Optimalisasi Peran Orang Tua dalam Meminimalisir Penggunaan Gawai bagi Anak
Abstract
Banyak orang menggunakan gawai untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan efektif. Meski demikian, bagi beberapa orang gawai membawa tantangan besar karena dapat memberikan gangguan ketika sedang fokus bekerja. Sehingga gawai dapat membawa pengaruh positif maupun negatif, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Anak-anak sering kali menggunakan gawai untuk mencari hiburan yang pada akhirnya membuat mereka kecanduan dan berdampak pada perkembangan karakter anak. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam meminimalisir penggunaan gawai bagi anak. Kombinasi dari metode deskriptif dan penelitian literatur digunakan untuk menganalisis artikel jurnal dan laporan penelitian tentang peran orang tua. Dari hasil pengamatan, ditemukan bahwa peran orang tua sangatlah penting dalam pengawasan anak. Sebuah keluarga membutuhkan pendidikan karakter dan kepribadian; untuk itu orang tua dapat berperan sebagai konselor bagi anak mereka di rumah.
References
Alam, T. G., Antony, A. L. N., Hotama, K. V., & Kuswandi, S. S. (2019). Revolusi industri keempat: Akhir dari buruh di seluruh dunia. Jurnal Hubungan Internasional, 12(2), 229–244. https://doi.org/10.20473/jhi.v12i2.13311
Alifiani, H., Nurhayati, N., & Ningsih, Y. (2019). Analisis penggunaan gadget terhadap pola komunikasi keluarga. Faletehan Health Journal, 6(2), 51–55. https://doi.org/10.33746/fhj.v6i2.16
Chaidirman, C., Indriastuti, D., & Narmi, N. (2019). Fenomena kecanduan penggunaan gawai (gadget) pada kalangan remaja Suku Bajo. Holistic Nursing and Health Science, 2(2), 33–41. https://doi.org/10.14710/hnhs.2.2.2019.33-41
Chusna, P. A. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330. https://doi.org/10.21274/dinamika.2017.17.2.315-330
Dhamayanti, M., Dwiwina, R., & Adawiyah, R. (2019). Influence of adolescents’ smartphone addiction on mental and emotional development in West Java, Indonesia. Majalah Kedokteran Bandung, 51(1), 46–52. https://doi.org/10.15395/mkb.v51n1.1577
Dharma, Y. P., Sijono, S., & Susanti, Y. (2019). Peran orang tua mengontrol perilaku anak dalam penggunaan gadget. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 1(2), 113–121. https://doi.org/10.31932/jpmk.v1i2.324
Dirlanudin, D. (2018). Pengembangan bakat kreativitas anak. Jurnal Teknodik, 174–187. https://doi.org/10.32550/teknodik.v10i19.399
Fajariyah, S. N., Suryawan, A., & Atika, A. (2018). Dampak penggunaan gawai terhadap perkembangan anak. Sari Pediatri, 20(2), 101–105. https://doi.org/10.14238/sp20.2.2018.101-5
Habibi, M. (2018). Optimalisasi dakwah melalui media sosial pada era milenial. Al-Hikmah, 12(1), 101–116. https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v12i1.1085
Hasanah, F., & Uyun, Q. (2019). Asesmen perkembangan kognitif anak usia dini (Studi kasus TK Khadijah Al-Muayyada Sampang). Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.20414/iek.v1i1.1814
Hidayati, T., Sary, Y. N. E., & Hanifah, I. (2019). Hubungan penggunaan gadget dengan kemandirian dan kematangan sosial anak pra sekolah. Oksitosin: Jurnal Ilmiah Kebidanan, 6(2), 107–118. https://doi.org/10.35316/oksitosin.v6i2.493
Mahendra, A. I. (2019). Pemanfaatan gadget sebagai media informasi guna meningkatkan wawasan di era teknologi informasi bagi masyarakat Desa Gentan, Sukoharjo. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat, 49–54.
Noorhayati, S., & Dewi, N. F. K. (2019). Dampak penggunaan gadget terhadap komunikasi anak usia 4-5 tahun. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.31000/ceria.v10i1.1762
Novitasari, N. (2019). Strategi pendampingan orang tua terhadap intensitas penggunaan gadget pada anak. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 167–188. https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i2.77
Oktavia, N., & Mulabbiyah, M. (2019). Gawai dan kompetensi sikap sosial siswa MI (Studi kasus pada siswa kelas V MIN 2 Kota Mataram). El Midad: Jurnal PGMI, 11(1), 19–40. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i1.1903
Pebriana, P. H. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Safrida, A. S. (2018). Penguatan parenting dan bimbingan konseling dalam pemanfaatan teknologi tepat guna bagi perkembangan anak usia dini (Study kasus di PAUD Mawar 14 Cipageran). Comm-Edu (Community Education Journal), 1(3), 1–6. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.1629
Sahriana, N. (2019). Pentingnya peran orang tua dalam penggunaan gadget pada anak usia dini. Jurnal Smart PAUD, 2(1), 60–66. https://doi.org/10.36709/jspaud.v2i1.5922
Setiawan, D. (2018). Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya. SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62–72. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474
Sihabudin, Mukh. (2017). Peranan orang tua dalam bimbingan konseling siswa. Jurnal Kependidikan, 3(2), 123–137. https://doi.org/10.24090/jk.v3i2.903
Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh gadget terhadap perkembangan anak. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 15(1), 125–144. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374
Sudi, M. (2019). Implikasi perkembangan teknologi komunikasi terhadap peradaban dan komunikasi antar manusia. Gema Kampus, 13(2), 33–46. https://doi.org/10.52049/gemakampus.v13i2.68
Sunita, I., & Mayasari, E. (2018). Pengawasan orangtua terhadap dampak penggunaan gadget pada anak. Jurnal Endurance, 3(3), 510–514. https://doi.org/10.22216/jen.v3i3.2485
Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologi pada anak sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527–533. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310
Viandari, K. D., & Susilawati, K. P. A. (2019). Peran pola asuh orangtua dan penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak prasekolah. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01), 76–87. https://doi.org/10.24843/JPU.2019.v06.i01.p08
Wiyani, N. A. (2019). Strategi kemitraan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling melalui kegiatan parenting bagi wali murid di lembaga PAUD Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 94–107. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v1i1.5408
Yustianti, Y. T., & Pusparini, P. (2019). Hubungan intensitas pemakaian gawai dengan neck pain pada usia 15-20 tahun. Jurnal Biomedika dan Kesehatan, 2(2), 71–76. https://doi.org/10.18051/JBiomedKes.2019.v2.71-76
Authors who publish articles in TAUJIHAT: Jurnal Bimbingan Konseling Islam agree to the following conditions:
- Authors own the article's copyright and grant the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution – ShareAlike Licence.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchange and earlier and more extraordinary citation of the published work.