Peran Orang Tua terhadap Kontrol Diri Anak dalam Penggunaan Smartphone
Abstract
Kemajuan teknologi selalu menuntut seseorang untuk mengikuti zaman, yang mana selalu mempunyai tujuan untuk memudahkan manusia dalam hal apapun, dan dapat menyesuaikan kehidupan dengan orang lain yang juga mengikuti perkembangan zaman. Penelitian tentang kontrol diri pada anak dengan peran orang tua ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan mendapatkan fenomena dan informasi berupa fakta dari wawancara dan observasi. Pemilihan untuk informan pada penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling, dengan demikian peneliti mengambil 5 informan, dengan kriteria sebagai berikut: 1) ayah dan ibu yang mempunyai anak 6-12 tahun, 2) ayah dan ibu yang menyerahkan smathphone pada anaknya, 3) ayah dan ibu yang anaknya jarang main dengan teman sabaya (anaknya sering dirumah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa bagaimana peran orang tua untuk mengontrol anaknya agar tidak kecanduan terhadap smartphone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: orang tua berperan penting untuk mengontrol anaknya, dengan memanfaatkan kecanggihan yang terdapat di smartphone dengan menggunkana fitur kontrol orang tua. Agar orang tua bisa mengetahui segala hal yang telah diakses anaknya karena histori segala pencarian akan ketahuan dari fitur tersebut.
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode penelitian kualitatif. Syakir Media Press. https://doi.org/10.31219/osf.io/juwxn
Amaliawati, F., Pandang, A., & Harum, A. (2023). Penerapan teknik self control untuk mengurangi kecanduan bermain gadget pada siswa SMP Negeri 17 Makassar. Pinisi Journal of Education, 1(1), 1–17.
Andriani, W. S., Sriati, A., & Yamin, A. (2019). Gambaran kontrol diri penggunaan smartphone pada siswa sekolah menengah atas dan sederajat di Kecamatan Jatinangor. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 5(2), 101–117. https://doi.org/10.33755/jkk.v5i2.143
Anggraini, H., & Emmanuel, S. (2020). Pelatihan teknik self control untuk mengurangi penggunaan gadget pada anak usia dini. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 5(2), 90–97. https://doi.org/10.33366/japi.v5i2.1768
Annisa, A., Marlina, S., & Zulminiati, Z. (2019). Hubungan persepsi orang tua tentang dampak smartphone terhadap perkembangan sosial pada anak di kelompok bermain gugus I Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 59–66. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.59-66
Ashshidiq, A. H. (2020). Hubungan peran orang tua dengan perilaku penggunaan smartphone pada anak usia sekolah di Kelurahan Candirejo Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang [Skripsi]. Universitas Ngudi Waluyo.
Astriningsih, S., & Saptandari, E. W. (2020). Kontrol diri anak dalam mengakses youtube. Psikologi Ilmiah, 12(3), 326–339. https://doi.org/10.15294/intuisi.v12i3.24846
Basit, A., Purwanto, E., Kristian, A., Pratiwi, D. I., Krismira, Mardiana, I., & Saputri, G. W. (2022). Teknologi komunikasi smartphone pada interaksi sosial. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.30656/lontar.v10i1.3254
BPS Provinsi Bengkulu. (2021). Persentase penduduk 5 tahun keatas yang mengakses internet (Persen), 2019-2021 Provinsi Bengkulu. Badan Pusat Statistik Kota Palembang. https://bengkulu.bps.go.id/indicator/2/347/1/persentase-penduduk-usia-5-tahun-keatas-yang-mengakses-internet.html
Debora, N., & Sukmawati, I. (2021). The relationship of self control to students gadget use. Jurnal Neo Konseling, 3(2), 129–133. https://doi.org/10.24036/00431kons2021
Inessary, V., Karsadi, K., & Sunarjo, I. S. (2023). Kontrol diri dan kecenderungan adiksi smartphone. Jurnal Sublimapsi, 4(1), 49–60. https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v4i1.28046
Khairani, A., & Sukmawati, I. (2023). Perbedaan kontrol diri siswa dalam penggunaan smartphone ditinjau dari jenis kelamin. Counseling and Humanities Review, 3(1), 31–38. https://doi.org/10.24036/000739chr2023
Khasanah, D. N., & Winarti, Y. (2021). Literature review hubungan kontrol diri dengan kecanduan smartphone pada remaja. Borneo Student Research, 3(1), 2021.
Manik, D. K., Istiningsih, S., & Nurwahidah, N. (2022). Peran orang tua dalam menanggulangi kecanduan gadget pada anak dimasa pandemi covid 19. Renjana Pendidikan Dasar, 2(3), 220–226. https://doi.org/10.31538/aulada.v3i2.1791
Mariyati, L. I. (2021). Buku ajar psikologi perkembangan manusia. Umsida Press. https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6292-34-1
Marsela, R. D., & Supriatna, M. (2019). Kontrol diri: Definisi dan faktor. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 3(2), 65–69.
Miranti, P., & Putri, L. D. (2021). Waspadai dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Cendekiawan Ilmiah PLS, 6(1), 58–66. https://doi.org/10.56872/elathfal.v1i01.273
Noviansah, A., & Maemunah, M. (2020). Pendidikan moral pada lingkungan keluarga untuk mengatasi kenakalan remaja pada masa mendatang. Jurnal Pendidikan, 11(1), 33–48. https://doi.org/10.31258/jp.11.1.33-48
Nurningtyas, F., & Ayriza, Y. (2021). Pengaruh kontrol diri terhadap intensitas penggunaan smartphone pada remaja. Acta Psychologia, 3(1), 14–20. https://doi.org/10.21831/ap.v3i1.40040
Rahmandani, F., Tinus, A., & Ibrahim, M. M. (2018). Analisis dampak penggunaan gadget (smartphone) terhadap kepribadian dan karakter (kekar) peserta didik di SMA Negeri 9 Malang. Jurnal Civic Hukum, 3(1), 18. https://doi.org/10.22219/jch.v3i1.7726
Sabani, F. (2019). Perkembangan anak - anak selama masa sekolah dasar (6-7 tahun). Didakta: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89–100. https://doi.org/10.58230/27454312.71
Sari, R. P., Utami, S., & Renata, D. (2022). Pengaruh perhatian orang tua terhadap kecanduan smartphone pada anak. Musawa: Journal for Gender Studies, 14(2), 229–243. https://doi.org/10.24239/msw.v14i2.1257
Sawitri, Y., Yannaty, I. A., Widyastika, S. I., Harumsih, T. D., & Musyarofah, H. F. (2019). Dampak penggunaan smartphone terhadap perkembangan anak usia dini. LPPM-UMP, 1(1), 691–697.
Setiyani, L., Basir, S. D., Awalludin, D., & Purwani, S. (2023). Analisis pengaruh aplikasi youtube pada perkembangan kognitif balita di Desa Tirtasari Karawang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6722–6728. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2224
Sholikhah, L. I. (2023). Pola asuh orang tua menyikapi penggunaan smartphonepada anak usia dini: konteks pendidikan keluarga. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 8(1), 22–31. https://doi.org/10.37058/jpls.v8i1
Sinaga, D. (2014). Buku ajar statistik dasar. UKI Press.
Tasnin, A., Nonci, N., & Maidin, R. (2021). Peran orang tua dalam mengawasi penggunaan gadget pada anak remaja di perumahan BTP Kelurahan Buntusu Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Sosiologi Kontemporer, 1(2), 67–76.
Triani, T. (2023). Peran orang tua dalam mengawasi penggunaan smartphone pada anak usia 9 tahun di Desa Lemahsubur. Pengabdian Mahasiswa, 2(1), 1221–1231.
Authors who publish articles in TAUJIHAT: Jurnal Bimbingan Konseling Islam agree to the following conditions:
- Authors own the article's copyright and grant the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution – ShareAlike Licence.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchange and earlier and more extraordinary citation of the published work.