Kecemasan Karir: Konsep Diri dan Dukungan Sosial pada Mahasiswa

  • Alda Fahira Fadel Universitas Ahmad Dahlan
  • Dian Kinayung Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: dukungan sosial, kecemasan karir, konsep diri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan dukungan sosial dengan kecemasan karir. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa fakultas psikologi angkatan 2019 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Jumlah sampel yang peneliti teliti adalah 166 responden,  teknik sampling menggunakan cluster random sampling Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan alat ukur berupa skala kecemasan karir, skala konsep diri, dan skala dukungan sosial. Pendekatan regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis data. Hasil analisis menunjukkan temuan sebagai berikut: 1) Adanya hubungan yang sangat signifikan antara konsep diri dan dukungan sosial dengan kecemasan karir (R = 0,597; p = 0,000). 2) Terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara konsep diri dengan kecemasan karir (r = -0,568; p = 0,000). 3) Tidak terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan kecemasan karir (r = 0,140; p = 0,072). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa konsep diri dan dukungan sosial secara bersama-sama memiliki korelasi dengan kecemasan karir, namun jika dianalisis secara terpisah konsep diri memiliki korelasi dengan kecemasan karir sedangkan dukungan sosial tidak menunjukkan korelasi tersebut.

References

Abdillah, M. H., Anindita, W. D., Permatasari, S., Nabillah, B. R., & Mujidin, M. (2020). Description of friendship quality in Yogyakarta students. Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi, 18(02). https://doi.org/10.47007/jpsi.v18i02.92

Angelica, H., & Marpaung, W. (2020). Peran orientasi masa depan terhadap motivasi berprestasi karyawan. Psikologia: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 15(1), 33–38. https://doi.org/10.32734/psikologia.v15i1.3525

Asniar, A., Sumarna, N., & Kaimuddin, S. M. (2022). Konsep diri dan kecemasan dalam menghadapi dunia kerja. Jurnal Sublimapsi, 3(2), 129–140. https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v3i2.22520

Azwar, S. (2020). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar.

Boo, S., Kim, M., & Kim, S.-H. (2022). The relationship among undergraduate students’ career anxiety, choice goals, and academic performance. Journal of Hospitality & Tourism Education, 34(4), 229–244. https://doi.org/10.1080/10963758.2021.1963756

Burns, R. B. (1993). The self concept in theory, measurement, development, and behaviour. Longman.

Calhoun, J. F., & Acocella, J. R. (1990). Psychology of adjustment and human relationships. McGraw-Hill.

Direktorat Statistik Kependudukan dan Ketenagakerjaan. (2021). Keadaan angkatan kerja di Indonesia Agustus 2021. Badan Pusat Statistik.

Gilovich, T., Keltner, D., Chen, S., & Nisbett, R. E. (2019). Social psychology (Fifth edition). W.W. Norton and Company.

Hartuti, H., Tentama, F., Abdillah, M. H., & Alifah, R. N. (2020). Physical self, social self, psychological self, and moral self in reflecting self-concept. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 54(1), 158–169.

Hasan, A. B. P. (2012). Disiplin beribadah: Alat penenang ketika dukungan sosial tidak membantu stres akademik. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 1(3), 136. https://doi.org/10.36722/sh.v1i3.63

Hurlock, E. B. (1997). Developmental psychology: A life-span approach. McGraw-Hill.

Jannah, F. N., & Cahyawulan, W. (2023). Gambaran kecemasan karier mahasiswa tingkat akhir di masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 12(1), 45–57. https://doi.org/10.15294/ijgc.v12i1.55332

Kautish, P., Walia, S., & Kour, P. (2021). The moderating influence of social support on career anxiety and career commitment: An empirical investigation from India. Journal of Travel & Tourism Marketing, 38(8), 782–801. https://doi.org/10.1080/10548408.2021.1977765

Kim, S.-H. (2022). Development and validation of career anxiety measurement scale for physical education major university student. Korean Journal of Sports Science, 31(1), 1033–1050. https://doi.org/10.35159/kjss.2022.2.31.1.1033

Kombado, S. G. (2021). Hubungan antara konsep diri dan kecemasan terhadap karir mahasiswa Papua tingkat akhir Universitas Kristen Satya Wacana. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(3), 341–345. https://doi.org/10.23887/jibk.v12i3.38620

Lubis, L., Abdurrahman, A., & Fazira, E. (2022). Connection management self-concept and social support with student confidence. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 31–38. https://doi.org/10.31538/ndh.v7i1.1890

Maulana, R., & Fauzi, S. A. (2019). Penerapan Terapi Rasional Emotif (TRE) dalam mengurangi kecemasan siswa menentukan karier. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(2), 57–64. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i2.4248

Mirah, F. F. E., & Indianti, W. (2018). Pengaruh kecemasan karir terhadap commitment to career choice dengan kelekatan orang tua sebagai moderator. Jurnal Psikologi Insight, 2(1), 74–89. https://doi.org/10.17509/insight.v2i1.11947

Mutlu, Ç., & Esen, D. (2022). Career anxiety of tourism students: An analysis with projective techniques. International Journal of Contemporary Tourism Research, 6(1), 1–19. https://doi.org/10.30625/ijctr.1123672

Ningrum, J. A., Muhibah, S., & Handoyo, A. W. (2022). Development of career anxiety module on students’ future orientation. Bisma The Journal of Counseling, 6(3), 352–357. https://doi.org/10.23887/bisma.v6i3.54195

Pratiwi, S. N., & Irawati, W. (2020). Pengaruh career exploration terhadap career indecision yang dimediasi career anxiety mahasiswa Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala. Jurnal Manajemen Inovasi, 11(1), 97–111. https://doi.org/10.24815/jmi.v11i1.16537

Putra, I. D. G., & Suhariadi, F. (2021). Pengaruh adversity quotient dan konsep diri terhadap kecemasan dalam menghadapi dunia kerja masa pandemi. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental, 1(1), 844–851. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.26802

Putri, S. D., Yusuf, M., & Afdal, A. (2021). Pendekatan Trait and Factor dalam mengatasi kecemasan karir siswa SMA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1513–1520. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.590

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2022). Health psychology: Biopsychosocial interactions (Tenth edition). Wiley.

Söner, O., & Yilmaz, O. (2022). How do personality traits influence adolescents’ career anxiety and self-efficacy in making career decisions? Journal of Teacher Education and Lifelong Learning, 4(2), 110–123. https://doi.org/10.51535/tell.1161175

Takil, N. B., & Sari, B. A. (2021). Trait anxiety vs career anxiety in relation to attentional control. Current Psychology, 40(5), 2366–2370. https://doi.org/10.1007/s12144-019-0169-8

Tentama, F., & Abdillah, M. H. (2019). Student employability examined from academic achievement and self-concept. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 243–248. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.18128

Tentama, F., & Riskiyana, E. R. (2020). The role of social support and self-regulation on work readiness among students in vocational high school. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(4), 826. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20578

Tentama, F., Subardjo, S., & Abdillah, M. H. (2019). Motivation to learn and social support determine employability among vocational high school students. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 237–242. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.18188

Tsai, C.-T., Hsu, H., & Hsu, Y.-C. (2017). Tourism and hospitality college students’ career anxiety: Scale development and validation. Journal of Hospitality & Tourism Education, 29(4), 158–165. https://doi.org/10.1080/10963758.2017.1382365

Published
2023-12-24
How to Cite
Fadel, A., & Kinayung, D. (2023). Kecemasan Karir: Konsep Diri dan Dukungan Sosial pada Mahasiswa. TAUJIHAT: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 133-145. https://doi.org/10.21093/tj.v4i2.8023
Section
Articles