Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMA Negeri 6 Samarinda

  • Dimas Ayu Khrisnamurti IAIN Samarinda

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah kepala sekolah merupakan faktor utama kunci keberhasilan yang akan mengarahkan kepada kemajuan sekolah. Dalam melakukan kegiatan ini sangat bergantung pada kemampuan kepala sekolah dalam menguasai strategi-strategi yang akan dilakukan dalam upaya meningkatkan standar pendidik dan tenaga kependidikan. Tenaga pendidik dan kependidikan di sekolah diharapkan sesuai dengan standar nasional yang telah ditentukan agar dapat menunjang berhasil nya tujuan pendidikan. Untuk menjamin tercapainya tujuan sekolah, kepala sekolah wajib memahami tahapan-tahapan dalam pelaksanaan strategi yang akan dilakukan dalam meningkatkan standar pendidik dan tenaga kependidikan. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan standar pendidik dan tenaga kependidikan di SMA Negeri 6 Samarinda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan standar pendidik dan tenaga kependidikan ini melalui beberapa tahapan, untuk menjaga konsistensi tenaga pendidik kepala sekolah memberikan pengarahan kepada guru untuk melakukan pelatihan-pelatihan diklat dan MGMP, strategi tersebut menyesuaikan situasi dan kondisi dari setiap bidangnya. Sehingga strategi yang dilakukan oleh lembaga pendidikan SMA Negeri 6 Samarinda yang dilakukan oleh Kepala sekolah dapat terlaksana dengan baik dan terstruktur.

References

Abuddin, Nata. Kapita Selekta Pendidikan Islam: Isu-Isu Kontemporer tentang Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2013.
Aedi, Nur. Manajemen Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Yogyakarta: Gosyen Publishing. 2016.
Amirudin. “Upaya Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kompetensi Guru untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan pada MA Negeri di Kota Banda Aceh”, dalam Journal of Islamic Education edisi no. 1, Vol. II, 2018.
Barlian Ikbal. Manajemen Berbasis Sekolah Menuju Sekolah Berprestasi. Jakarta: Erlangga Group. 2013.
Butteruck Keith. Pengantar Public Relations Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2012.
Chairunnisa, Connie. Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2016.
Chaterine Barrett dan Robert Brayer, “The Influence of Effective Leadership on Teaching and Learning”, dalam Journal of Research Initiatives. Vol. 1: Iss. 2, Article 3, 2014.
Dimyati, Hamdan. 2014. Model Kepemimpinan dan Sistem Pengambilan Keputusan Cet. 1. Bandung: Pustaka Setia.
E. Fred. Fiedler dan Chermers M. Martin. Leadership amd Effective Management, by scott, foresman and company, Glenview, lllinois, 2011.
Hidayah, Nurul. Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2016.
Hidayati. “201 Manajemen Pendidikan, Standar Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan Mutu Pendidikan”, dalam Jurnal Al-Ta’lim no. 1, Vol. 21, 2014.
Juni Priansa, Donni. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah. Bandung: Alfa Beta. 2017.
Juni Priansa, Donni. Manajemen Supervisi & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta. 2014.
Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2013.
Mulyasana, Dedi. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2012.
Muhaimin, dkk. Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Prenada Media Group. 2010.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Himpunan Lengkap Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Cet. 1. Jogjakarta: Saufa. 2014.
Sagala, Syaiful. Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2009.
Strauss, A dan Corbin, J, Basics of Qualitative Reasearch,Techniques and Procedues for Developing Graunded Theory, USA : SAGE Publications, Inc, 2015.
Sukmadinata, Nana Syaodiah. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya cCet. 8. 2012.
Umar, Bukhari. Hadits Tarbawi (Pendidikan dalam Perspektif Islam). Jakarta: Anizah. 2012.
Published
2019-10-10