Pengaruh Pendidikan Islam dalam Keluarga terhadap Pengembangan Karakter Anak
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelaksanaan pendidikan Islam dalam keluarga terhadap pengembangan karakter anak di Rukun Tetangga (RT.17) Kelurahan Bukit Pinang Kecamatan Samarinda Ulu. Penelitian ini merupakan suatu penelitian kuantitatif adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remajan berusia 11-15 yang berada di Rukun Tetangga (RT.17) Kelurahan Bukit Pinang yang berjumlah 33 orang, sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh, yakni jumlah populasi 33 remaja usia 11-15 tahun sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan kuisioner angket. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan hipotesis di uji mengunakan rumus uji t. Dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang cukup antara pelaksanaan pendidikan Islam dalam keluarga terhadap pengembangan karakter anak di Rukun Tetangga (RT.17) Kelurahan Bukit Pinang Kecamatan Samarinda Ulu. Sedangkan interpretasi (koefisien determinasi) variabel X terhadap variabel Y sebesar 30,59% yang berarti 69,40% prilaku remaja masih dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini sehingga peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup antara pendidikan Islam dalam keluarga terhadap pengembangan karakter anak di RT.17 Kelurahan Bukit Pinang.
References
Barwick, Danner Dee. A treasury of days 365 thoughts on the art of living, http:// archive.org/download/treasuryofdays3600barw.pdf , 2014.
Daradjat, Zakiyah. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 2011.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung : PT. Sygma Examedia Arkanleema, 2010.
Haryanti, Nik. Ilmu Pendidikan Islam, Malang: Penerbit Gunung samudra,2014.
Mahfud, Junaedi. Kiai Bisri Musthafa Pendidikan Keluarga Berbasis Pesantren, Semarang: Walisongo Press, 2009
Marimba, Ahmad. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: PT. Al-Ma’arif, 2010.
Muslich, Mansur. Pendidikan Karakter Menjawab Tantagan Krisis Multidimensional, Jakarta:Bumi Aksara,2011.
Nurhayati Yani Tri, Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Akhlaqul Karimahsiswa Di Mi Muhammadiyah Ajibarang Kulon Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas, 2015.
Pedoman Sekolah, pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Kementrian Pendidkan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2011.
Raka, Gede. Pendidikan Karakter di Sekolah Dari Gagasan ke Tindakan, Jakarta : PT Elex Media Komputindo, 2011.
Retno, Listyarti. Pendidikan Karakter Dalam Mptode Aktif, Inovatif, Dan Kreatif, Jakarta : Penerbit Erlangga, 2012
Roqib, Moh. Ilmu Pendidikan Islam Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat, Yogyakarta : PT. Lkis Printing Cemerlang, 2009.
Sani, Abdullah Ridwan dan Kadrri Muhammad. Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak yang Islami, Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Saptono, Dimensi-demensi Pendidikan Karakter Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2011.
Sulaima, Adibah. Islamic Environment in Child Development According to the Views of Imam al-Ghazali, Mediterranean journal of social sciences, Vol 5 No 29, 2014
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Presfektif Islam, Bandung:PT. Remaja Rosda Karya Offset,2011.
Ulwan, Nashih Abdullah. Tarbiyah Al Aulad Fi Al Islam, Jakarta : Asy-Yifa, 2009.
Zakiyah, Daradjat. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya, 199