Strategi Guru Pondok Pesantren Al Husna Dalam Pembelajaran Nahwu

  • Sayid Ahmad Jihad UINSI Samarinda
  • Khairy Abusyairi
  • Muh. Anhar
Keywords: Strategi Guru-Guru, Pembelajaran Nahwu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa strategi pembelajaran nahwu dan juga faktor-faktor pendukung maupun penghambat dalam proses pembelajaran nahwu pada Pondok Pesantren Al-Husna Samarinda Sebrang. Dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan pengetahuan serta memberikan manfaat bagi yang terlibat dalam proses pembelajaran nahwu pada umumnya terkhusus bagi Pondok Pesantren Al-Husna Samarinda Sebrang sendiri sebagai lokasi dilakukannya penelitian ini. Jenis penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif, dan adapun alat pengumpul data yaitu berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara memberikan makna terhadap data yang diperoleh kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian strategi pembelajaran Nahwu yang dilakukan di pondok pesantren Al Husna Samarinda sebrang yaitu menggunakan strategi Problem Basic Learnng (PBL), Strategi menumbuhkan rasa cinta terhadap ilmu, Strategi Ekspositoris, Strategi Musyawarah, dan yang menjadi strategi utama dalam pembelajaran nahwu adalah strategi Qiyasi dan Strategi Istiqrori, dengan Setiap masing masing kelas memiliki guru yang khusus mengajar Nahwu dengan menggunakan strategi yang telah disebutkan sesuai dengan situasi dan kondisi kelas, dengan alokasi waktu pembelajaran setiap kelas yaitu 2 jam.

References

Boudelaa, Sami, and William D. Marslen-Wilson. “Morphological Structure in the Arabic Mental Lexicon: Parallels between Standard and Dialectal Arabic.” Language and Cognitive Processes 28 (2013): 1453–73. https://doi.org/10.1080/01690965.2012.719629.
Dadang Sunendar and Iskandar Wassid. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Deviana, Ade Destri, and Syarifaturrahmatullah Syarifaturrahmatullah. “Thinking-Based Learning Strategy of Ulumul Hadith for Students of Arabic Language Department of State Islamic Institute (ar).” Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya 7, no. 2 (December 22, 2019): 73–84. https://doi.org/10.23971/altarib.v7i2.1560.
Fattah, Mustamin, and Sayuri Sayuri. “Penguatan Program Pengabdian Masyarakat Melalui Kegiatan KKL Posdaya Masjid.” FENOMENA, June 1, 2019, 47–68. https://doi.org/10.21093/fj.v11i1.1380.
Martan, Martan, Khairy Abusyairi, and Syarifaturrahmatullah Syarifaturrahmatullah. “معاني حروف الجر (دراسة تحليلية عن حرف ‘من’ فى سورة الكهف).” Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 6, no. 3 (2019): 227–35. https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.3799.
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldana. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications, 2013.
Pimada, Luluk Humairo, Imam Muttaqin, and Wildana Wargadinata. “Ta’līm al-lughah al-‘Arabiyyah min Khilâl Qudroh al-Qirâah al-Qurân wa Kitâbatih Ladayy at-Tholabah bi Madrasah al-Mutawassithah fī Kalimantan as-Syarqiyy.” Taqdir: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 5, no. 2 (December 30, 2019): 1–17.
Rahman, Nur Fuadi. “Motivasi Belajar Bahasa Arab (Studi Kasus Mahasiswa PBA IAIN Palangkaraya 2017/2018).” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 10, no. 1 (June 7, 2018): 22–35. https://doi.org/10.24042/albayan.v10i01.2593.
Umrati, and Hengki Wijaya. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020.
Wekke, Ismail. “Arabic Teaching and Learning: A Model from Indonesian Muslim Minority.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 191 (June 2, 2015). https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.236.
Wijaya, Ida Suryani, and Luluk Humairo Pimada. “Ta’lim al-Imla’ Bi Al-Wasit al-Muta’addidah Li Tarqiyyah Maharah al-Kitabah Fi al-Lughah al-‘Arabiyyah.” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 11, no. 2 (December 9, 2019): 320–39. https://doi.org/10.24042/albayan.v11i2.5266.
Published
2022-12-10
How to Cite
Jihad, S., Abusyairi, K., & Anhar, M. (2022). Strategi Guru Pondok Pesantren Al Husna Dalam Pembelajaran Nahwu. Jurnal Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 119-134. https://doi.org/10.21093/sippg.v1i1.5448