Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Cyberbullying
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi cyberbullying. Jenis penelitian ini termasuk dalam metode penelitian kualitatif yang didasarkan pada studi literatur atau penelitian kepustakaan. Metode penelitian studi literatur melibatkan pengumpulan referensi yang sesuai dengan tujuan penelitian secara ilmiah, penggunaan kepustakaan sebagai teknik pengumpulan data, serta integrasi dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa langkah strategis yang bisa diambil untuk mencegah terjadinya tindakan cyberbullying di kalangan siswa, termasuk memperkuat peran agen perubahan di lingkungan sekolah, melibatkan teman sebaya dalam mendukung teman-teman dengan kebutuhan khusus, mengadakan kampanye anti perundungan melalui penggunaan poster, dan mempromosikan kerja sama antara orangtua, sekolah, dan rekan-rekan sebaya dalam upaya meningkatkan literasi digital dan mendukung gerakan anti cyberbullying. Guru BK juga memiliki peran penting dengan memberikan layanan informasi, konseling, dan konferensi kasus. Selain itu, pembentukan tim cyber safe dapat membantu melindungi peserta didik dari cyberbullying. Upaya pencegahan cyberbullying melibatkan penguatan etika bermedia sosial, peran teman sebaya yang positif, kampanye anti-perundungan, dan kerjasama dengan orangtua dan teman sebaya. Pelatihan bagi guru juga diperlukan untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang isu-isu terkait cyberbullying. Mereka berperan penting dalam membantu siswa menghadapi dampak cyberbullying, yang merupakan tindakan intimidasi di dunia maya dengan dampak serius.
References
Alawiyah, D. (2020). Menemukenali konsep etika dan sikap konselor profesional dalam bimbingan dan konseling. Jurnal Mimbar, 6(3), 34–44. https://doi.org/10.47435/mimbar.v6i2.457
Amala, A. K., & Kaltsum, H. U. (2021). Peran guru sebagai pelaksana layanan bimbingan dan konseling dalam menanamkan kedisiplinan bagi peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5213–5220. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1579
Andari, Y. M., Azahra, P. F., Sinaga, E. M., & Prawitri, A. L. (2023). Cyberbullying di media sosial tiktok terhadap remaja sekolah menengah pertama. Jurnal Common, 7(1), 2023. https://doi.org/10.34010/common.v7i1.9150
Arifyadi, A., Lestari, M., Eka, N., Riyadi, W., & Hasan, H. (2023). Pengaruh orang tua dan guru bimbingan dan konseling. Jurnal Ghaidan: Bimbingan Konseling Islam & Kemasyarakatan, 9(9), 97–104.
Bu’ulolo, S., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). Peran guru bimbingan dan konseling dalam mencegah bullying di SMA Negeri 1 Amandraya tahun pelajaran 2020/2021. COUNSELING FOR ALL: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(1), 53–62. https://doi.org/10.57094/jubikon.v2i1.376
Evi, T. (2020). Research & learning in primary education: manfaat bimbingan dan konseling bagi siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 2–5. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.589
Fazry, L., & Apsari, N. C. (2021). Pengaruh media sosial terhadap perilaku cyberbullying di kalangan remaja. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(2), 272. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.34679
Febriani, E., & Hariko, R. (2023). Gambaran perilaku cyberbullying siswa sekolah menengah pertama. Journal of Counseling, Education, and Society. 4(1–7). https://doi.org/10.29210/08jces312200
Fitriyanti, I., Ferdiansyah, M., & Arizona, A. (2019). Peran guru BK dalam mengidentifikasi kesulitan belajar siswa di SMA Bina Jaya Palembang. Jurnal Wahana Konseling, 2(2), 100. https://doi.org/10.31851/juang.v2i2.4286
Harahap, A. P., Khairi, M. H., Situmorang, H. Y., Arleni, R. N., & Sari, D. P. (2023). Implementasi bimbingan konseling Islam terhadap kenakalan remaja di era digital. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1), 3634–3644.
Idhartono, A. R. (2020). Studi literatur : analisis pembelajaran daring anak berkebutuhan khusus di masa pandemi. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(3), 529–533. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.3.2020.541
Illahi, N. (2020). Peranan guru profesional dalam peningkatan prestasi siswa dan mutu pendidikan di era milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1–20. https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94
Imani, F. A., Kusmawati, A., & Amin, H. M. T. (2021). Pencegahan kasus cyberbullying bagi remaja pengguna sosial media. KHIDMAT SOSIAL: Journal of Social Work and Social Services, 2(1), 74–83. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/khidmatsosial/article/view/10433
Insani, B., Asradi, & Yaksa, R. A. (2022). Faktor penyebab perilaku cyberbullying pada peserta didik. JAMBURA: Guidance and Counseling Journal, 3(1), 26–33. https://doi.org/10.37411/jgcj.v3i1.1254
Muti, N. S. (2023). Upaya preventif guru bimbingan dan konseling dalam meminimalisir perilaku cyberbullying pada peserta didik. 1185–1186.
Ningrum, M. R. (2021). Efektivitas konseling ringkas berfokus solusi untuk mereduksi perilaku cyberbullying siswa, 1315–1324.
Nursanti, A., Sadida, N., & Caninsthi, R. (2019). Cyberbullying pencegahan dan penanganan pada guru bimbingan konseling di Jakarta Pusat. Empowering: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(June 2020), 41. https://doi.org/10.32528/emp.v3i0.2399
Prasetiawan, H., Wahyudi, A., & Hestiningrum, E. (2019). Pelatihan teknik layanan bimbingan dan konseling untuk mengatasi perilaku bullying di SMP Wilayah Kulon Progo. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 1(1), 443–452. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/2244
Prastowo, D. S., & Setyowati, R. N. (2022). Strategi guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) dalam mencegah cyberbullying di SMA Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 11(1), 206–221. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p206-221
Pratiwi, F. E. & Trisnani, R. P. (2023). Fenomena perilaku cyberbullying pada kalangan siswa SMK. Prosiding UNIPMA. 7(1), 121–127.
Putri, M. A., Supriatna, M., & Nadhirah, N. A. (2022). Upaya guru bimbingan dan konseling dalam mencegah perilaku cyberbullying pada remaja. Jurnal Konseling Gusjigang, 8(2), 141–149. https://doi.org/10.24176/jkg.v8i2.7700
Ramlah. (2018). Pentingnya layanan bimbingan konseling bagi peserta didik. Jurnal Al-Mau’izhah, 1(September), 70–76. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/mauizhah/article/download/8/6/
Riswanto, D., & Marsinun, R. (2020). Perilaku cyberbullying remaja di media sosial. Journal Analitika, 12(2), 98–111. https://doi.org/10.31289/analitika.v12i2.3704
Ruliyatin, E., & Ridhowati, D. (2021). Dampak cyberbullying pada pribadi siswa dan penanganannya di era pandemi covid-19. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 5(1), 1–5. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v5n1.p1-5
Saripah, I. & Pratita, A. N. (2018). Kecenderungan perilaku cyberbullying. Jurnal Ilmu Pendidikan, 180–192. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i3.13553
Sentana, B., Fitriyadi, S., & Mayasari, D. (2019). Peran guru bimbingan dan konseling dalam menangani perilaku agresif siswa di SMKN 5 Singkawang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 4(2), 60. https://doi.org/10.26737/jbki.v0i0.582
Setiowati, A. (2020). Strategi layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar untuk mengatasi perilaku bullying. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an. 7(2), 188–196. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.750
Suryati, N., & Salehudin, M. (2021). Program bimbingan dan konseling untuk mengembangkan kecerdasan spiritual dan emosional siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 578–588. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.349
Triwulandari, A. A., & Jatiningsih, O. (2022). Strategi sekolah dalam pencegahan cyberbullying pada siswa di SMP Negeri 6 Sidoarjo. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 11(1), 160–176. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p160-176
Ulfah, U., & Arifudin, O. (2020). Implementasi bimbingan dan konseling di sekolah dalam kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146. https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.189
Widodo, H., Sari, D. P., Wanhar, F. A., & Julianto, J. (2021). Pengaruh pemberian layanan bimbingan dan konseling terhadap komunikasi interpersonal siswa SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2168–2175. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.1028
Yulieta, F. T., Syafira, H. N. A., Alkautsar, M. H., Maharani, S., & Audrey, V. (2021). Pengaruh cyberbullying di media sosial terhadap kesehatan mental. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(8), 8–14. https://doi.org/10.56393/decive.v1i8.298
Authors who publish articles in TAUJIHAT: Jurnal Bimbingan Konseling Islam agree to the following conditions:
- Authors own the article's copyright and grant the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution – ShareAlike Licence.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchange and earlier and more extraordinary citation of the published work.