Penerapan Mindfulness untuk Menjaga Kesehatan Mental
Abstract
Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik, meskipun demikian sebagian besar masyarakat banyak yang tidak memahami apa itu kesehatan mental; Terlebih di masa pandemi covid 19 saat ini banyak masyarakat yang tidak menyadari bahwa mentalnya sedang tidak sehat. Artikel ini bertujuan untuk menawarkan upaya dalam menjaga kesehatan mental melalui penerapan mindfulness. Penulis menggunakan metode studi literatur yang bersumber dari jurnal dan buku dalam penyusunannya. Hasil penyusunan menunjukkan bahwa penerapan mindfulness mampu menjadi alternatif untuk menjaga kesehatan mental, hal ini karena mindfulness menuntut individu untuk lebih fokus pada solusi apa yang didibutuhkan dan dapat dilakukan dalam menghadapi masalah saat ini. Kesimpulannya adalah dengan menerapkan mindfulness individu diharapkan tidak terlalu berlarut-larut meratapi masalah yang membuat dirinya tidak berdaya, melainkan individu memiliki kesadaran untuk terus berupaya mencari solusi yang dapat dilakukan sesuai dengan kondisi dan kebutuhannya.
References
Asiah, A., Dwidiyanti, M., & Wijayanti, D. Y. (2019). Penurunan tingkat depresi pada pasien dengan intervensi minfulness spiritual Islam. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 267–274. https://doi.org/10.26714/jkj.7.3.2019.267-274
Baer, R. A., Smith, G. T., Lykins, E., Button, D., Krietemeyer, J., Sauer, S., Walsh, E., Duggan, D., & Williams, J. M. G. (2008). Construct validity of the five facet mindfulness questionnaire in meditating and nonmeditating samples. Assessment, 15(3), 329–342. https://doi.org/10.1177/1073191107313003
Brendgen, M., Poulin, F., & Denault, A.-S. (2019). Peer victimization in school and mental and physical health problems in young adulthood: Examining the role of revictimization at the workplace. Developmental Psychology, 55(10), 2219–2230. https://doi.org/10.1037/dev0000771
Chen, H. (2018). Roles of mindfulness and perceived social support in mediating the effect of psychological distress on sleep quality of college students. NeuroQuantology, 16(4), 93–100. https://doi.org/10.14704/nq.2018.16.4.1213
Creswell, J. D. (2017). Mindfulness interventions. Annual Review of Psychology, 68(1), 491–516. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-042716-051139
Davis, D., DeBlaere, C., Hook, J. N., & Owen, J. (2019). Mindfulness-based practices in therapy: A cultural humility approach. American Psychological Association. https://doi.org/10.1037/0000156-000
Dewi, K. S. (2012). Kesehatan mental. UPT. UNDIP Press.
Donovan, E., Martin, S. R., Seidman, L. C., Zeltzer, L. K., Cousineau, T. M., Payne, L. A., Trant, M., Weiman, M., Knoll, M., & Federman, N. C. (2019). A mobile-based mindfulness and social support program for adolescents and young adults with sarcoma: Development and pilot testing. JMIR Mhealth Uhealth, 7(3), 1–17. https://doi.org/10.2196/10921
Fourianalistyawati, E. (2018). Kesejahteraan spiritual dan mindfulness pada majelis sahabat shalawat. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 3(2), 79–85. https://doi.org/10.19109/psikis.v3i2.1406
Fourianalistyawati, E., & Listiyandini, R. A. (2018). Hubungan antara mindfulness dengan depresi pada remaja. Journal Psikogenesis, 5(2), 115–122. https://doi.org/10.24854/jps.v5i2.500
Giraldi, T. (2019). Psychotherapy, mindfulness and buddhist meditation. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-29003-0
Hernandez, H. S., Urizar, G. G., & Yim, I. S. (2019). The influence of mindfulness and social support on stress reactivity during pregnancy. Stress and Health, 35(3), 330–340. https://doi.org/10.1002/smi.2865
Hisler, G. C., & Brenner, R. E. (2019). Does sleep partially mediate the effect of everyday discrimination on future mental and physical health? Social Science & Medicine, 221, 115–123. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2018.12.002
Lee, H., Lou, N. M., Johnson, M. D., & Park, S. W. (2019). A socioecological perspective to understanding mental and physical health: The mediating role of relationship mindsets and goals. Journal of Social and Personal Relationships, 36(10), 3117–3138. https://doi.org/10.1177/0265407518814371
Mawarpury, M., Sari, K., & Safrina, L. (2017). Layanan kesehatan mental di puskesmas: Apakah dibutuhkan? Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.32528/ins.v13i1.578
Page, K. (2019). College mindfulness training. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429506130
Powietrzynska, M., & Tobin, K. (Ed.). (2016). Mindfulness and educating citizens for everyday life. SensePublishers. https://doi.org/10.1007/978-94-6300-570-8
Putri, A. W., Wibhawa, B., & Gutama, A. S. (2015). Kesehatan mental masyarakat Indonesia (pengetahuan, dan keterbukaan masyarakat terhadap gangguan kesehatan mental). Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 147–300. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13535
Rahman, A. A. (2019). Peran mindfulness dalam meningkatkan behavioral self control pada remaja. Jurnal Ilmu Perilaku, 3(2), 110–117. https://doi.org/10.25077/jip.3.2.110-117.2019
Soebiantoro, J. (2017). Pengaruh edukasi kesehatan mental intensif terhadap stigma pada pengguna layanan kesehatan mental. INSAN: Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental, 2(1), 1–21. https://doi.org/10.20473/jpkm.V2I12017.1-21
Winurini, S. (2020). Permasalahan kesehatan mental akibat pandemi COVID-19. Info Singkat: Pusat Pengkajian Pengolahan Data dan Informasi, 12(15), 13–18.
Zollars, I., Poirier, T. I., & Pailden, J. (2019). Effects of mindfulness meditation on mindfulness, mental well-being, and perceived stress. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 11(10), 1022–1028. https://doi.org/10.1016/j.cptl.2019.06.005
Authors who publish articles in TAUJIHAT: Jurnal Bimbingan Konseling Islam agree to the following conditions:
- Authors own the article's copyright and grant the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution – ShareAlike Licence.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchange and earlier and more extraordinary citation of the published work.