Peran Husnudzan dalam Memprediksi Future Time Perspective Mahasiswa: Studi Perkembangan Emerging Adulthood

  • Nahlia Shafwa Azzaida Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Alen Fadila Meilani Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Saskia Rachmadani Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Eka Rizki Meilani Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Keywords: emerging adulthood, future time perspective, husnudzan

Abstract

Husnudzan sebagai sebuah sikap positif dalam memandang segala sesuatu diasumsikan dapat mempengaruhi bagaimana individu memandang masa depan. Ketidakpastian dan berbagai tekanan yang didapat membuat mahasiswa pada masa emerging adulthood mengalami hambatan untuk berpikir positif terhadap masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh husnudzan terhadap future time perspective pada mahasiswa sebagai individu emerging adulthood. Partisipan dalam penelitian ini adalah 179 mahasiswa aktif di Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto dengan usia 18 hingga 25 tahun yang dipilih berdasarkan teknik purposive random sampling. Analisis data dilakukan dengan uji regresi quadratic sehingga diperoleh α = 0.089. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh husnudzan terhadap future time perspective pada mahasiswa. Meskipun hipotesis penelitian ini ditolak namun hasil penelitian memberikan implikasi bahwa dengan melakukan husnudzan, mahasiswa dapat memaknai segala peristiwa yang terjadi secara lebih positif.

References

Alifah, S., & Viena, Y. (2024). Hubungan antara psychological well being dengan quarter life crisis pada dewasa awal yang bekerja di Kecamatan Setu. https://doi.org/10.5281/ZENODO.12729162

Allemand, M., Olaru, G., & Hill, P. L. (2025). Future time perspective and depression, anxiety, and stress in adulthood. Anxiety, Stress, & Coping, 38(1), 58–72. https://doi.org/10.1080/10615806.2024.2383220

Arnett, J. J. (2014). Emerging adulthood: The winding road from the late teens through the twenties (2 ed.). Oxford University PressNew York. https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780199929382.001.0001

Arsy, H. (2011). Hubungan berpikir positif dengan kecemasan menghadapi masa depan pada mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. https://repository.uin-suska.ac.id/1164/1/2011_201108.pdf

Cahyani, P. (2024). Pengaruh efikasi diri, husnuzan, dan dukungan sosial terhadap kecemasan masa depan pada mahasiswa UIN Jakarta [Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/81312

Callista, Q., & Basaria, D. (2024). Analisis korelasi antara future anxiety dengan psychological well-being pada mahasiswa tingkat akhir. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 1072–1083. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.212

Denovan, A., Dagnall, N., Macaskill, A., & Papageorgiou, K. (2020). Future time perspective, positive emotions and student engagement: A longitudinal study. Studies in Higher Education, 45(7), 1533–1546. https://doi.org/10.1080/03075079.2019.1616168

Fairuzzahra, D. A., Aryandari, D., & Purwadi, M. (2018). Hubungan antara husnudzon dan kecemasan pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Islam, 5(2), 69–74.

Farah, N. K., & Indrawati, E. (2021). Hubungan future time perspective dan self efficacy dengan kematangan karir di Italian Fashion School. Psikologi Kreatif Inovatif, 1(1), 47–55.

Froehlich, D. E., Beausaert, S. A. J., & Segers, M. S. R. (2015). Great expectations: The relationship between future time perspective, learning from others, and employability. Vocations and Learning, 8(2), 213–227. https://doi.org/10.1007/s12186-015-9131-6

Husman, J., & Shell, D. F. (2008). Beliefs and perceptions about the future: A measurement of future time perspective. Learning and Individual Differences, 18(2), 166–175. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2007.08.001

Isoda, Y., Kudo, R., & Onzo, N. (2025). Being old does not mean “All the Same”: Future thoughts for understanding senior market diversity. Quarterly Journal of Marketing, 45(1), 55–63. https://doi.org/10.7222/marketing.2025.008

Kooij, D. T. A. M., Kanfer, R., Betts, M., & Rudolph, C. W. (2018). Future time perspective: A systematic review and meta-analysis. Journal of Applied Psychology, 103(8), 867–893. https://doi.org/10.1037/apl0000306

Li, S., Su, J., Zhao, D., Wang, J., & Wang, G. (2023). Future time perspective and academic procrastination among nursing students: The mediating role of mindfulness. Nursing Open, 10(6), 3737–3743. https://doi.org/10.1002/nop2.1630

Miller, J. L. (2011). The relationship between identity development processes and psychological distress in emerging adulthood [Dissertation, Washington University]. https://scholarspace.library.gwu.edu/concern/gw_etds/9s1616406

Mutiasari, F., & Sunawan, S. (2021). Hubungan future time perspective dengan personal growth initiative mahasiswa. Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 7(2), 89–96. https://doi.org/10.15548/atj.v7i2.2834

Putri, M. A. D., Matulessy, A., & Pratitis, N. (2024). Kecemasan masa depan pada mahasiswa tingkat akhir: Adakah peranan internal locus of control? JIWA: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2), 394–402. https://doi.org/10.30996/jiwa.v2i2.10551

Rohmah, M., & Asror, A. (2022). Pengaruh husnuzan terhadap quarter life crisis pada dewasa dini mahasiswa Psikologi Islam di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Psychospiritual: Journal of Trends in Islamic Psychological Research, 1(2), 92–110. https://doi.org/10.12345/psychospiritual.v1i2.10

Rudolph, C. W., Kooij, D. T. A. M., Rauvola, R. S., & Zacher, H. (2018). Occupational future time perspective: A meta‐analysis of antecedents and outcomes. Journal of Organizational Behavior, 39(2), 229–248. https://doi.org/10.1002/job.2264

Rusydi, A. (2012). Husn al-zhann: The concept of positive thinking in islamic psychology perspective and its benefit on mental health. Proyeksi, 7(1), 1–31. https://doi.org/10.30659/p.7.1.1-31

Stolarski, M., Fieulaine, N., & Van Beek, W. (Ed.). (2015). Time perspective theory; Review, research and application: Essays in honor of Philip G. Zimbardo. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-07368-2

Syaf, A., Anggraini, Y., & Murni, A. (2017). Hubungan antara berpikir positif dengan kecemasan komunikasi pada mahasiswa. Psychopolytan : Jurnal Psikologi, 1(1), 31–38.

Üstün, Ü. D., & Aykin, A. G. (2022). Changes in the future time perspective of university students. Revista on line de Política e Gestão Educacional, 26(1), 1–11. https://doi.org/10.22633/rpge.v26iesp.1.16509

Uyun, Q., & Siddik, I. N. (2018). Khusnudzon dan psychological well being pada orang dengan HIV/AIDS. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 3(2), 86–93. https://doi.org/10.19109/psikis.v3i2.1735

Yucel, S. (2014). The Notion of “Husnu’l Zann” or positive thinking in Islam: Medieval perspective. International Journal of Humanities and Social Science, 4(6), 101–112.

Published
2024-06-19
How to Cite
Azzaida, N., Meilani, A., Rachmadani, S., & Meilani, E. (2024). Peran Husnudzan dalam Memprediksi Future Time Perspective Mahasiswa: Studi Perkembangan Emerging Adulthood. TAUJIHAT: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 5(1), 46–56. https://doi.org/10.21093/tj.v5i1.9810
Section
Articles