Optimalisasi Peran Orang Tua dalam Meminimalisir Penggunaan Gawai bagi Anak

  • Nanik Suryati Institut Agama Islam Negeri Samarinda
Keywords: karakter anak, peran orang tua, teknologi gawai

Abstract

Banyak orang menggunakan gawai untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan efektif. Meski demikian, bagi beberapa orang gawai membawa tantangan besar karena dapat memberikan gangguan ketika sedang fokus bekerja. Sehingga gawai dapat membawa pengaruh positif maupun negatif, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Anak-anak sering kali menggunakan gawai untuk mencari hiburan yang pada akhirnya membuat mereka kecanduan dan berdampak pada perkembangan karakter anak. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam meminimalisir penggunaan gawai bagi anak. Kombinasi dari metode deskriptif dan penelitian literatur digunakan untuk menganalisis artikel jurnal dan laporan penelitian tentang peran orang tua. Dari hasil pengamatan, ditemukan bahwa peran orang tua sangatlah penting dalam pengawasan anak. Sebuah keluarga membutuhkan pendidikan karakter dan kepribadian; untuk itu orang tua dapat berperan sebagai konselor bagi anak mereka di rumah.

References

Alam, T. G., Antony, A. L. N., Hotama, K. V., & Kuswandi, S. S. (2019). Revolusi industri keempat: Akhir dari buruh di seluruh dunia. Jurnal Hubungan Internasional, 12(2), 229–244. https://doi.org/10.20473/jhi.v12i2.13311

Alifiani, H., Nurhayati, N., & Ningsih, Y. (2019). Analisis penggunaan gadget terhadap pola komunikasi keluarga. Faletehan Health Journal, 6(2), 51–55. https://doi.org/10.33746/fhj.v6i2.16

Chaidirman, C., Indriastuti, D., & Narmi, N. (2019). Fenomena kecanduan penggunaan gawai (gadget) pada kalangan remaja Suku Bajo. Holistic Nursing and Health Science, 2(2), 33–41. https://doi.org/10.14710/hnhs.2.2.2019.33-41

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330. https://doi.org/10.21274/dinamika.2017.17.2.315-330

Dhamayanti, M., Dwiwina, R., & Adawiyah, R. (2019). Influence of adolescents’ smartphone addiction on mental and emotional development in West Java, Indonesia. Majalah Kedokteran Bandung, 51(1), 46–52. https://doi.org/10.15395/mkb.v51n1.1577

Dharma, Y. P., Sijono, S., & Susanti, Y. (2019). Peran orang tua mengontrol perilaku anak dalam penggunaan gadget. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 1(2), 113–121. https://doi.org/10.31932/jpmk.v1i2.324

Dirlanudin, D. (2018). Pengembangan bakat kreativitas anak. Jurnal Teknodik, 174–187. https://doi.org/10.32550/teknodik.v10i19.399

Fajariyah, S. N., Suryawan, A., & Atika, A. (2018). Dampak penggunaan gawai terhadap perkembangan anak. Sari Pediatri, 20(2), 101–105. https://doi.org/10.14238/sp20.2.2018.101-5

Habibi, M. (2018). Optimalisasi dakwah melalui media sosial pada era milenial. Al-Hikmah, 12(1), 101–116. https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v12i1.1085

Hasanah, F., & Uyun, Q. (2019). Asesmen perkembangan kognitif anak usia dini (Studi kasus TK Khadijah Al-Muayyada Sampang). Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.20414/iek.v1i1.1814

Hidayati, T., Sary, Y. N. E., & Hanifah, I. (2019). Hubungan penggunaan gadget dengan kemandirian dan kematangan sosial anak pra sekolah. Oksitosin: Jurnal Ilmiah Kebidanan, 6(2), 107–118. https://doi.org/10.35316/oksitosin.v6i2.493

Mahendra, A. I. (2019). Pemanfaatan gadget sebagai media informasi guna meningkatkan wawasan di era teknologi informasi bagi masyarakat Desa Gentan, Sukoharjo. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat, 49–54.

Noorhayati, S., & Dewi, N. F. K. (2019). Dampak penggunaan gadget terhadap komunikasi anak usia 4-5 tahun. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.31000/ceria.v10i1.1762

Novitasari, N. (2019). Strategi pendampingan orang tua terhadap intensitas penggunaan gadget pada anak. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 167–188. https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i2.77

Oktavia, N., & Mulabbiyah, M. (2019). Gawai dan kompetensi sikap sosial siswa MI (Studi kasus pada siswa kelas V MIN 2 Kota Mataram). El Midad: Jurnal PGMI, 11(1), 19–40. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i1.1903

Pebriana, P. H. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Safrida, A. S. (2018). Penguatan parenting dan bimbingan konseling dalam pemanfaatan teknologi tepat guna bagi perkembangan anak usia dini (Study kasus di PAUD Mawar 14 Cipageran). Comm-Edu (Community Education Journal), 1(3), 1–6. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.1629

Sahriana, N. (2019). Pentingnya peran orang tua dalam penggunaan gadget pada anak usia dini. Jurnal Smart PAUD, 2(1), 60–66. https://doi.org/10.36709/jspaud.v2i1.5922

Setiawan, D. (2018). Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya. SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62–72. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474

Sihabudin, Mukh. (2017). Peranan orang tua dalam bimbingan konseling siswa. Jurnal Kependidikan, 3(2), 123–137. https://doi.org/10.24090/jk.v3i2.903

Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh gadget terhadap perkembangan anak. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 15(1), 125–144. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374

Sudi, M. (2019). Implikasi perkembangan teknologi komunikasi terhadap peradaban dan komunikasi antar manusia. Gema Kampus, 13(2), 33–46. https://doi.org/10.52049/gemakampus.v13i2.68

Sunita, I., & Mayasari, E. (2018). Pengawasan orangtua terhadap dampak penggunaan gadget pada anak. Jurnal Endurance, 3(3), 510–514. https://doi.org/10.22216/jen.v3i3.2485

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologi pada anak sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527–533. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310

Viandari, K. D., & Susilawati, K. P. A. (2019). Peran pola asuh orangtua dan penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak prasekolah. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01), 76–87. https://doi.org/10.24843/JPU.2019.v06.i01.p08

Wiyani, N. A. (2019). Strategi kemitraan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling melalui kegiatan parenting bagi wali murid di lembaga PAUD Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 94–107. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v1i1.5408

Yustianti, Y. T., & Pusparini, P. (2019). Hubungan intensitas pemakaian gawai dengan neck pain pada usia 15-20 tahun. Jurnal Biomedika dan Kesehatan, 2(2), 71–76. https://doi.org/10.18051/JBiomedKes.2019.v2.71-76

Published
2020-06-20
How to Cite
Suryati, N. (2020). Optimalisasi Peran Orang Tua dalam Meminimalisir Penggunaan Gawai bagi Anak. TAUJIHAT: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(1), 41-51. https://doi.org/10.21093/tj.v1i1.2455
Section
Articles