Kontribusi Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Regulasi Emosi pada Mahasiswa yang Menyusun Skripsi

  • Muhammad Fajar Kurniawan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Mulyani Mulyani Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Imadduddin Imadduddin Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
Keywords: dukungan sosial teman sebaya, regulasi emosi, stress akademik

Abstract

Skripsi menjadi syarat penentu dalam menyelesaikan pendidikan di beberapa Perguruan Tinggi. Mahasiswa cenderung mengalami stress dan kesulitan mengendalikan emosi ketika mengerjakan skripsi. Adanya dukungan sosial dari teman sebaya diyakini dapat membantu mahasiswa meredakan emosi negatif yang dihasilkan stress mengerjakan skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah dukungan sosial teman sebaya berhubungan dengan kemampuan regulasi emosi mahasiswa dalam mengerjakan skripsi. Peneliti menggunakan metode kuantitatif korelasi untuk menjawab pertanyaan penelitian. Responden yang digunakan adalah  mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin yang berjumlah 213 orang. Pemilihan responden menggunakan teknik purposive sampling. Skala dukungan sosial teman sebaya dan skala regulasi emosi sebagai alat pengumpulan data dalam penelitian ini. Data empirik kemudian dianalisis menggunakan korelasi product moment. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa tinggi rendahnya dukungan sosial teman sebaya berhubungan dengan tinggi rendahnya regulasi emosi. Skor koefisien signifikansi yang dihasilkan sebesar 0,000 (p < 0,05). Adapun besaran yang dihasilkan dukungan sosial teman sebaya terhadap regulasi emosi mahasiswa sebesar 7,3%.

References

Dewi, S., & Arjanggi, R. (2020). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan kepercayaan diri akademik dengan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa di Universitas X. Proyeksi, 14(1), 84–93. https://doi.org/10.30659/jp.14.1.84-93

Gross, J. J. (2002). Emotion regulation: Affective, cognitive, and social consequences. Psychophysiology, 39(3), 281–291. https://doi.org/10.1017/S0048577201393198

Hendrianur, H. (2014). Hubungan dukungan sosial dan regulasi diri dengan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(4), 244–252. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i4.3671

Hodge, S. R. (2020). Quantitative research. Dalam J. A. Haegele, S. R. Hodge, & D. R. Shapiro (Ed.), Routledge Handbook of Adapted Physical Education (1 ed., hlm. 147–162). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429052675-12

House, J., & Kahn, R. (1985). Measures and concepts of social support. Dalam S. Cohen & S. Syme, Social support and health (hlm. 83–108). Academic Press.

Kaakinen, P., Suhonen, M., Lutovac, S., & Kaasila, R. (2017). Students experiences of peer-support during a Master’s thesis process. Clinical Nursing Studies, 5(1), 22–28. https://doi.org/10.5430/cns.v5n1p22

Pedoman Pelaksanaan Sistem Kredit Semester UIN Antasari Banjarmasin, NOMOR 289 TAHUN 2018 (2018).

Lestari, P. E., Ramaita, R., & Ameliati, S. (2021). Studi literatur: Hubungan tingkat stres dengan motivasi mahasiswa dalam menyusun skripsi. Indonesia Jurnal Perawat, 6(1), 15–21. https://doi.org/10.26751/ijp.v6i1.869

McRae, K., & Gross, J. J. (2020). Emotion regulation. Emotion, 20(1), 1–9. https://doi.org/10.1037/emo0000703

Munawarah, M., Latipun, L., & Amalia, S. (2020). Kontribusi dukungan teman sebaya terhadap regulasi diri pada remaja. Psikovidya, 23(2), 150–163. https://doi.org/10.37303/psikovidya.v23i2.144

Muslich, M. & Maryaeni, M. (2013). Bagaimana menulis skripsi?. Bumi Aksara.

Nisa, K., Tiatri, S., & Mularsih, H. (2018). Peran dukungan teman sebaya dan regulasi diri belajar terhadap penyesuaian akademis mahasiswa perguruan tinggi kedinasan berasrama xyz. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 2(1), 318–328. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v2i1.1641

Noor, J. (2017). Metodologi penelitian: Skripsi, tesis, disertasi, dan karya ilmiah. Kencana.

Nugraheni, A. P. W., Tiatri, S., & Mularsih, H. (2019). Peran efikasi diri dan dukungan sosial terhadap regulasi diri belajar pada warga belajar kejar paket C. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 2(2), 700–709. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v2i2.2867

Octafiani, I. A., Aspin, A., & Kaimuddin, S. M. (2020). Hubungan antara tingkat stres dengan perilaku prokrastinasi pada mahasiswa FKIP UHO yang sedang menyusun skripsi. Jurnal Sublimapsi, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v1i1.10536

Perdana, K. I., & Wijaya, H. E. (2021). Regulasi diri dalam belajar sebagai prediktor resiliensi akademik mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Psycho Idea, 19(2), 186–198. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v19i2.10711

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, BN 2015/ NO 1952; PERATURAN.GO.ID : 6 HLM (2018). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/140595/permen-ristekdikti-no-44-tahun-2015

Priyatno, D. (2013). Analisis korelasi regresi dan multivariate dengan SPSS. Gava Media.

Putriana, H., & Gunatirin, E. Y. (2021). Pengaruh dukungan sosial dan regulasi emosi terhadap kecenderungan depresi di Surabaya. Intisari Sains Medis, 12(3), 862–867. https://doi.org/10.15562/ism.v12i3.1192

Rahmawati, D., Hardjajani, T., & Karyanta, N. A. (2015). Meningkatkan kemampuan regulasi emosi dengan menggunakan menulis catatan harian pada mahasiswa psikologi UNS yang sedang mengerjakan skripsi. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 3(4), 218–226.

Saputri, K. A. D., & Wulanyani, N. M. S. (2019). Hubungan antara problem focused coping dengan stres dalam menyusun skripsi pada mahasiswa psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 6(2), 400–405. https://doi.org/10.24843/JPU.2019.v06.i02.p19

Sari, H. R., & Arjanggi, R. (2020). Peran efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap belajar berdasar regulasi diri pada mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Proyeksi, 14(1), 53–62. https://doi.org/10.30659/jp.14.1.53-62

Shalaby, R. A. H., & Agyapong, V. I. O. (2020). Peer support in mental Health: Literature review. JMIR Mental Health, 7(6), 1–14. https://doi.org/10.2196/15572

Siswandi, W., & Caninsti, R. (2021). Peran dukungan sosial teman sebaya terhadap regulasi emosi mahasiswa perantau tahun pertama di Jakarta. Journal Psikogenesis, 8(2), 241–252. https://doi.org/10.24854/jps.v8i2.1586

Thahirah, R., & Insan, I. (2020). Hubungan hardiness dengan regulasi emosi pada mahasiswa di era pandemi covid-19. PSIMAWA: Diskursus Ilmu Psikologi & Pendidikan, 3(2), 82–88. https://doi.org/10.1234/jp.v3i2.1288

Published
2022-06-11
How to Cite
Kurniawan, M., Mulyani, M., & Imadduddin, I. (2022). Kontribusi Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Regulasi Emosi pada Mahasiswa yang Menyusun Skripsi. TAUJIHAT: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 23-33. https://doi.org/10.21093/tj.v3i1.4764
Section
Articles