Bimbingan Kelompok dengan Teknik Behavior Contract Guna Meningkatkan Motivasi Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar santri melalui bimbingan kelompok dengan teknik behavior contract. Metode yang digunakan adalah penelitian survey. Subjek yang peneliti gunakan adalah santri TPQ Al-Muttaqien Nusukan. Pemilihan subjek penelitian menggunakan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria santri yang memiliki taraf motivasi belajar rendah. Peneliti menggunakan kuesioner motivasi belajar hasil modifikasi. Pengambilan data dalam penelitian dilaksanakan sebanyak tiga kali, yang diawali dari pre-test, siklus I, dan siklus II. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan rerata di masing-masing siklus. Hasil pre-test sebesar 76.1, pada siklus I berlangsung peningkatan hingga 89.5 dan pada siklus II mencapai 93.8. Dari hasil tersebut diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan motivasi belajar dapat terjadi setelah adanya bimbingan kelompok teknik behavior contract.
References
Aprilianti, E. (2024). The effectiveness of group guidance and counseling with the application of the behavior contract technique in improving learning motivation among students. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 6(1), 13–32. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v6i1.4110
Bąbel, P. (2020). Operant conditioning as a new mechanism of placebo effects. European Journal of Pain, 24(5), 902–908. https://doi.org/10.1002/ejp.1544
Dardig, J. C., & Heward, W. L. (2022). Let’s make a contract: A positive way to change your child’s behavior. The Collective Book Studio.
Devi, I. G. A. F., Jampel, I. N., & Antara, P. A. (2022). The positive effect of behavioral contract techniques on children’s discipline. Indonesian Values and Character Education Journal, 5(1), 42–51. https://doi.org/10.23887/ivcej.v5i1.44228
Devi, I. G. A. F., Jampel, I. N., Antara, P. A., & Gading, K. (2021). Behavioral contract technique positively affects children’s discipline. 2nd International Conference on Technology and Educational Science (ICTES 2020), Singaraja, Bali, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210407.283
Dhori, M. (2021). Analisis teori belajar behavioristik dalam proses belajar mengajar di SD Negeri 7 Kayuagung. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(1), 110–124. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.11-09
Dixon, M. R., Hayes, S. C., & Belisle, J. (2023). Acceptance and commitment therapy for behavior analysts: A practice guide from theory to treatment. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003250371
Edgemon, A. K., Rapp, J. T., Coon, J. C., Cruz‐Khalili, A., Brogan, K. M., & Richling, S. M. (2021). Using behavior contracts to improve behavior of children and adolescents in multiple settings. Behavioral Interventions, 36(1), 271–288. https://doi.org/10.1002/bin.1757
Ela, S. S. S., & Muammaroh, N. L. R. (2021). Pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap motivasi belajar santri di TPQ Raudlatut Tholibin. Psikodinamika - Jurnal Literasi Psikologi, 2(2), 122–130. https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v2i2.976
Fadlillah, I., & Marwan, I. (2021). Pemberdayaan TPQ melalui kegiatan BCM (bermain, cerita, menyanyi) untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar di TPQ Miftahu Huda Desa Banjarsari. Jurnal Pengabdian MasyarakatIlmu Keguruan dan Pendidkan, 4(2), 74–84. https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v4i2.1034
Guntara, E., & Sulian, I. (2020). Pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik behavior contract untuk mereduksi perilaku agresif siswa kelas VIII 8 SMP Negeri 8 Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 3(2), 117–125. https://doi.org/10.33369/consilia.3.2.117-125
Hamzah. (2021). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. bumi aksara.
Harmalis, H. (2019). Motivasi belajar dalam perspektif Islam. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 51–61. https://doi.org/10.32939/ijcd.v1i1.377
Indari, T. (2023). Konseling individu teknik behavior contract untuk mengurangi perilaku membolos sekolah di SMK. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 3(1), 12–21. https://doi.org/10.17977/um065v3i12023p12-21
Liu, L., Liu, Y., Wang, T., & Liu, Y. (2023). The application of behavior contract in education. Research and Advances in Education, 2(3), 49–51. https://doi.org/10.56397/RAE.2023.03.10
Mahfud, A., & Ghazal, S. A. (2022). Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an menggunakan metode Iqro di TPQ X Rengasdengklok Karawang. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 2(2), 109–114. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i2.1482
Meiliawati, R., & Sari, A. R. P. (2021). Analisis kemampuan regulasi diri dan motivasi belajar mahasiswa pada masa pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 12(2), 175–184. https://doi.org/10.37304/jikt.v12i02.132
Monica, M. A., Erlina, N., & Rahmaniar, P. R. (2022). Penerapan konseling behavioral menggunakan teknik kontrak perilaku dalam meningkatkan kedisiplinan belajar. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(1), 49–54. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i1.146
Purnama, A. S., Mursidi, A., & Trisnawati, K. A. (2019). Behavioral counseling effectiveness behavior contract technique to decrease behavior academic procrastination of students. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(7), 760–764. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i7.1771
Rahman, S. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar, November, 289–302.
Rohmana, D. W., Mutakin, F., & Ernawati, S. (2023). Upaya meningkatkan displin belajar siswa dengan konseling kelompok behavior contract. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 6(1), 37–48. https://doi.org/10.56013/jcbkp.v6i1.1745
Sa’id, M. S. (2021). Kuranganya Motivasi Belajar Matematika Selama Pembelajaran Daring di MAN 2 Kebumen. JI-MR: Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, Vol. 2, 7–11.
Sardiman, S. (2018). Interaksi dan motivasi: Belajar mengajar. Raja Grafindo Persada.
Sari, D. I., Saputra, R., & Barriyati, B. (2023). Upaya meningkatkan motivasi sembuh melalui konseling individu dengan menggunakan teknik behavior contract pada rehabilitas residen. Jurnal Basicedu, 7(4), 2406–2417. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5633
Sari, D. P., Rusmin, R., & Deskoni, D. (2018). Pengaruh iklim kelas terhadap motivasi belajar peserta didik di SMAN 3 Tanjung Raja. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 5(1), 80–88. https://doi.org/10.36706/jp.v5i1.5639
Shahbana, E. B., Kautsar Farizqi, F., & Satria, R. (2020). Implementasi teori belajar behavioristik dalam pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24–33. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.249
Subhan, S. (2023). Analisis efektifitas metode Iqro dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SD. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 4(2), 49–57. https://doi.org/10.53299/diksi.v4i2.326
Sulistyowati, S. (2020). Bimbingan kelompok dengan teknik behavior contract untuk meningkatkan perilaku sopan santun. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2). https://doi.org/10.24176/jino.v3i2.5417
Wicaksono, P. (2021). Pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap motivasi belajar mengaji di TPQ Ar-Rahman Desa Jatisawit Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes [Skripsi]. UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
Zaifullah, Z. (2021). Urgensi reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar pendekatan teori Peter M. Blau (teori pertukaran). Scolae: Journal of Pedagogy, 4(1), 42–46. https://doi.org/10.56488/scolae.v4i1.90
Authors who publish articles in TAUJIHAT: Jurnal Bimbingan Konseling Islam agree to the following conditions:
- Authors own the article's copyright and grant the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution – ShareAlike Licence.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchange and earlier and more extraordinary citation of the published work.