Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Praktikal Materi Mikrobiologi Kesehatan di SMK Samarinda

  • Suhartini Suhartini

Abstract

Pendidikan di era kontemporer memerlukan inovasi untuk menyelaraskan diri dengan perkembangan zaman. Salah satu metode pembelajaran yang menarik perhatian adalah Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL), terutama dalam konteks mata pelajaran Biologi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengimplementasikan PjBL dalam pembelajaran Biologi di SMK, dengan fokus meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan praktikal siswa. Penelitian ini melibatkan siswa kelas XI Teknologi Laboratorium Medik di SMK Negeri 17 Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil belajar dan keterampilan praktikal siswa dievaluasi pada setiap siklus. Dari hasil penelitian, terlihat peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus III. Penerapan PjBL memberikan dampak positif pada keterampilan praktikal siswa, dengan peningkatan yang konsisten dalam penggunaan alat mikrobiologi, pembuatan preparat bakteri, identifikasi bakteri, penguasaan teknik aseptik, dan penanganan limbah praktikum. Dapat disimpulkan PjBL dapat dianggap sebagai pendekatan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan praktikal siswa di SMK, khususnya dalam konteks mata pelajaran Mikrobiologi Kesehatan. Temuan ini memberikan sumbangan pada literatur pendidikan dan merekomendasikan PjBL sebagai metode inovatif dalam mengembangkan pembelajaran Biologi yang relevan di tingkat menengah kejuruan

References

Ardiansyah, Ryan, Dea Diella, and Herni Yuniarti Suhendi. “Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Abad 21 Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM Bagi Guru IPA.” Publikasi Pendidikan 10, no. 1 (2020): 31.

Azzahra, Utami, Fitri Arsih, and Heffi Alberida. “Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi: Literature Review.” BIOCHEPHY: Journal of Science Education 3, no. 1 (2023): 49–60.

Beier, Margaret E., Michelle H. Kim, Ann Saterbak, Veronica Leautaud, Sandra Bishnoi, and Jaqueline M. Gilberto. “The Effect of Authentic Project‐based Learning on Attitudes and Career Aspirations in STEM.” Journal of Research in Science Teaching 56, no. 1 (2019): 3–23.

Brown, Heidi E., and Jonathan Cox. “Improving Undergraduate Epidemiology Education: An Example Using Instructional Teams.” American Journal of Epidemiology 190, no. 2 (2021): 305–12.

Damayanti, Susi, and Bayu Surindra. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Kuliah Kewirausahan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa.” Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains 3, no. 2 (2018): 111–20.

Dariyanto, Dariyanto, Suharjuddin Suharjuddin, and Awiria Awiria. “Pelatihan Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas Di SDN Teluk Pucung I Kota Bekasi.” Jurnal IPMAS 1, no. 2 (2021): 59–66.
Hayati, Muriani Nur, Kasmadi Imam Supardi, and Siti Sundari Miswadi. “Pengembangan Pembelajaran Ipa Smk Dengan Model Kontekstual Berbasis Proyek.” Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology 2, no. 1 (2013).

Lubis, Fitri Agustina. “Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Model Project Based Learning.” PeTeKa 1, no. 3 (2018): 192–201.

Mukra, Rizal, and Muhammad Yusuf Nasution. “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Problem Based Learning Pada Materi Pencemaran Dan Pelestarian Lingkungan Hidup.” Jurnal Pelita Pendidikan 4, no. 2 (2016).

Priatna, Nanang, Silviana Ayu Lorenzia, and Effie Efrida Muchlis. “Pedesaan Pengembangan Model Project-Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp.” Jurnal Penelitian Pendidikan 20, no. 3 (2020): 347–59.

Royani, Ida, Baiq Mirawati, and Husnul Jannah. “Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram 6, no. 2 (2018): 46–55.

Sugiarsih, Wiwit. “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Kimia Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Di Smk Negeri 1 Gombong.” VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan 2, no. 4 (2022): 320–26.

Welinawati, Welinawati. “Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII SMPN 25 Pekanbaru.” Jurnal Pendidikan Tambusai 2, no. 3 (2018): 1401–28.

Widyaningsih, Sri Wahyu, and Irfan Yusuf. “Project Based Learning Model Based on Simple Teaching Tools and Critical Thinking Skills,” 2018.
Published
2024-01-31
How to Cite
Suhartini, S. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Praktikal Materi Mikrobiologi Kesehatan di SMK Samarinda. Jurnal Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 49-57. https://doi.org/10.21093/si-ppg.v2i1.7756