Implementasi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi Samarinda

  • Nur Aini IAIN Samarinda

Abstract

Supervisi yang dilakukan kepala sekolah SMK Farmasi Samarinda terhadap guru untuk pembelajaran di sekolah sudah berjalan dengan ketentuan supervisi yang ada, supervisi yang dilakukan kepala sekolah diantaranya seperti diadakannya rapat untuk melihat perkembangan peserta didik di dalam kelas, kepala sekolah juga meninjau kelas setiap hari untuk melihat berjalan atau tidaknya pembelajaran dalam kelas, sarana dan prasarana yang dibutuhkan di dalam kelas, absen guru yang dirangkap setiap minggunya, setiap proses belajar mengajar guru wajib membawa RPP, Program Tahunan, dan Program Semester. Supervisi yang dilakukan kepala sekolah cukup efektif untuk proses pembelajaran di sekolah. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi supervisi kepala sekolah terhadap guru di SMK Farmasi Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui kegiatan observasi lapangan dan wawancara. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan untuk menganalisa data yang diperoleh adalah dari wawancara, observasi, dan dokumentasi.

References

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Supervisi Cet. 2. (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2009)
B. Suryosubroto. Dimensi-dimensi Adminitrasi Pendidikan di Sekolah. (Bandung: Bina Aksara, 2009)
Direktorat Tenaga Kependidikan. Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Metode dan Teknik Supervisi. (Jakarta: Desdiknas, 2009)
E. Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009)
Hidan, Borko, dll. an International journal of In-Service Education the School Principal’s Role in Teacher professional Development. vol. 26 No. 2. 2009
Hadijaya, Yusuf. Adminitrasi Pendidikan. (Medan: Perdana Publishing, 2012)
Kunandar. Guru Professional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011)
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitia Kualitatif. (Bandung: Rosdarkarya, 2011)
Maryono. Dasar-Dasar dan Teknik Menjadi Supervisor Pendidikan. (Jogjakarta: Arruz Media, 2011)
Matin. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2016)
Paul V, Bredeson and olof Jahansson. Journal of in-service education the school Principal’s Role in teacher Profession development no. 2 vol. 26, 2009
Piet A. Sahertian, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan: dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. (Jakarta: Rineka Cipta, 2009)
Priansa, Donnijuni. Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Cet. 1. (Bandung: Alfabeta, 2014)
Purwanto, Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan Cet. 2. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012)
Risnawati. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. (Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2014)
Sabani, Ahmad. “Supervisi Pendidikan Untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan”, dalam Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, no. 2, vol. XIII, 2013
Sri Banun Muslim. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru Cet. 2. (Bandung: Alfabeta, 2010)
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. (Bandung: Alfabeta, 2017)
Wayan, Ariana. “Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah Berprestasi dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Guru di Gugus Sekolah VIII KecamatanAbang”, dalam Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, edisi No.1, Vol. V. 2015
Published
2019-10-10