PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS II DI SDN 002 BONTANG SELATAN
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan karena terdapat permasalahan rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran discovery learning dengan materi hidup bersih dan sehat. Penelitian ini dilakukan pada semester gasal, tepatnya pada periode 06-20 Desember 2022, di kelas 2 C SDN 002 Bontang Selatan tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui teknik analisis deskriptif yang meliputi dokumen hasil karya siswa, daftar nilai, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning terjadi suasana belajar yang menyenangkan sehingga aktivitas belajar dan hasil belajar siswa meningkat. Aktivitas belajar siswa pada siklus I meningkat pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
References
Alpian, Yayan, Sri Wulan Anggraeni, Unika Wiharti, dan Nizmah Maratos Soleha. “Pentingnya pendidikan bagi manusia.” Jurnal Buana Pengabdian 1, no. 1 (2019): 66–72.
Andjarwati, Tri, Endah Budiarti, Kunto Eko Susilo, Muhammad Yasin, dan Pramita Studiviany Soemadijo. Statistik Deskriptif. Zifatama Jawara, 2021.
Andriani, Rike, dan Rasto Rasto. “Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4, no. 1 (2019): 80–86.
Anugraheni, Indri. “Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar guru-guru sekolah dasar.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 4, no. 2 (2017): 205–12.
Dakhi, Agustin Sukses. “Peningkatan hasil belajar siswa.” Jurnal Education and development 8, no. 2 (2020): 468–468.
Handayani, Eka Selvi, dan Hani Subakti. “Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 1 (2021): 151–64.
Illahi, Nur. “Peranan guru profesional dalam peningkatan prestasi siswa dan mutu pendidikan di era milenial.” Jurnal Asy-Syukriyyah 21, no. 1 (2020): 1–20.
Lubis, Metha. “Peran Guru Pada Era Pendidikan 4.0.” EDUKA: Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis 4, no. 2 (2020): 0–5.
Nurjaman, Asep Rudi. Pendidikan Agama Islam. Bumi Aksara, 2020.
Pristiwanti, Desi, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, dan Ratna Sari Dewi. “Pengertian Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4, no. 6 (2022): 7911–15.
Ridha, Muhammad. “Manajemen Pembelajaran Daring Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda Pembelajaran Daring Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda,” 2021.
Riyani, Yani. “Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa (studi pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak),” 2015.
Salahuddin, Salahuddin. “Pendisiplinan Guru PAI Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMK Farmasi Samarinda,” 2022.
Simamora, Tohol, Edi Harapan, dan Nila Kesumawati. “Faktor-Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) 5, no. 2 (2020): 191–205.
Sinaga, Samuel Juliardi, Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi, Rizki Ananda, dan Zuhar Ricky. “Model Pembelajaran Matematik Berbasis Discovery Learning dan Direct Instruction,” 2022.
Subandriyo, Budi, S. ST, dan M. Stat. “Analisis kolerasi dan regresi.” Badan Pusat Statistik, 2020.
Syafi’i, Ahmad, Tri Marfiyanto, dan Siti Kholidatur Rodiyah. “Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2, no. 2 (2018): 115–23.
Thaib, Eva Nauli. “Hubungan Antara prestasi belajar dengan kecerdasan emosional.” JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran 13, no. 2 (2013).
Yadika, Adilla Dwi Nur, Khairun Nisa Berawi, dan Syahrul Hamidi Nasution. “Pengaruh stunting terhadap perkembangan kognitif dan prestasi belajar.” Jurnal Majority 8, no. 2 (2019): 273–82.