Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Quantum Teaching Pokok Bahasan Membaca Pada Siswa Kelas I MI Ma'arif NU 01 Palaran

  • Aprida Ekawati MI Ma’ruf NU 01 Palaran
  • Eka Widia Putri UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Quantum Teaching, Aktivitas, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan metode quantum teaching dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan penelitian dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 30 siswa, dan data dikumpulkan melalui lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa antara Siklus I dan Siklus II, dengan skor rata-rata kelas meningkat dari 68,1 pada Siklus I menjadi 75 pada Siklus II. Juga terjadi peningkatan dalam jumlah siswa yang berhasil menyelesaikan tugas-tugas belajar, dengan 12 siswa (75%) menyelesaikan tugas pada Siklus I dan 14 siswa (87,5%) menyelesaikan tugas pada Siklus II. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan metode quantum teaching dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas I Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 01 Palaran.

References

Cahyaningrum, Amaliyah Dwi, A. D. Yahya, and Ardian Asyhari. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Terhadap Hasil Belajar.” Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 2, no. 3 (2019): 372–79.
Dalyono. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Darmadi. Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish, 2017. https://books.google.co.id/books?id=MfomDwAAQBAJ.
Dewi, Ratna, Emidar Emidar, and Yulianti Rasyid. “Pengaruh Discovery Learning Model Berbantuan Media Objek Langsung Terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Observasi.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 7, no. 1 (2018): 169–74.
Dr. Amin, S. P. M. S., and M. P. Linda Yurike Susan Sumendap. 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Pusat Penerbitan LPPM, 2022. https://books.google.co.id/books?id=rBtyEAAAQBAJ.
Dr. Gusnarib wahab, M. P., and S. P. M. P. Rosnawati. Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Penerbit Adab, 2021. https://books.google.co.id/books?id=o1YsEAAAQBAJ.
Dr. Siraj, S. P. M. P., and S. P. M. P. Dr. Fitri Rezeki. Profesi Pendidikan : Tinjauan Teoritik Manajemen Pengembangan Profesionalisme Guru. PT KIMHSAFI ALUNG CIPTA, 2022. https://books.google.co.id/books?id=QqF9EAAAQBAJ.
Farhurohman, Oman. “Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD/MI.” Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar 9, no. 1 (2017): 23–34.
Hasanah, Muwahidah Nur. METODE PEMBELAJARAN PAI. Sumatera Barat: CV. AZKA PUSTAKA, 2022.
Hidayat, Panji. “Alat Peraga Edukasi Dan Moving Class Dalam Pembelajaran Di SD/MI.” DIDAKTIKA 4, no. 1 (2015).
Khair, Ummul. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (BASASTRA) Di SD Dan MI.” AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar 2, no. 1 (2018): 81.
Kurniati, Sri. Metode Pembelajaran LBS Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Penerbit NEM, 2022. https://books.google.co.id/books?id=CshwEAAAQBAJ.
Lestary, Sinta. “Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Konghuan Pada Materi Pengaruh Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia Jenjang SD/MI Kelas III Tema 5 Sub Tema 3 Pemebelajaran 3.” UIN AR-RANIRY, 2020.
Nabillah, Tasya, and Agung Prasetyo Abadi. “Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa.” Prosiding Sesiomadika 2, no. 1c (2020).
Nihayah, Nur Khofifatun. “Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Dan Karakter Gemar Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Di Mi Daruttarbiyah Watta’lim Pakis Aji Jepara.” IAIN KUDUS, 2022.
Nur, Samsiyah. Pembelajaran Bahasa Indonesia: Di Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jawa Timur: CV. AE MEDIA GRAFIKA, 2016. https://books.google.co.id/books?id=JrFyDwAAQBAJ.
Pane, Aprida, and Muhammad Darwis Dasopang. “Belajar Dan Pembelajaran.” FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3, no. 2 (2017): 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.
Parnawi, A. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Deepublish, 2020. https://books.google.co.id/books?id=djX4DwAAQBAJ.
Purba, A., A. Widyastuti, A. Soesana, S. Salamun, S. Suesilowati, R. Lestari, S. Purba, D. Soputra, H. Subakti, and A. Fauzi. Strategi Pembelajaran (Suatu Pengantar). Yayasan Kita Menulis, 2022. https://books.google.co.id/books?id=pAt0EAAAQBAJ.
Salsabila, Azza, and Puspitasari Puspitasari. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Pandawa 2, no. 2 (2020): 278–88.
St. Marwiyah, A. M. K. U. B. K. Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013. Deepublish, 2018. https://books.google.co.id/books?id=V09mDwAAQBAJ.
Suprayitno, A. Menyusun PTK Era 4.0. Deepublish, 2020. https://books.google.co.id/books?id=FKrSDwAAQBAJ.
Ufi, D. T., E. O. Malelak, M. A. Prof. Dr. Sutarto Wijono, P. M. Jonathans, N. Makleat, M. A. N. Tristaningrat, K. E. Y. M. Afi, M. A. Daik, Y. M. C. Noach, and K. Lelo. Merdeka Menulis Tentang Merdeka Belajar (Bagian 1). Deepublish, 2021. https://books.google.co.id/books?id=b0VkEAAAQBAJ.
Wahyuningsih, E. S. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish, 2020. https://books.google.co.id/books?id=3Bz-DwAAQBAJ.
Wardhana, Kautsar Eka. “Pengaruh Kematangan Anak Usia Dini Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar.” Sultan Idris Journal of Psychology and Education, 2022, 56–66.
Yanuarti, Ary, and Ahmad Sobandi. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper) 1, no. 1 (2016): 11–18.
Published
2023-10-28
How to Cite
Ekawati, A., & Putri, E. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Quantum Teaching Pokok Bahasan Membaca Pada Siswa Kelas I MI Ma’arif NU 01 Palaran. Jurnal Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru, 1(2). https://doi.org/10.21093/sippg.v1i2.6300