Exploring Barriers to Female Students’ Participation in Floor Gymnastics at Elementary Schools in Samarinda

  • Erwin Nur Rahma Dandi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Jeane Betty Kurnia Jusuf Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Faktor Eksternal, Faktor Internal, Minat Belajar, Senam Lantai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai variabel yang menghambat minat siswi dalam mengikuti pembelajaran senam lantai di SDN 016 Sungai Kunjang, Desa Teluk Lerong Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang. Pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan dalam studi ini, dengan populasi berjumlah 32 siswi kelas 3 dan 4 yang dijadikan sampel penuh. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner tertutup menggunakan skala Likert yang mengukur faktor internal (minat pribadi, kepercayaan diri, dan motivasi) serta faktor eksternal (dukungan guru, fasilitas, dan lingkungan belajar). Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif melalui program SPSS. Hasil menunjukkan bahwa baik faktor internal maupun eksternal memengaruhi rendahnya minat siswi terhadap senam lantai. Rata-rata skor untuk faktor internal adalah 30,19 untuk motivasi, 30,19 untuk kepercayaan diri, dan 30,19 untuk minat pribadi. Sedangkan faktor eksternal menunjukkan rata-rata skor yang sama, yaitu 31,03 untuk dukungan guru, 31,03 untuk fasilitas, dan 31,03 untuk lingkungan belajar. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan strategi pembelajaran senam lantai yang lebih adaptif, menyenangkan, serta sesuai dengan kondisi psikologis dan kebutuhan perkembangan motorik siswi sekolah dasar.

Published
2025-07-31