HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN KOSAKATA DAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB PADA SISWA SMK MUHAMMADIYAH LOA JANAN

  • Nita Ayu Lestari UINSI Samarinda
  • Khairy Abusyairy UINSI Samarinda
  • Muh. Yamin UINSI Samarinda
Keywords: Hubungan, Keterampilan Berbicara Bahasa Arab, Penguasaan Kosakata

Abstract

penting dan sangat mempengaruhi kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan. Kualitas keterampilan berbahasa seseorang jelas bergantung pada kuantitas dan kualitas kosakata yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan mufrodat bahasa Arab siswa dengan keterampilan berbicara bahasa Arab pada kegiatan muhadatsah Siswa kelas XII SMK Muhammadiyah Loa Janan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach), yang menggunakan analisis kuantitatif dengan rumus korelasi product momen dari Pearson untuk menjawab permasalahan yang ada di dalam penelitian ini. Dengan respondennya adalah siswa kelas XII SMK Muhammadiyah Loa Janan yang berjumlah 70 orang. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa adanya hubungan korelasi dalam kategori “sangat kuat” antara penguasaan kosakata bahasa Arab dengan keterampilan berbicara bahasa Arab, dibuktikan dengan analisis uji hipotesis dengan rumus korelasi product momen, yang diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai pearson correlation sebesar 0,926 termasuk dalam kategori korelasi sangat kuat. Dan nilai rata-rata penguasaan kosakata bahasa Arab santri sebesar = 81 dan nilai rata-rata keterampilan berbicara bahasa Arab santri sebesar = 80 yang berarti penguasaan kosakata bahasa Arab dan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas XII SMK Muhammadiyah Loa Janan dalam kategori Baik

References

Boudelaa, Sami, and William D. Marslen-Wilson. “Morphological Structure in the Arabic Mental Lexicon: Parallels between Standard and Dialectal Arabic.” Language and Cognitive Processes 28 (2013): 1453–73. https://doi.org/10.1080/01690965.2012.719629.
Fattah, Mustamin, and Sayuri Sayuri. “Penguatan Program Pengabdian Masyarakat Melalui Kegiatan KKL Posdaya Masjid.” FENOMENA, June 1, 2019, 47–68. https://doi.org/10.21093/fj.v11i1.1380.
Habibie, Faizal, Moh Ainin, Muassomah, Alfa Naja Imamuna, and Nur Fuady Rahman. “Diskoneksi Antara Kurikulum Bahasa Arab Dan Implementasi Pembelajarannya Di Madrasah Aliyah Dalam Perspektif ACTFL.” Studi Arab 13, no. 1 (June 30, 2022): 49–65. https://doi.org/10.35891/sa.v13i1.3125.
Hamdi, Asep Saepul, and E. Bahruddin. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Deepublish, 2015.
Hamid, M. Abdul. Mengukur Kemampuan Bahasa Arab: Untuk Studi Islam. Malang: UIN-Maliki Press, 2013. http://repository.uin-malang.ac.id/1264/.
M.Si, Dr E. Caroline, SE. METODE KUANTITATIF. Media Sahabat Cendekia, 2019.
Pimada, Luluk Humairo, Imam Muttaqin, and Wildana Wargadinata. “Ta’līm al-lughah al-‘Arabiyyah min Khilâl Qudroh al-Qirâah al-Qurân wa Kitâbatih Ladayy at-Tholabah bi Madrasah al-Mutawassithah fī Kalimantan as-Syarqiyy.” Taqdir: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 5, no. 2 (December 30, 2019): 1–17.
Rahman, Nur Fuadi. “Motivasi Belajar Bahasa Arab (Studi Kasus Mahasiswa PBA IAIN Palangkaraya 2017/2018).” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 10, no. 1 (June 7, 2018): 22–35. https://doi.org/10.24042/albayan.v10i01.2593.
Wekke, Ismail. “Arabic Teaching and Learning: A Model from Indonesian Muslim Minority.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 191 (June 2, 2015). https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.236.
Wijaya, Ida Suryani, and Luluk Humairo Pimada. “Ta’lim al-Imla’ Bi Al-Wasit al-Muta’addidah Li Tarqiyyah Maharah al-Kitabah Fi al-Lughah al-‘Arabiyyah.” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 11, no. 2 (December 9, 2019): 320–39. https://doi.org/10.24042/albayan.v11i2.5266.
Published
2022-12-10
How to Cite
Lestari, N., Abusyairy, K., & Yamin, M. (2022). HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN KOSAKATA DAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB PADA SISWA SMK MUHAMMADIYAH LOA JANAN. Jurnal SIPPG: Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 86-99. https://doi.org/10.21093/sippg.v1i1.5450