Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Perilaku Agresif melalui Konseling Individual

  • Timi Krismonia Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Keywords: perilaku agresif, rasa frustasi, rasa ketakutan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk guru BK agar dapat memahami akar masalah yang mendasari perilaku agresif siswa secara lebih mendalam. Melalui sesi konseling individual, guru BK dapat memberikan ruang yang aman bagi siswa untuk berbicara tentang pengalaman dan perasaan mereka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan penentuan informan melalui Teknik purposive sampling, yaitu wali kelas dan guru bimbingan konseling sebagai subjek dan objek. Instrumen penelitian mencakup wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan triangulasi data. Perilaku agresif diartikan sebagai tindakan yang dapat menyakiti hati dan merugikan diri sendiri serta orang lain. Konseling ini difokuskan pada pengembangan pemahaman diri, pengelolaan emosi, dan strategi penyelesaian konflik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)  perilaku agresif pada peserta didik melibatkan faktor kepribadian kuat dan pandangan bahwa tindakan tersebut wajar, juga kurangnya pengawasan, perhatian, dan kasih sayang dari orang tua. 2) Respon terhadap perilaku agresif melibatkan peran penting guru bimbingan dan konseling, termasuk layanan konseling individu sebagai salah satu strategi penanganan.

References

Ahmad, Y., & Sesriani, V. (2019). Penyebab munculnya perilaku agresif pada remaja. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 6(1), 23–36. https://doi.org/10.33373/kop.v6i1.1915

Ainni, N., & Rusli, D. (2022). Hubungan peer influence dengan perilaku agresif pada remaja di Sungai Penuh, Kerinci. Jurnal Riset Psikologi, 5(2), 1–8.

Sugianto, Ahmad., Qomariah, Mitha Suci., & Alisha, Annastya Nur. (2023). Peran guru bimbingan dan konseling dalam analisis profil gaya belajar siswa sebagai need assessment pembelajaran berdiferensiasi. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(03), 520–531. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4696

Amiluddin. (2020). Konseling individu membentuk pribadi berkarakter siswa di SMA Negeri 2 Barru. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 103–113. https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/bkmb/article/view/85

Arif, M., Situmorang, N. Z., & Tentama, F. (2019). Bentuk-bentuk perilaku agresif pada remaja. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 1992, 299–304. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2197

Arumsari, N. F. D., & Koesdyantho, A. R. (2021). Peran guru BK dalam mempersiapkan siswa-siswi menghadapi kurikulum merdeka belajar (penelitian pada siswa kelas XI Program Studi …. MEDIKons Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling, 7(2), 1–9. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/mdk/article/view/6388

Dewi, C., Palmita, N. C., Faturrohmah, A., & MAryati, S. (2021). Efektivitas ecite dalam meningkatkan konseling individual via telegram. Jurnal Bimbingan dan konseling Borneo, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.35334/jbkb.v3i2.2338

Enopadaria, C. (2021). Hubungan kontrol sosial dengan perilaku agresif pada remaja di Kota Padang. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(1), 37–42.

Fauza, W., & Chalidaziah, W. (2021). Konseling individual dalam mengatasi perilaku agresif siswa. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan dan konseling Islam, 2(1), 43–52. https://doi.org/10.32505/syifaulqulub.v2i1.3236

Febriella, F., Firman, & Riska, A. (2022). Peran guru bimbingan dan konseling dalam implementasi kurikulum merdeka belajar. Keguruan, 1(1), 126–132. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Keguruan/article/view/6452

Ferdiansa, G., & Neviyarni, S. (2020). Analisis perilaku agresif siswa. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 5(2), 8–12.

Fitriyanti, I., Ferdiansyah, M., & Arizona, A. (2019). Peran guru BK dalam mengidentifikasi kesulitan belajar siswa di SMA Bina Jaya Palembang. Jurnal Wahana Konseling, 2(2), 100. https://doi.org/10.31851/juang.v2i2.4286

Fuadi, M., Wahyuni, S., & Al-Farabi, M. (2023). Peran guru BK melalui konseling individu dalam menangani siswa bermasalah di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 45–52. https://doi.org/10.56832/pema.v3i2.352

Intan, Aminatul, R. (2022). Peran guru bimbingan dan konseling dalam menangani perilaku agresif siswa di SMKN 1 Batanghari. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 1(1), 43–48. https://doi.org/10.57251/ped.v1i1.208

Isnaeni, P. (2021). Konformitas terhadap perilaku agresif pada remaja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), 121. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i1.5672

Juwanto. (2020). Peran guru bimbingan dan konseling terhadap penggunaan handphone oleh siswa di SMA ll pembangunan Kota Padang. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 5(1), 73. https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v5i1.1225

Karneli, Y., Neviyarni, N., Firman, F., & Yulidar, Y. (2020). Pengembangan modul konseling kreatif dalam bingkai modifikasi kognitif perilaku untuk menurunkan perilaku agresif siswa. Jurnal Bimbingan dan konseling Ar-Rahman, 6(1), 43–49. https://doi.org/10.31602/jbkr.v6i1.1593

Kasiyan. (2015). Kesalahan implementasi teknik triangulasi pada uji validitas data skripsi mahasiswa jurusan pendidikan seni rupa FBS UNY. Imaji, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/imaji.v13i1.4044

Munawaro, S. A., & Nurjanis. (2019). Pengaruh layanan konseling individual terhadap sikap beragama klien di lembaga pembinaan khusus anak (LPKA) kelas II Pekanbaru. JRMDK : Jurnal Riset Dakwah dan Komunikasi, 1(5), 357–364.

Nursyifa, S. A., & Rosita, T. (2021). Layanan konseling individual dalam meningkatkan kedisiplinan siswa (studi kasus pada tiga siswa kelas IX di SMP Raksanagara Cihampelas ). FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(1), 25. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i1.4818

Pangarsa, N. J. (2018). Identifikasi faktor penyebab perilaku agresif pada siswa kelas 8 SMP Negeri 4 Ngaglik identification on the cause factor of aggresive behavior 8th grade students of SMP Negeri 4 Ngaglik. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, Vol 4, No(Perilaku Agresif), 203–213.

Putra, A. (2020). Metode Konseling individu dalam mengatasi bolos sekolah siswa kelas VIII SMPN 3 Lengayang Sumatera Barat (Studi Kasus Terhadap 1 Siswa). Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 16(2), 112–126. https://doi.org/10.14421/hisbah.2019.162-01

Qonita, M., Artati, K. B., Musyarofah, A., Wahyuni, F., & Tjalla, A. (2022). Pentingnya layanan bimbingan konseling di sekolah dasar terhadap perkembangan peserta didik. Guidance, 19(02), 106–120. https://doi.org/10.34005/guidance.v19i02.2211

Rahmadani, D. T. (2022). Proses layanan konseling individu dalam menentukan jurusan yang akan dipilih sesuai dengan minat siswa. JUANG : Jurnal Wahana Konseling, 5(8.5.2017), 2003–2005. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/juang.v5i1.7169

Saputri, O. K., Widiastuti, R., & Pratama, M. J. (2019). Analisis bentuk-bentuk perilaku agresif siswa pengguna game online. Bimbingan Konseling, 7(5), 1–16.

Ahmad, Y., & Sesriani, V. (2019). Penyebab munculnya perilaku agresif pada remaja. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 6(1), 23–36. https://doi.org/10.33373/kop.v6i1.1915

Ainni, N., & Rusli, D. (2022). Hubungan peer influence dengan perilaku agresif pada remaja di Sungai Penuh, Kerinci. Jurnal Riset Psikologi, 5(2), 1–8.

Sugianto, Ahmad., Qomariah, Mitha Suci., & Alisha, Annastya Nur. (2023). Peran guru bimbingan dan konseling dalam analisis profil gaya belajar siswa sebagai need assessment pembelajaran berdiferensiasi. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(03), 520–531. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4696

Amiluddin. (2020). Konseling individu membentuk pribadi berkarakter siswa di SMA Negeri 2 Barru. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 103–113. https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/bkmb/article/view/85

Arif, M., Situmorang, N. Z., & Tentama, F. (2019). Bentuk-bentuk perilaku agresif pada remaja. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 1992, 299–304. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2197

Arumsari, N. F. D., & Koesdyantho, A. R. (2021). Peran guru BK dalam mempersiapkan siswa-siswi menghadapi kurikulum merdeka belajar (penelitian pada siswa kelas XI Program Studi …. MEDIKons Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling, 7(2), 1–9. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/mdk/article/view/6388

Dewi, C., Palmita, N. C., Faturrohmah, A., & MAryati, S. (2021). Efektivitas ecite dalam meningkatkan konseling individual via telegram. Jurnal Bimbingan dan konseling Borneo, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.35334/jbkb.v3i2.2338

Enopadaria, C. (2021). Hubungan kontrol sosial dengan perilaku agresif pada remaja di Kota Padang. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(1), 37–42.

Fauza, W., & Chalidaziah, W. (2021). Konseling individual dalam mengatasi perilaku agresif siswa. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan dan konseling Islam, 2(1), 43–52. https://doi.org/10.32505/syifaulqulub.v2i1.3236

Febriella, F., Firman, & Riska, A. (2022). Peran guru bimbingan dan konseling dalam implementasi kurikulum merdeka belajar. Keguruan, 1(1), 126–132. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Keguruan/article/view/6452

Ferdiansa, G., & Neviyarni, S. (2020). Analisis perilaku agresif siswa. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 5(2), 8–12.

Fitriyanti, I., Ferdiansyah, M., & Arizona, A. (2019). Peran guru BK dalam mengidentifikasi kesulitan belajar siswa di SMA Bina Jaya Palembang. Jurnal Wahana Konseling, 2(2), 100. https://doi.org/10.31851/juang.v2i2.4286

Fuadi, M., Wahyuni, S., & Al-Farabi, M. (2023). Peran guru BK melalui konseling individu dalam menangani siswa bermasalah di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 45–52. https://doi.org/10.56832/pema.v3i2.352

Intan, Aminatul, R. (2022). Peran guru bimbingan dan konseling dalam menangani perilaku agresif siswa di SMKN 1 Batanghari. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 1(1), 43–48. https://doi.org/10.57251/ped.v1i1.208

Isnaeni, P. (2021). Konformitas terhadap perilaku agresif pada remaja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), 121. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i1.5672

Juwanto. (2020). Peran guru bimbingan dan konseling terhadap penggunaan handphone oleh siswa di SMA ll pembangunan Kota Padang. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 5(1), 73. https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v5i1.1225

Karneli, Y., Neviyarni, N., Firman, F., & Yulidar, Y. (2020). Pengembangan modul konseling kreatif dalam bingkai modifikasi kognitif perilaku untuk menurunkan perilaku agresif siswa. Jurnal Bimbingan dan konseling Ar-Rahman, 6(1), 43–49. https://doi.org/10.31602/jbkr.v6i1.1593

Kasiyan. (2015). Kesalahan implementasi teknik triangulasi pada uji validitas data skripsi mahasiswa jurusan pendidikan seni rupa FBS UNY. Imaji, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/imaji.v13i1.4044

Munawaro, S. A., & Nurjanis. (2019). Pengaruh layanan konseling individual terhadap sikap beragama klien di lembaga pembinaan khusus anak (LPKA) kelas II Pekanbaru. JRMDK : Jurnal Riset Dakwah dan Komunikasi, 1(5), 357–364.

Nursyifa, S. A., & Rosita, T. (2021). Layanan konseling individual dalam meningkatkan kedisiplinan siswa (studi kasus pada tiga siswa kelas IX di SMP Raksanagara Cihampelas ). FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(1), 25. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i1.4818

Pangarsa, N. J. (2018). Identifikasi faktor penyebab perilaku agresif pada siswa kelas 8 SMP Negeri 4 Ngaglik identification on the cause factor of aggresive behavior 8th grade students of SMP Negeri 4 Ngaglik. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, Vol 4, No(Perilaku Agresif), 203–213.

Putra, A. (2020). Metode Konseling individu dalam mengatasi bolos sekolah siswa kelas VIII SMPN 3 Lengayang Sumatera Barat (Studi Kasus Terhadap 1 Siswa). Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 16(2), 112–126. https://doi.org/10.14421/hisbah.2019.162-01

Qonita, M., Artati, K. B., Musyarofah, A., Wahyuni, F., & Tjalla, A. (2022). Pentingnya layanan bimbingan konseling di sekolah dasar terhadap perkembangan peserta didik. Guidance, 19(02), 106–120. https://doi.org/10.34005/guidance.v19i02.2211

Rahmadani, D. T. (2022). Proses layanan konseling individu dalam menentukan jurusan yang akan dipilih sesuai dengan minat siswa. JUANG : Jurnal Wahana Konseling, 5(8.5.2017), 2003–2005. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/juang.v5i1.7169

Saputri, O. K., Widiastuti, R., & Pratama, M. J. (2019). Analisis bentuk-bentuk perilaku agresif siswa pengguna game online. Bimbingan Konseling, 7(5), 1–16.

Sentana, B., Fitriyadi, S., & Mayasari, D. (2019). Peran guru bimbingan dan konseling dalam menangani perilaku agresif siswa di SMKN 5 Singkawang. JBKI : Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 4(September), 60–64. https://doi.org/https://doi.org/10.26737/jbki.v0i0.582

Setiawan, G., Elmansyah, T., & Hidayati, N. W. (2021). Peran guru bimbingan dan konseling dimasa pandemi covid-19 Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Pontianak. Bikons: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 22–32. https://jurnal.fipps.ikippgriptk.ac.id/index.php/BK/article/view/73

Subqi, I. (2019). Perilaku agresif remaja dalam tinjauan pola asuh keagamaan orang tua di Desa Baleadi Pati. IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology, 1(2), 186–214. https://doi.org/10.18326/ijip.v1i2.186-214

Wardani, U., & Pribadi, H. (2019). Upaya guru BK dalam menangani perilaku agresif siswa di SMP Negeri 12 Tarakan. Jurnal Bimbingan dan konseling Borneo, 1(1), 47–51. https://doi.org/10.35334/jbkb.v1i1.761

Yanuarti, Dian, R. (2020). Pendekatan lintas budaya dalam konseling individu untuk meningkatkan tanggung jawab pribadi konseli. 4(July), 1–23.

Yeni, K., Firman, & Netrawati. (2019). Upaya guru BK/konselor untuk menurunkan perilaku agresif siswa dengan menggunakan konseling kreatif dalam bingkai modifikasi kognitif perilaku. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 32. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.430.000-000

Published
2023-12-13
How to Cite
Krismonia, T. (2023). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Perilaku Agresif melalui Konseling Individual. TAUJIHAT: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 95-106. https://doi.org/10.21093/tj.v4i2.7576
Section
Articles