Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Cyberbullying

  • Nela Yusniarti Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu
Keywords: cyberbullying, denigration, impersonation, pseudonyms

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi cyberbullying. Jenis penelitian ini termasuk dalam metode penelitian kualitatif yang didasarkan pada studi literatur atau penelitian kepustakaan. Metode penelitian studi literatur melibatkan pengumpulan referensi yang sesuai dengan tujuan penelitian secara ilmiah, penggunaan kepustakaan sebagai teknik pengumpulan data, serta integrasi dan penyajian data.   Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa langkah strategis yang bisa diambil untuk mencegah terjadinya tindakan cyberbullying di kalangan siswa, termasuk memperkuat peran agen perubahan di lingkungan sekolah, melibatkan teman sebaya dalam mendukung teman-teman dengan kebutuhan khusus, mengadakan kampanye anti perundungan melalui penggunaan poster, dan mempromosikan kerja sama antara orangtua, sekolah, dan rekan-rekan sebaya dalam upaya meningkatkan literasi digital dan mendukung gerakan anti cyberbullying. Guru BK juga memiliki peran penting dengan memberikan layanan informasi, konseling, dan konferensi kasus. Selain itu, pembentukan tim cyber safe dapat membantu melindungi peserta didik dari cyberbullying. Upaya pencegahan cyberbullying melibatkan penguatan etika bermedia sosial, peran teman sebaya yang positif, kampanye anti-perundungan, dan kerjasama dengan orangtua dan teman sebaya. Pelatihan bagi guru juga diperlukan untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang isu-isu terkait cyberbullying. Mereka berperan penting dalam membantu siswa menghadapi dampak cyberbullying, yang merupakan tindakan intimidasi di dunia maya dengan dampak serius.

References

Alawiyah, D. (2020). Menemukenali konsep etika dan sikap konselor profesional dalam bimbingan dan konseling. Jurnal Mimbar, 6(3), 34–44. https://doi.org/10.47435/mimbar.v6i2.457

Amala, A. K., & Kaltsum, H. U. (2021). Peran guru sebagai pelaksana layanan bimbingan dan konseling dalam menanamkan kedisiplinan bagi peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5213–5220. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1579

Andari, Y. M., Azahra, P. F., Sinaga, E. M., & Prawitri, A. L. (2023). Cyberbullying di media sosial tiktok terhadap remaja sekolah menengah pertama. Jurnal Common, 7(1), 2023. https://doi.org/10.34010/common.v7i1.9150

Arifyadi, A., Lestari, M., Eka, N., Riyadi, W., & Hasan, H. (2023). Pengaruh orang tua dan guru bimbingan dan konseling. Jurnal Ghaidan: Bimbingan Konseling Islam & Kemasyarakatan, 9(9), 97–104.

Bu’ulolo, S., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). Peran guru bimbingan dan konseling dalam mencegah bullying di SMA Negeri 1 Amandraya tahun pelajaran 2020/2021. COUNSELING FOR ALL: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(1), 53–62. https://doi.org/10.57094/jubikon.v2i1.376

Evi, T. (2020). Research & learning in primary education: manfaat bimbingan dan konseling bagi siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 2–5. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.589

Fazry, L., & Apsari, N. C. (2021). Pengaruh media sosial terhadap perilaku cyberbullying di kalangan remaja. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(2), 272. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.34679

Febriani, E., & Hariko, R. (2023). Gambaran perilaku cyberbullying siswa sekolah menengah pertama. Journal of Counseling, Education, and Society. 4(1–7). https://doi.org/10.29210/08jces312200

Fitriyanti, I., Ferdiansyah, M., & Arizona, A. (2019). Peran guru BK dalam mengidentifikasi kesulitan belajar siswa di SMA Bina Jaya Palembang. Jurnal Wahana Konseling, 2(2), 100. https://doi.org/10.31851/juang.v2i2.4286

Harahap, A. P., Khairi, M. H., Situmorang, H. Y., Arleni, R. N., & Sari, D. P. (2023). Implementasi bimbingan konseling Islam terhadap kenakalan remaja di era digital. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1), 3634–3644.

Idhartono, A. R. (2020). Studi literatur : analisis pembelajaran daring anak berkebutuhan khusus di masa pandemi. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(3), 529–533. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.3.2020.541

Illahi, N. (2020). Peranan guru profesional dalam peningkatan prestasi siswa dan mutu pendidikan di era milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1–20. https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94

Imani, F. A., Kusmawati, A., & Amin, H. M. T. (2021). Pencegahan kasus cyberbullying bagi remaja pengguna sosial media. KHIDMAT SOSIAL: Journal of Social Work and Social Services, 2(1), 74–83. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/khidmatsosial/article/view/10433

Insani, B., Asradi, & Yaksa, R. A. (2022). Faktor penyebab perilaku cyberbullying pada peserta didik. JAMBURA: Guidance and Counseling Journal, 3(1), 26–33. https://doi.org/10.37411/jgcj.v3i1.1254

Muti, N. S. (2023). Upaya preventif guru bimbingan dan konseling dalam meminimalisir perilaku cyberbullying pada peserta didik. 1185–1186.

Ningrum, M. R. (2021). Efektivitas konseling ringkas berfokus solusi untuk mereduksi perilaku cyberbullying siswa, 1315–1324.

Nursanti, A., Sadida, N., & Caninsthi, R. (2019). Cyberbullying pencegahan dan penanganan pada guru bimbingan konseling di Jakarta Pusat. Empowering: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(June 2020), 41. https://doi.org/10.32528/emp.v3i0.2399

Prasetiawan, H., Wahyudi, A., & Hestiningrum, E. (2019). Pelatihan teknik layanan bimbingan dan konseling untuk mengatasi perilaku bullying di SMP Wilayah Kulon Progo. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 1(1), 443–452. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/2244

Prastowo, D. S., & Setyowati, R. N. (2022). Strategi guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) dalam mencegah cyberbullying di SMA Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 11(1), 206–221. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p206-221

Pratiwi, F. E. & Trisnani, R. P. (2023). Fenomena perilaku cyberbullying pada kalangan siswa SMK. Prosiding UNIPMA. 7(1), 121–127.

Putri, M. A., Supriatna, M., & Nadhirah, N. A. (2022). Upaya guru bimbingan dan konseling dalam mencegah perilaku cyberbullying pada remaja. Jurnal Konseling Gusjigang, 8(2), 141–149. https://doi.org/10.24176/jkg.v8i2.7700

Ramlah. (2018). Pentingnya layanan bimbingan konseling bagi peserta didik. Jurnal Al-Mau’izhah, 1(September), 70–76. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/mauizhah/article/download/8/6/

Riswanto, D., & Marsinun, R. (2020). Perilaku cyberbullying remaja di media sosial. Journal Analitika, 12(2), 98–111. https://doi.org/10.31289/analitika.v12i2.3704

Ruliyatin, E., & Ridhowati, D. (2021). Dampak cyberbullying pada pribadi siswa dan penanganannya di era pandemi covid-19. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 5(1), 1–5. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v5n1.p1-5

Saripah, I. & Pratita, A. N. (2018). Kecenderungan perilaku cyberbullying. Jurnal Ilmu Pendidikan, 180–192. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i3.13553

Sentana, B., Fitriyadi, S., & Mayasari, D. (2019). Peran guru bimbingan dan konseling dalam menangani perilaku agresif siswa di SMKN 5 Singkawang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 4(2), 60. https://doi.org/10.26737/jbki.v0i0.582

Setiowati, A. (2020). Strategi layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar untuk mengatasi perilaku bullying. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an. 7(2), 188–196. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.750

Suryati, N., & Salehudin, M. (2021). Program bimbingan dan konseling untuk mengembangkan kecerdasan spiritual dan emosional siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 578–588. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.349

Triwulandari, A. A., & Jatiningsih, O. (2022). Strategi sekolah dalam pencegahan cyberbullying pada siswa di SMP Negeri 6 Sidoarjo. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 11(1), 160–176. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p160-176

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2020). Implementasi bimbingan dan konseling di sekolah dalam kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146. https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.189

Widodo, H., Sari, D. P., Wanhar, F. A., & Julianto, J. (2021). Pengaruh pemberian layanan bimbingan dan konseling terhadap komunikasi interpersonal siswa SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2168–2175. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.1028

Yulieta, F. T., Syafira, H. N. A., Alkautsar, M. H., Maharani, S., & Audrey, V. (2021). Pengaruh cyberbullying di media sosial terhadap kesehatan mental. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(8), 8–14. https://doi.org/10.56393/decive.v1i8.298

Published
2023-12-12
How to Cite
Yusniarti, N. (2023). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Cyberbullying. TAUJIHAT: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 78-94. https://doi.org/10.21093/tj.v4i2.7560
Section
Articles