Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Card Sort Pada Materi Sholat Di SMP Samarinda

  • Annisa Anggraini UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Ernawati Ernawati Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Mochamad Rizky Syahputra UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Muhammad Rasid UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi awal terhadap siswa kelas VII D di SMP Negeri 18 Samarinda, yang menunjukkan pasifnya siswa dalam menerima pembelajaran dimateri shalat. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam menerima pembelajaran dan keefektifan siswa dalam proses pembelajaran menggunakan model card sort pembelajaran yang bersifat kerjasama, saling menolong, dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru dalam bentuk permainan kartu di kelas VII D SMP Negeri 18 Samarinda pada materi “Shalat dan Zikir”. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas sebanyak 1 siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yakni: perencanaan, kegiatan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D di SMP Negeri 18 Samarinda dengan jumlah peserta didik 35 orang, laki-laki 16 orang dan perempuan 19 orang. Adapun objek penelitian ini adalah penerapan model card sort dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam menerima pembelajaran yang sedang berlangsung dikelas. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan model card sort dapat meningkatkan keaktifan belajar dalam materi shalat siswa/I dikelas VII D SMP Negeri 18 Samarinda tahun pelajaran 2023/2024. Kesimpulan dari penelitian ini adalah didapatkan keaktifan belajar siswa/I mengalami peningkatan dengan menggunakan model card sort ini.

References

Andini, Rizki, Supriadi Supriadi, Fauzan Fauzan, Hamdi Abdul Karim, Pendidikan Agama Islam, U I N Sjech, and M Djamil Djambek. “Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Small Group Discussion Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran PAI Di SMPN 1 Palupuh” 1, no. 4 (2023).
Aprilia, Reno Rezita, Wahyu Sabilar R, Institut Agama, Islam Negeri, and Iain Purwokerto. “Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) DI KELAS VII MTs MA ’ ARIF NU 1 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr” 9, no. 1 (2020).
Belajar, Keaktifan, Siswa Materi, Q S Annisa, and Erny Kurniati. “PENERAPAN MODEL CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN” 1, no. 1 (2024).
Firmansyah, Iman, Mokh. “Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar Dan Fungsi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 17, no. 2 (2019).
Gunawan, Wawan. “Pengembangan Aplikasi Berbasis Android Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah.” Jurnal Informatika 6, no. 1 (2019).
Hasibuan, Ahmad Tarmizi, Fitria Ananda, Mawaddah, Rabitha Minfadlih Putri, and Siti Rodina Aisah Siregar. “Kreativitas Guru Menggunakan Metode Pembelajaran PKn Di SDN 010 Hutapuli.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (2022).
Lestari, Nana Citrawati, Yulianti Hidayah, and Fathul Zannah. “Penerapan Metode Pembelajaran Permainan Edukatif Terhadap Hasil Belajar IPA Di SDN Sungai Miai 7 Banjarmasin.” Journal on Education 5, no. 3 (2023).
Mirnawati, Nur Oktiavianty, Muh Judrah, Safaruddin, and Akbar. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik.” Journal of Instructional and Development Researches 3, no. 1 (2023).
Smp, Viii, Al Hikmah, Tanjung Pura, and Fiqri Yulhakim. “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Moving Class Di Kelas” 1, no. 2 (2023).
Syafrin, Yulia, Muhiddinur Kamal, Arman Husni, and Negeri Iain Bukittinggi. “Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam” 2, no. 1 (2023).
Syarifuddin, Umar, Gunawan Bata Ilyas, Misbahuddin, Heriyanti Mustafa, and Amar Sani. “Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Anyaman Rotan Dan Bambu Melalui Pemasaran Online Di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep.” Bata Ilyas Educational Management Review 2, no. 2 (2022).
Published
2024-01-31
How to Cite
Anggraini, A., Ernawati, E., Syahputra, M., & Rasid, M. (2024). Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Card Sort Pada Materi Sholat Di SMP Samarinda. Jurnal Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 59-66. https://doi.org/10.21093/si-ppg.v2i1.7775