Korelasi Antara Tanggung Jawab Belajar dengan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran PAI Siswa SMPN 1 Muara Pahu

  • Rossi Febri Rahayu IAIN Samarinda

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang terjadi, siswa kurang memiliki tanggung jawab dalam belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi yang signifikan dan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan ada dan tidaknya korelasi antara tanggung jawab belajar dengan prestasi belajar pada mata pelajaran siswa SMP Negeri 1 Muara Pahu. Jenis penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 182 orang, dan sampel sebanyak 65 responden. Dari hasil dan analisis data dapat disimpulkan bahwa korelasi antara tanggung jawab belajar dengan prestasi belajar siswa berkorelasi negatif atau tidak memiliki hubungan yang signifikan. Faktor-faktor yang menyebabkan tanggung jawab belajar dengan prestasi belajar tidak berhubungan karena beberapa hal, yaitu: 1) siswa kurang memiliki sikap yang positif, 2) siswa memiliki kontrol diri yang kurang, 3) siswa menunda-nunda mengenrjakan PR, 4) siswa terlalu santai dengan tugasnya, 5) perhatian orang tua terhadap prestasi siswa, 6) peran guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

References

Basri, A. Said Hasan. Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Ditinjau dari Religiusitas. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam. Vol. 14 No. 2. 2017
Basri, Hasan dan Beni Ahmad Saebani. Ilmu Pendidikan Islam (Jilid II). Pustaka Stia. Bandung. 2010.
Dalyono. Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta. 2010
Fadilah, Ahmad. Skripsi: Pengaruh Penggunaan Alat Komunikasi Handphone (HP) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa SMP Negeri 66 Jakarta Selatan. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta. 2011
Fathurrohman, Muhammad Taufik. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 10 Tahun ke-6. 2017
Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno. Strategi Belajar Mengajar: Strategi Mewujudkan Bermakna Melalui Konsep Umum dan Islam. PT Refika Aditama. Bandung. 2011
Hasbullah. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta. 2011
Ismail, Muh Ilyas. Kinerja dan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran, Lentera Pendidikan. Vol. 13 No. 1. 2010
Luthfi, Haris. Skripsi: Pengaruh Perilaku Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di MAN Trenggalek. Universitas Islam Negeri Malang. Malang. 2008
Monica, Mega Aria. “Efektivitas Layanan Konseling Behavioral dengan Teknik Self-Management untuk Mengembangkan Tanggung Jawab Belajatr pada Peserta Didik Kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016”, dalam Jurnal Bimbingan dan Konseling edisi no. 5, Vol. I, 2016
Pratama, Yulia Nanda dkk. Model Pengembangan Rasa Tanggung Jawab Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran di Kelas XI dan XII MAN 2 Solok Selatan, 9 April 2019
Pratikno, Imbang. Skripsi: Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Menggambar Teknik Siswa Kelas 1 SMKN 5 Semarang Tahun Ajaran 2008-2009. Universitas Negeri Semarang. Semarang. 2009
Sah, Maolana Mohammad. Hubungan Locus Of Control Dan Ketakutan Akan Kegagalan Dengan Perilaku Menyontek Pada Siswa. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta. 2014
Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta. Jakarta. 2010
Tobroni. Pendidikan Islam Dari Dimensi Paradigmatik Teologis, Filosofofis, dan Spiritualitas hingga dimensi normatif. Mitra Wacana Media. Jakarta. 2015
Umar, Bukhari. Ilmu Pendidikan Islam. Amzah. Jakarta. 2010
Ursia, Nela Regar dkk. Prokrastinasi Akademik dan Self-Control pada Mahasiswa Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Makara Seri Sosial Humaniora. vol. 17 no. 1. 2013
Yusuf, Andy dkk. “Perbedaan Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa antara Kebisingan Lingkungan Sekolah SDN 03 Alai dan SD Pertiwi 3 Padang”. Vol. 6 no. 3. 2017
Zahra, Yuana dan Neti Hernawati. Prokrastinasi Akademik Menghambat Peningkatan Prestasi Akademik Remaja di Wilayah Perdesaan. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen. Vol. 8 No. 3. 2015
Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter. Kencana Prenada Media Group. Jakarta. 2011
Published
2019-10-10