Tren Penelitian Stress Akademik di Sekolah Menengah Atas

  • Melly Khanafiah Universitas Sriwijaya
  • Abelia Agustin Universitas Sriwijaya
  • Fitri Kurnia Universitas Sriwijaya
  • Alrefi Alrefi Universitas Sriwijaya
Keywords: insomnia, strategi koping, stress akademik

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat gambaran stress akademik yang dialami oleh siswa di tingkat sekolah menengah atas. Penelitian ini disusun dengan menggunakan metode library research yang mengangkat tema Stress Akademik dengan subjek penelitiannya adalah siswa sekolah menengah atas. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan dan mengidentifikasi jurnal-jurnal yang terakreditasi pada Sinta Journal dengan fokus kajian yang terdiri dari aspek objek permasalahan penelitian, metode penelitian dan hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa stress akademik yang dialami siswa SMA cukup tinggi terutama pada masa pandemi karena sistem pembelajarannya yang dialihkan menjadi Pembelajaran Jarak Jauh. Kesimpulannya stress akademik pada siswa SMA sudah menjadi hal umum, tetapi untuk tingkatannya tidak dapat diprediksi persamaannya karena tingkat stress akademik siswa dari sekolah yang satu dengan yang lainnya itu berbeda tergantung dengan cara penyusunan program dari sekolah tersebut. Jika program sekolah disusun dengan tepat maka stress akademik dapat diatasi, akan tetapi sebaliknya jika penyusunan program sekolah tidak tepat maka tingkat stress akademik bisa berada di angka yang tinggi. Adapun manfaat penelitian ini, untuk kemudahan melihat gambaran penelitian mengenai stress akademik rentang tahun 2019-2023 serta dapat menjadi sumber wawasan bagi guru bimbingan dan konseling dengan melihat faktor stress akademik siswa di jenjang SMA.

References

Ade, A. H., & Zikra, Z. (2019). Students academic stress and implications in counseling. Jurnal Neo Konseling, 1(3), 1-7. https://doi.org/10.24036/00130kons2019

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Aisyah, D., Hasanuddin, H., & Munir, A. (2023). Hubungan kepribadian tangguh dan optimisme dengan stres akademik pada siswa SMA Negeri 1 Binjai. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(3), 1894-1904. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i3.1439

Arsy, W. M., & Annisa, F. (2022). Tingkat stres akademik dan prestasi akademik pada siswa siswi SMA Kartika VIII-1 di Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keris Husada, 6(1), 68-74.

Damayanti, S., Jannah, S. R., & Nizami, N. H. (2022). Tingkat stres akademik siswa sekolah menengah atas selama proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(4), 154-158.

Della, C. T. (2019). Pengaruh persepsi siswa terhadap full day school pada stress akademik siswa SMA Negeri 1 Karanganom Klaten. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 5(7), 488-502.

Dewi, D. L. K., & Muslikah, M. (2021). Hubungan coping stres dan dukungan sosial dengan stres akademik pada pembelajaran jarak jauh. Counsenesia Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 2(02), 121-129. https://doi.org/10.36728/cijgc.v2i02.1534

Fajrin, A. C., Mariyati, L. I., & Ramon, A. (2023). Self talk untuk mereduksi stres akademik pada siswa kelas XII SMA Antartika Sidoarjo. Iinnovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 1633–1643. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.475

Fatimah, S., Mintasih, S., & Ruswanti, R. (2023). Stres akademik berhubungan dengan kejadian disminore primer pada remaja putri. Journal of Nursing Education and Practice, 2(2), 201-208. https://doi.org/10.53801/jnep.v2i2.111

Ginting, S. D. U. B., & Daulay, W. (2022). Hubungan kejenuhan belajar dengan stres akademik pada remaja dimasa pandemi covid di SMA 1 Kuala kabupaten Langkat. Jintan: Jurnal Ilmu Keperawatan, 2(1), 49-58. https://doi.org/10.51771/jintan.v2i1.169

Gurung, M., Chansatitporn, N., Chamroonsawasdi, K., & Lapvongwatana, P. (2020). Academic stress among high school students in a rural area of Nepal: a descriptive cross-sectional study. Journal of the Nepal Medical Association, 58(225), 306-308. https://doi.org/10.31729/jnma.4978

Hanim, W., & Nisa, J. (2019). Pengembangan video tutorial mengenai strategi problem focused coping pada stres akademik dalam menghadapi ujian untuk peserta didik kelas X SMA Labschool Rawamangun Jakarta. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 8(1), 92–101. https://doi.org/10.21009/insight.081.08

Irwan, I., Ichsan, F. N., Gistituati, N., & Marsidin, S. (2021). Analisis kebijakan pendidikan terkait implementasi pembelajaran pada masa darurat covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 89–95. https://doi.org/10.33751/jmp.v9i2.4238

Khoirunnisa, K., & Gumiandari, S. (2023). Menurunkan stres akademik siswa SMA NU Lemahabang dengan menggunakan teknik self intruction dan self efficacy. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 887–895. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1590

Latifah, N., Harum, A., & Saman, A. (2023). Analisis dan penangan perilaku stress akademik pada siswa. Jurnal Being, 7(1), 2548–4222.

Martini, S., Putri, P., & Caritas, T. (2021). Hubungan tingkat stres akademik dengan siklus menstruasi pada masa pandemi covid-19 di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. JKM : Jurnal Keperawatan Merdeka, 1(1), 17–23. https://doi.org/10.36086/jkm.v1i1.978

Naila, S., & Savitri, L. S. Y. (2023). Efektivitas intervensi stres akademik secara daring pada siswa kelas 2 sekolah menengah atas. Jurnal Akademika, 12(01), 47-60. https://doi.org/10.34005/akademika.v12i01.2569

Park, I. J., Kim, M., Kwon, S., & Lee, H. G. (2018). The relationships of self-esteem, future time perspective, positive affect, social support, and career decision: a longitudinal multilevel study. Journal Frontiers in Psychology, 9(514), 1–14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.00514

Pratiwi, N. Y., Islamiyah, N., Abshar, S. A., Hafid, W. A., & Fikriyah, N. (2023). Efektivitas psikoedukasi coping stress terhadap siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Gowa. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 539-544. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i3.1847

Purwiantomo, D. R. P., & Rusmawati, D. (2021). Hubungan antara kecerdasan emosi dengan stres akademik pada siswa SMA Islam Al Azhar 14 Semarang. Jurnal Empati, 9(6), 472–476. https://doi.org/10.14710/empati.2020.30066

Rofiah, S. (2021). Pengaruh pembelajaran online terhadap stres akademik siswa Di SMA Negeri 1 Kepanjen. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36835/jcbkp.v4i1.970

Safira, L., & Hartati, M. T. S. (2021). Gambaran stres akademik siswa SMA Negeri selama pembelajaran jarak jauh (PJJ). Empati - Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 125-136. https://doi.org/10.26877/empati.v8i1.7909

Shiddiq, D. A., & Rizal, G. L. (2021). Hubungan self-regulated learning dengan stres akademik siswa SMA Kota Bukittinggi pada masa pandemi covid-19. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(2), 171-181. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i2.1024

Sidabalok, R. N., Marpaung, W., & Manurung, Y. S. (2019). Optimisme dan self esteem pada pelajar sekolah menengah atas. Philanthropy: Journal of Psychology. 3(1), 48–58. http://dx.doi.org/10.26623/philanthropy.v3i1.1319

Siregar, S. P. A., & Rahmulyani, R. (2022). Hubungan penyesuaian diri dengan stres akademik dalam menjalani pembelajaran tatap muka terbatas di era new normal siswa pada sekolah menengah atas. Indonesian Counseling and Psychology, 2(2), 53–62. https://doi.org/10.24114/icp.v2i2.38835

Syah, R. H. (2020). Dampak covid-19 pada pendidikan di Indonesia: sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, 7(5), 359-402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Wahyuni, R. S., & Irianti, B. (2022). Hubungan stres dengan kejadian insomnia pada remaja di SMA Kota Pekanbaru. Jurnal Kesehatan Medika Udayana, 8(01), 117-123. https://doi.org/10.47859/jmu.v8i01.189

Wulandari, I. F. S., & Merdekasari, A. (2023). Strategi koping religius terhadap stres akademik siswa SMA Karya Pembangunan Paron Ngawi. Al-Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 10(1), 27-36. https://doi.org/10.53627/jam.v10i1.5142

Yolami, S., Husodo, B. T., & Kusumawati, A. (2022). Strategi pengendalian stres akademik di era pandemi covid-19 pada siswa sekolah menengah atas (studi kasus pada siswa SMA Negeri 1 Kota Pariaman). Jurnal Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 21(6), 411-417. https://doi.org/10.14710/mkmi.21.6.411-417

Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan pemberlakuan lock down sebagai antisipasi penyebaran corona virus covid-19. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, 7(3), 227-237. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083

Published
2023-06-12
How to Cite
Khanafiah, M., Agustin, A., Kurnia, F., & Alrefi, A. (2023). Tren Penelitian Stress Akademik di Sekolah Menengah Atas. TAUJIHAT: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 32-50. https://doi.org/10.21093/tj.v4i1.7395
Section
Articles