PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD PADA MATERI BERWUDHU MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE MAKE A MATCH

  • Khonsaullabibah Maisun Nur Rifdah UINSI Samarinda
Keywords: Peningkatan Hasil Belajar PAI; Berwudhu; Cooperative Learning Type Make A Match

Abstract

Model pembelajaran Cooperative Learning Type Make a Match adalah suatu model yang menekankan kaloborasi antara siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model Type Make a Match didesain untuk memperkuat keaktifan dan keterampilan sosial siswa secara mendalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model Cooperative Learning Type Make a Match secara efektif dapat meningkatkan prestasi akademik dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, terutama pada aspek kognitif dan partisipasi akatif efektif dalam pembelajaran pada materi berwudhu. Metode penelitian tindakan kelas digunakan dalam penelitian ini dengan sampel penelitian terdiri dari 11 siswa kelas IV SDN 001 Tulin Onsoi pada tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan beberapa teknik yaitu melalui lembar observasi siswa, tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan dalam tahap pra-siklus nilai rata-rata siswa kelas IV SDN 001 Tulin Onsoi adalah 60 dan terdapat 11 siswa yang mendapat nilai ≤75 (KKM). Namun, pada siklus 1 dan siklus 2  terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 76,8 dan 83 secara berturut-turut. Peningkatan ini juga terlihat dari peningkatan ketuntasan klasikal yang meningkat menjadi 63,7% dan 81,8% pada siklus 1 dan 2, dengan jumlah siswa yang mencapai nilai 75 sebanyak 7 dan 9 siswa.

References

Abdullah, Ibnu. Fiqih Thaharah: Panduan Praktis Bersuci. Pustaka media, 2018.
Ali, Ismun. “Pembelajaran Kooperatif (Cooperativelearning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Mubtadiin 7, no. 01 (2021): 247–64.
Asmani, Jamal Ma’mur. Tips Efektif Cooperative Learning: Pembelajaran Aktif, Kreatif, Dan Tidak Membosankan. Diva Press, 2016.
Aulina, Choirun Nisak. “Penerapan Metode Whole Brain Teaching Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 1 (2018): 1–12.
Fauhah, Homroul, and Brillian Rosy. “Analisis Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 9, no. 2 (2021): 321–34.
Febriana, Rina. Kompetensi Guru. Bumi Aksara, 2021.
Hasanah, Zuriatun, and Ahmad Shofiyul Himami. “Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa.” Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan 1, no. 1 (2021): 1–13.
Hasni, Nurie, and Santi Lisnawati. “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Di Madrasah Ibtidaiyah.” Attadib: Journal of Elementary Education 3, no. 1 (2019): 58–70.
Hidayah, Maulida Ulfa, Muchammad Eka Mahmud, and Rasita Rasita. “Problematika Guru Kelas Dalam Kegiatan Keagamaan Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 02 Samarinda.” Borneo Journal of Islamic Education 1, no. 2 (2021): 287–96.
Huda, Nurul. “Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Perubahan Bentuk Energi Dan Penggunaannya Siswa Kelas IV SDN Lokpaikat 1 Kabupaten Tapin.” Universitas Negeri Malang, 2014.
Ilyasin, Mukhamad. “Transformation of Learning Management: Integrative Study of Islamic Boarding School Curriculum.” Dinamika Ilmu 20, no. 1 (2020): 13–22.
Indonesia Departemen Pendidikan Nasional. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Mengenai Guru Dan Dosen,” 2005.
Jamin, Hanifuddin. “Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru.” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 2018, 19–36.
Lisandi, Rahmad, and Ibut Priono Leksono. “Pengaruh Penggunaan Cooperative Learning, Collaborative Learning Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Di Smp Sepuluh Nopember Sidoarjo Dan Smpn 1 Buduran Sidoarjo.” Jurnal Education And Development 7, no. 2 (2019): 196–196.
Maulidawati, Maulidawati, Iryana Muhammad, Rohantizani Rohantizani, and Mursalin Mursalin. “The Implementation of Make A Match Type Cooperative Learning Model to Improve the Mathematical Connection Ability.” International Journal for Educational and Vocational Studies 2, no. 11 (2020): 952–60. https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i11.3319.
Meliana, Kokom Komalasari, and Kokom Komalasari. “Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Implementasi Model Concept Learning Tipe Make A Match Pada Matapelajaran PPKn.” Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn 6, no. 2 (2019): 217–23.
Muttaqien, Arif Rahman, Agus Suprijono, Nugroho Hari Purnomo, and Dwi Bagus Rendy AP. “The Influence of Cooperative Learning Model Types of Teams Games Tournaments on Students’ Critical Thinking Ability.” International Journal for Educational and Vocational Studies 3, no. 6 (2021): 432–37.
Oktaviana, Dwi, and Iwit Prihatin. “Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom.” Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika 8, no. 2 (2018): 81–88.
Ramadhani, M. Ihsan. “Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Pada Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 4 (2021): 2237–44.
Salsabila, Aqilla. “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn 042 Gambir.” Fkip Unpas, 2022.
Sari, Suci Perwita. “Penggunaan Metode Make a Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD.” EJoES (Educational Journal of Elementary School) 1, no. 1 (2020): 19–24.
Sari1, Raras Hafiidha, and Yulianah Prihatin. “Enhancing Students’ability In Sociolinguistics During The Covid-19 Pandemic Through Online Stad–Type Cooperative Learning Model.” Sari, No. 19 (2021).
Slavin, Robert E., Nancy A. Madden, and Amanda Datnow. “Research in, Research out: The Role of Research in the Development and Scale-up of Success for All.” In The State of Education Policy Research, 261–80. Routledge, 2020.
Susmiyati, Sri, and Zurqoni Zurqoni. “Memotret Kinerja Guru Madrasah Dalam Pembelajaran.” Southeast Asian Journal of Islamic Education 2, no. 2 (2020): 137–60. https://doi.org/10.21093/sajie.v2i2.2266.
Syahri, Andi Alim, and Nur Ahyana. “Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Menurut Teori Anderson Dan Krathwohl.” Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran 1, no. 1 (2021): 41–52.
Tan, Fiona DH, Peter R. Whipp, Marylène Gagné, and Niels Van Quaquebeke. “Students’ Perception of Teachers’ Two-Way Feedback Interactions That Impact Learning.” Social Psychology of Education 22 (2019): 169–87.
Topandra, Melchano, and Hamimah Hamimah. “Model Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4, no. 2 (2020): 1256–68.
Wardhana, Kautsar Eka. “Pengaruh Kematangan Anak Usia Dini Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar.” Sultan Idris Journal of Psychology and Education, 2022, 56–66.
Wardhana, Kautsar Eka, Ahmad Maulana Syafi’i, and Firnanda Pradana Putra. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Macromedia Flash Dalam Pembelajaran Matematika.” Borneo Journal of Science and Mathematics Education 1, no. 1 (2021): 57–67.
Wina Sanjaya, M. P. Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media, 2016. https://books.google.co.id/books?id=YMtADwAAQBAJ.
Yasyakur, Moch. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 09 (2017): 35.
Published
2023-06-08
How to Cite
Rifdah, K. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD PADA MATERI BERWUDHU MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE MAKE A MATCH. Jurnal Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru, 1(3), 55-99. https://doi.org/10.21093/sippg.v1i3.6570