf.v15i2.1805.
[20] A. Indria, “Gagasan dan Pemikiran Zakiyah Daradjat dalam Pendidikan Islam,” Ruhama Islam. Educ. J., vol. 1, no. 2, pp. 15–34, 2019.
Published
2024-01-31
How to Cite
Haris, H., Nita, S., & Darwis, D. (2024). Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Keteladanan Nabi Yusuf a.s dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning SDN Bontang Utara. Jurnal Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.21093/si-ppg.v1i2.7829