Exploring Barriers to Female Students’ Participation in Floor Gymnastics at Elementary Schools in Samarinda

  • Erwin Nur Rahma Dandi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Jeane Betty Kurnia Jusuf Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Faktor Eksternal, Faktor Internal, Minat Belajar, Senam Lantai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai variabel yang menghambat minat siswi dalam mengikuti pembelajaran senam lantai di SDN 016 Sungai Kunjang, Desa Teluk Lerong Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang. Pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan dalam studi ini, dengan populasi berjumlah 32 siswi kelas 3 dan 4 yang dijadikan sampel penuh. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner tertutup menggunakan skala Likert yang mengukur faktor internal (minat pribadi, kepercayaan diri, dan motivasi) serta faktor eksternal (dukungan guru, fasilitas, dan lingkungan belajar). Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif melalui program SPSS. Hasil menunjukkan bahwa baik faktor internal maupun eksternal memengaruhi rendahnya minat siswi terhadap senam lantai. Rata-rata skor untuk faktor internal adalah 30,19 untuk motivasi, 30,19 untuk kepercayaan diri, dan 30,19 untuk minat pribadi. Sedangkan faktor eksternal menunjukkan rata-rata skor yang sama, yaitu 31,03 untuk dukungan guru, 31,03 untuk fasilitas, dan 31,03 untuk lingkungan belajar. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan strategi pembelajaran senam lantai yang lebih adaptif, menyenangkan, serta sesuai dengan kondisi psikologis dan kebutuhan perkembangan motorik siswi sekolah dasar.

References

Agnes, A., & Sukendro, S. (2023). Tingkat Minat Siswa pada Senam Lantai di SDN 198/X Desa Rawasari. Jurnal Pion, 3(2), 123–130.

Akbar, H., Handayani, S. G., Wahyuri, A. S., & Zulbahri, Z. (2024). Tinjauan Implementasi Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Senam Lantai Meroda DI SMPN 2 Padang. Jurnal JPDO, 7(10), 2372–2381.

Ashidqy, A. Z., Gani, R. A., Achmad, I. Z., Syafei, M. M., Purbangkara, T., & Resita, C. (2023). Faktor-Faktor Penghambat Peserta Didik Mengikuti Pembelajaran Senam Lantai. Jurnal Penjakora, 10(1), 10–21.

Attaya, M. R., Furqan, M., & Syahdewa, M. G. (2024). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Gerak Anak: Literature Review. Seminar Nasional Lppm Ummat, 3, 822–829.

Bimantoro, J., & Zoki, A. (2022). Analisis Kecemasan Dalam Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sidowarek 2 Jombang. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(3), 254–259.

Harahap, N. (2024). Kreativitas guru dalam mengatasi keterbatasan sarana dan prasarana dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Dasar Negeri 1203 Padang Hasior Kecamatan Sihapas Barumun Kabupaten Padang Lawas. UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Hasni, H., Jusuf, J. B. K., & Santoso, J. A. (2024). Hubungan antara Percaya Diri dengan Hasil Belajar Guling Depan Siswa SD. Jurnal Pendidikan Olahraga, 14(3), 169–176.

Irawan, D. C., Aziz, M. Z., & Wibisono, I. G. A. B. (2024). Hubungan antara motivasi siswa dengan efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 3(2), 105–115.

Kanahaya, D., Khaerunisa, H., Hakiki, I. N., Iskandar, N. M., & Prasetyo, T. (2024). Menyelaraskan Tubuh dan Pikiran: Manfaat Kognitif Memasukkan Senam ke dalam Pendidikan Jasmani. Karimah Tauhid, 3(3), 3669–3684.

Maulana, M., Ismaya, B., & Hidayat, A. S. (2020). Minat siswi dalam pembelajaran pendidikan jasmani senam lantai SMAN 1 Cikampek. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1).

Mumtazza, H. S., Pramanta, I. A. D., Kurniawan, D., Raubun, G. R. Y., & Hambali, B. (2024). Pentingnya Pendidikan Jasmani dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa dalam Olahraga dan Kegiatan Fisik. Integrated Sport Journal (ISJ), 2(2), 9–17.

Mylsidayu, A. (2022). Psikologi olahraga. Bumi Aksara.

Nasution, K. A., Karo, A. A. P. K., & Swandana, A. (2025). Pengaruh Penerapan Ice Breaking terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani pada Materi Permainan Sepak Bola Siswa Kelas V MIS Al Husna Serdang Bedagai. Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 50–56.

Nuryani, I. (2024). Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan Pendidikan. Penerbit Widina.

Octavia, S. A. (2023). Guru dan Pembelajaran Menyenangkan. Deepublish.

Purba, A. E., Siregar, S., Hidayat, A., & Taher, R. (2024). Mengatasi Masalah Pembelajaran Guru PJOK Sarana dan Prasarana di Sekolah SDN 101776 Sampali. Journal of Creative Student Research, 2(6), 01–06.

Rahametwan, E., Yuswo, L., & Khalimatus, L. (2024). Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Remaja Putri Dalam Menghadapi Manarche Di SDN Jabon 2 Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto. Perpustakan Universitas Bina Sehat PPNI.

Setiana, S., & Eliasa, E. I. (2024). Karakteristik Perkembangan Fisik, Kognitif, Emosi Sosial, dan Moral Pada Anak Usia Sekolah Dasar (7-12 Tahun). Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 127–138.

Sleman, N. K., & Jasmani, P. G. S. D. P. (N.D.). Kepercayaan Diri Peserta Didik Dalam Pembelajaran Guling Belakang Di Sd Negeri Karangjati Kecamatan.

Tifal, I. N. (2023). Pendidikan Jasmani dan Olahraga sebagai Sarana Pendidikan dan Pembentukan Karakter Peserta Didik. JPKO Jurnal Pendidikan Dan Kepelatihan Olahraga, 1(01), 1–9.

Wulandari, S. (2024a). Survey Minat Siswa Dalam Mengikuti Senam Kebugaran Jasmani (SKJ) 2012 di SMA/SMK Se-Kecamatan Lhoknga. Universitas Bina Bangsa Getsempena.

Wulandari, S. (2024b). Survey Minat Siswa Dalam Mengikuti Senam Kebugaran Jasmani (SKJ) 2012 di SMA/SMK Se-Kecamatan Lhoknga. Universitas Bina Bangsa Getsempena.

Yusuf, R. A. (2022). Aktivitas fisik pada remaja. Penerbit NEM.

Published
2025-07-31