Peningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Metode PBL di Madrasah Ibtidaiyyah Subulussalam Barong Tongkok
Abstract
Problem Based Learning adalah pembelajaran yang berfokus pada siswa untuk melakukan investigasi mendalam terhadap suatu topik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas model Kurt Lewin yang terdiri dari tiga siklus dengan masing-masing siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa di kelas V MI Subulussalam menggunakan metode Problem Based Learning dengan memanfaatkan lingkungan alam sekitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam dua siklus, terjadi peningkatan hasil observasi aktivitas siswa. Sementara itu, hasil observasi aktivitas guru juga meningkat pada siklus I dan II. Evaluasi belajar siswa juga menunjukkan peningkatan persentase nilai rata-rata. pada tahun pembelajaran 2022/2023.
References
Adhimah, Syifaul. “Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini (studi kasus di desa karangbong rt. 06 rw. 02 Gedangan-Sidoarjo).” Jurnal Pendidikan Anak 9, no. 1 (2020): 57–62.
Agusta, Ivanovich. “Teknik pengumpulan dan analisis data kualitatif.” Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor 27, no. 10 (2003).
Andriani, Rike, dan Rasto Rasto. “Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4, no. 1 (2019): 80–86.
Anggraeni, Poppy, dan Aulia Akbar. “Kesesuaian rencana pelaksanaan pembelajaran dan proses pembelajaran.” Jurnal Pesona Dasar 6, no. 2 (2018).
Dewi, Putri Sukma, dan Hendy Windya Septa. “Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa dengan pembelajaran berbasis masalah.” Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika 1, no. 1 (2019): 31–39.
Fathurrohman, Muhammad. “Model-model pembelajaran.” Jogjakarta: Ar-ruzz media, 2015.
———. “Model-model pembelajaran.” Jogjakarta: Ar-ruzz media, 2015.
Fatimatuzahroh, Fitri, Lilis Nurteti, dan S. Koswara. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Lectures Vary.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL] 7, no. 1 (2019): 35–50.
Hanafy, Muh Sain. “Konsep belajar dan pembelajaran.” Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 17, no. 1 (2014): 66–79.
———. “Konsep belajar dan pembelajaran.” Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 17, no. 1 (2014): 66–79.
Harahap, Nursapia. “Penelitian kualitatif,” 2020.
Hariyadi, Ahmad, dan Agus Darmuki. “Prestasi dan motivasi belajar dengan konsep diri.” Prosiding Seminar Nasional, no. 0291 (2019): 280–86.
Khonsaullabibah Rifdah, Muhammad Zaini, dan Kautsar Wardhana. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas V MI Materi Operasi Bilangan Pecahan Model PBL.” Jurnal SIPPG: Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru 1, no. 2 (5 April 2023). https://journal.uinsi.ac.id/index.php/SIPPG/article/view/6282.
Nurlaila, Siti, dan Muthia Umi Setyoningrum. “UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKn MATERI NILAI-NILAI DALAM PANCASILA MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MI AL JIHAD SAMBOJA.” Jurnal SIPPG: Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru 1, no. 1 (2023): 1–28.
Ramadhani, Sulistyani Puteri. “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS IV SDN MANGGARAI 09 PAGI JAKARTA SELATAN.” Inspiratif Pendidikan 9, no. 2 (16 September 2020): 73. https://doi.org/10.24252/ip.v9i2.15655.
Rijali, Ahmad. “Analisis data kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17, no. 33 (2019): 81–95.
———. “Analisis data kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17, no. 33 (2019): 81–95.
Saputra, Aidil. “Pengaruh Keterampilan Guru Menggunakan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam.” AT-TA’DIB: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 2019, 156–68.
Saputra, Hardika. “Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning).” Jurnal Pendidikan Inovatif 5, no. 3 (2021).
———. “Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning).” Jurnal Pendidikan Inovatif 5, no. 3 (2021).
Setiawan, M. Andi. Belajar dan pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia, 2017.
Siagian, Roida Eva Flora. “Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 2, no. 2 (2015).
Sukmawati, Rika. “Analisis kesiapan mahasiswa menjadi calon guru profesional berdasarkan standar kompetensi pendidik.” Jurnal Analisa 5, no. 1 (29 Juni 2019): 95–102. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4789.
Suyati, Endang Sri, dan Achmad Zainul Rozikin. Belajar dan pembelajaran. CV WIDINA MEDIA UTAMA, 2021.
Thalib, Mohamad Anwar. “Pelatihan Teknik Pengumpulan Data dalam Metode Kualitatif untuk Riset Akuntansi Budaya.” Seandanan: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2, no. 1 (2022): 44–50.
Wulandari, Ade Sintia, I Nyoman Suardana, dan N. L. Pande Latria Devi. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KREATIVITAS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN IPA.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) 2, no. 1 (31 Maret 2019): 47. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17222.