Pengembangan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik tentang Layanan Bimbingan dan Konseling
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Macromedia Flash dalam bidang bimbingan dan konseling. Metode yang digunakan adalah research and development (R&D). Lokus penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Adimulyo, Kabupaten Kebumen. Peneliti menggunakan subjek ahli dan subjek uji coba lapangan untuk menguji kelayakan aplikasi Macromedia Flash. Peneliti menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif dalam penelitian ini. Analisis data kualitatif dilakukan untuk memperoleh saran perbaikan dari ahli materi dan ahli media, sedangkan analisis data kuantitatif dilakukan untuk menguji efektivitas Macromedia Flash dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang layanan bimbingan dan konseling. Dari hasil analisis kualitatif diperoleh masukan dari para ahli bahwa perlu adanya perbaikan pada pewarnaan background, font harus disesuaikan dengan ruang, dan masukan sumber referensi pada video YouTube yang digunakan. Sedangkan dari hasil analisis kuantitatif diperoleh nilai t = 14,295 dengan taraf Sig. = 0,000; Artinya ada perbedaan pemahaman layanan bimbingan dan konseling siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan Macromedia Flash. Berdasarkan hasil kedua analisis tersebut dapat disimpulkan pengembangan aplikasi Macromedia Flash dalam penelitian ini layak digunakan guru BK dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling.
References
Fadhilah, M. F., Alkindi, D., & Muhid, A. (2021). Cyber counseling sebagai metode meningkatkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah: Literature review. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 11(1), 86–94. https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i1.8393
Fitriani, E., Neviyarni, N., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2022). Problematika layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3), 174–180. https://doi.org/10.24036/nara.v1i3.69
Gall, M. D., & Borg, W. R. (2014). Applying educational research: How to read, do, and use research to solve problems of practice (7th Edition). Pearson.
Hariyadi, S., Hartati, M. T. S., Sunawan, S., Isrofin, B., Mawadah, Z., & Kurniawati, S. (2022). Game based learning dalam aplikasi layanan dasar bimbingan dan konseling di sekolah. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 7(1), 22–34. https://doi.org/10.28926/briliant.v7i1.832
Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash bermuatan problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323–334. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.652
Irawan, Y., Wahyuni, R., & Herianto, H. (2019). Media pembelajaran bahasa Inggris dasar menggunakan macromedia flash 8 di TK Kartika 1.50 Kecamatan Sail Kota Pekanbaru. INFORMATIKA: Jurnal Informatika, Manajemen dan Komputer, 11(2), 1–7. https://doi.org/10.36723/juri.v11i2.170
Kania, N., & Arifin, Z. (2020). Aplikasi macromedia flash untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 96–109. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2872
Kurniati, E. (2018). Bimbingan dan konseling di sekolah; Prinsip dan asas. RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(2), 54–60. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2018.v3i2.54-60
Kurniawan, D., Wahyuningsih, T., & Umar, H. (2021). Pelatihan pembuatan aplikasi alat tes menggunakan macromedia flash dan google forms bagi konselor sekolah tahun 2020. International Journal of Community Service Learning, 5(2), 145–150. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.35536
Mawarni, E., Mulyani, B., & Yamtinah, S. (2015). Penerapan peer tutoring dilengkapi animasi macromedia flash dan handout untuk meningkatkan motivasi berprestasi dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 4 SMAN 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 29–37.
Munandar, H., Yulian, M., & Shaliha, F. N. (2022). Pengembangan media geometri molekul menggunakan macromedia flash sebagai solusi media pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Lantanida Journal, 9(2), 171. https://doi.org/10.22373/lj.v9i2.12683
Novitasari, A., Hakiki, N., & Lessy, Z. (2021). Pengaruh bimbingan keagamaan terhadap perubahan perilaku anak. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 33–37. https://doi.org/10.24014/ittizaan.v4i2.14855
Nursalim, M. (2020). Peluang dan tantangan profesi bimbingan dan konseling di era revolusi industri 4.0. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(1), 31–40. https://doi.org/10.1234/pdabkin.v1i1.14
Purwitasari, M., Lathifah, M., & Sutijono, S. (2022). Peran guru BK dalam implementasi layanan bimbingan belajar masa pandemi SMP Negeri 2 Gresik. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(2), 16–23. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v8i2.6476
Rachman, A., Sugianto, A., & Yustina, S. (2020). Pemahaman panduan operasional penyelenggaraan bimbingan dan konseling tingkat SMP. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 6(1), 29–32. https://doi.org/10.31602/jbkr.v6i1.2266
Rahman, N. A. B., Wulandari, R. I., Fatma, N., Sani, M. Z., & Lessy, Z. (2023). Pendidikan karakter di lingkungan keluarga dalam perspektif hadits. Waniambey: Journal of Islamic Education, 4(1), 37–56. https://doi.org/10.53837/waniambey.v4i1.483
RIA WAHYU ASTUTI. (2013). Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling untuk Merubah Persepsi Negatif Siswa di Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Lamongan. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling UNESA, 3(1).
Sari, I. N., Saputro, S., & Ashadi, A. (2013). Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis macromedia flash sebagai sumber belajar mandiri pada materi Koloid kelas XI IPA SMA dan MA. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(3), 152–157.
Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suyitno, S., Purwoko, R. Y., Widiyono, Y., Jatmoko, D., Nurtanto, M., & Hassan, Z. (2020). Development of learning media for automotive charging system based on macromedia flash vocational school. Universal Journal of Educational Research, 8(11), 64–71. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082308
Tasril, V., Wijaya, R. F., & Widya, R. (2019). Aplikasi pintar belajar bimbingan dan konseling untuk siswa SMA berbasis macromedia flash. Jurnal Informasi Komputer Logika, 1(3), 1–10.
Trisnowati, E., & Ralasari, T. M. (2019). Pengembangan media webblog untuk layanan bimbingan dan konseling di IKIP-PGRI Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(1), 135–148. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i1.1260
Ulfah, U., & Arifudin, O. (2019). Peran konselor dalam mengembangkan potensi peserta didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.45
Utami, S., Sari, R. P., & Renata, D. (2021). Peranan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan perilaku prososial siswa pada pembelajaran daring. Guidance, 18(02), 19–32. https://doi.org/10.34005/guidance.v18i02.1745
Wahdanah, I. N., Saputri, L., & Abdurrahman, A. (2022). Teknik konseling umum yang digunakan guru bimbingan dan konseling untuk mengatasi permasalahan siswa di SMA Negeri 1 Stabat. Guidance, 19(02), 151–163. https://doi.org/10.34005/guidance.v19i02.2020
Yolanda, F., & Wahyuni, P. (2020). Pengembangan bahan ajar berbantuan macromedia flash. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 170–177. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3612
Yori, A. T. A., Purwandari, P., & Kartikawati, S. (2017). Pengaruh penerapan media pembelajaran macromedia flash berbasis problem solving untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Proteksi Sistem Tenaga Listrik. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 2(2), 1. https://doi.org/10.25273/jupiter.v2i2.1792
Yuniar, L. D. (2021). Optimalisasi layanan bimbingan dan konseling menggunakan aplikasi Hallo BK. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 1(2), 103–109. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v1i2.473
Zulfa, L. N., & Haryanto, H. (2021). Pengaruh media macromedia flash terhadap literasi sains dan sikap demokratis mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 52–64. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18266
Authors who publish articles in TAUJIHAT: Jurnal Bimbingan Konseling Islam agree to the following conditions:
- Authors own the article's copyright and grant the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution – ShareAlike Licence.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchange and earlier and more extraordinary citation of the published work.