Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa

  • Risnawanti Risnawanti Institut Agama Islam Negeri Samarinda
  • Rini Fitriani Permatasari Institut Agama Islam Negeri Samarinda
Keywords: bermain peran, Forum Group Discussion, kreativitas, problem solving

Abstract

Pendidikan adalah lembaga yang tidak hanya berfokus kepada ilmu pengetahuan saja, tetapi juga mengarah kepada pengembangan diri siswa. Pada dasarnya siswa itu kreatif, tetapi dibutuhkan seorang guru bimbingan dan konseling untuk membantu siswa dalam mengembangkan dan meningkatkan kreativitas. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kreativitas siswa. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian kepustakaan yang bersumber dari buku dan jurnal dengan jumlah total 28 referensi. Hasil penelitian didapatkan bahwa beberapa peran yang dapat dilakukan guru bimbingan dan konseling untuk menumbuhkan dan meningkatkan kreativitas siswa di antaranya dengan melakukan pendamping, Forum Group Discussion, pembelajaran problem solving dan pembelajaran berbasis bermain peran.

References

Agung, D. F., & Alizamar, A. (2019). Peran guru bimbingan dan konseling terhadap kreativitas anak berbakat. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 4(2), 56–60. https://doi.org/10.23916/08404011

Albasio, B., & Cravero, G. (2017). Creative attitude. Dunod. https://doi.org/10.3917/dunod.albas.2017.01

Aryani, F., & Bakhtiar, M. I. (2018). Career day bagi siswa dan guru SMA bimbingan konseling Kabupaten Sidrap. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 12–17. https://doi.org/10.31100/matappa.v1i1.78

Chen, H. L., & Chen, Y. J. (2019). Influence of a creative problem-solving approach on college students’ creativity and its relation with team cohesion. Journal of Research in Education Sciences, 64(3), 169–201. https://doi.org/10.6209/JORIES.201909_64(3).0007

Csikszentmihalyi, M. (2013). Creativity: The psychology of discovery and invention. Harper Perennial Modern Classics.

Darmadi, H. (2019). Pengantar pendidikan era globalisasi: Konsep dasar,teori, strategi dan implementasi dalam pendidikan globalisasi. An1mage.

Darmawani, E. (2018). Metode ekspositori dalam pelaksanan bimbingan dan konseling klasikal. Jurnal Wahana Konseling, 1(2), 30–44. https://doi.org/10.31851/juang.v1i2.2098

Firth, J. (2019). Creative thinking: Practical strategies to boost ideas, productivity and flow. Arboretum Books.

Gysbers, N. C., & Henderson, P. (2014). Developing & managing your school guidance & counseling program. American Counseling Association.

Hasanah, A., Ilyas, A., & Afdal, A. (2018). Kreativitas siswa dan upaya guru bimbingan dan konseling/konselor dalam pengembangannya. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/insight.071.01

Hasret, N., & Savaş, A. (2019). Analysis of the relation between creativity level and problem solving skills of gifted and talented students. Educational Research and Reviews, 14(15), 518–532. https://doi.org/10.5897/ERR2019.3790

Heldanita, H. (2019). Pengembangan kreativitas melalui eksplorasi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(1), 53–64. https://doi.org/10.14421/jga.2018.31-05

Jarkawi, J., Sultani, S., & Mahfuz, M. (2018). The study on blue ocean strategy in guiding and counselling of senior high school in Indonesia. GATR Journal of Management and Marketing Review, 3(3), 111–118. https://doi.org/10.35609/jmmr.2018.3.3(3)

Kaplan, D. E. (2019). Creativity in education: Teaching for creativity development. Psychology, 10(2), 140–147. https://doi.org/10.4236/psych.2019.102012

Kupers, E., Lehmann-Wermser, A., McPherson, G., & Van Geert, P. (2019). Children’s creativity: A theoretical framework and systematic review. Review of Educational Research, 89(1), 93–124. https://doi.org/10.3102/0034654318815707

Kurniawan, L. (2015). Pengembangan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif di SMA. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i1.1351

Neukrug, E. (2016). The world of the counselor: An introduction to the counseling profession. Cengage Learning.

Nuridah, A., & Partaya, P. (2020). The effectiveness of role playing method in learning immune system material on the creativity and learning outcomes of high school students. Journal of Biology Education, 8(3), 358–366. https://doi.org/10.15294/jbe.v8i3.36129

Pope, R. (2005). Creativity: Theory, history, practice. Routledge.

Prabowo, A. D. A. (2020). Upaya guru bimbingan konseling dalam mengembangkan kreativitas siswa di MTs Negeri 3 Klaten. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(1), 61–70. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i1.2302

Purwana, E. R., & Masadah, M. (2019). Efektifitas metode pembelajaran Focus Group Discussion (FGD) dalam meningkatkan prestasi belajar pada materi keperawatan jiwa pada mahasiswa jurusan keperawatan Poltekes Kemenkes Mataram Tahun 2018. Jurnal Keperawatan Terpadu (Integrated Nursing Journal), 1(1), 1–16. https://doi.org/10.32807/jkt.v1i1.19

Ridha, A. A. (2019). Penerapan konselor sebaya dalam mengoptimalkan fungsi layanan bimbingan konseling di sekolah. Jurnal Psikologi, 15(1), 25–34. https://doi.org/10.24014/jp.v15i1.6549

Runco, M. A. (2014). Creativity: Theories and themes: Research, development, and practice. Elsevier.

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Stewart, D. W., & Shamdasani, P. N. (2015). Focus groups: Theory and practice. SAGE.

Suryahadikusumah, A. R., & Dedy, A. (2019). Implementasi layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar untuk mengembangkan kemandirian siswa. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(1), 44–56. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4225

Tang, M. (2019). Peningkatan kompetensi kognitif siswa terhadap pemahaman materi kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di Indonesia dalam pembelajaran PKn melalui keterpaduan metode role playing dan simulation siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Bengo Kabupaten Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3(1), 76. https://doi.org/10.26858/jkp.v3i1.8134

Ziomek-Daigle, J. (2016). School counseling classroom guidance: Prevention, accountability, and outcomes. SAGE.

Published
2020-12-23
How to Cite
Risnawanti, R., & Permatasari, R. (2020). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. TAUJIHAT: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 90-101. https://doi.org/10.21093/tj.v1i2.4205
Section
Articles